Cara Memasukkan Model Jadwal Pelajaran Mingguan ke Kelas di Padamu Negeri

Cara Memasukkan  Model Jadwal Pelajaran Mingguan ke Kelas di Padamu Negeri-Sobat Operator Sekolah, langkah ini merupakan langkah yang KELIMA  atau yang terakhir dari rangkain Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan. Jadi bagi Anda yang belum membaca langkah kesatu sampai keempat, silahkan baca dulu ya?karena kegiatan ini harus dikerjakan secara urut. Adapun link-linknya ada pada bagian paling bawah di halaman ini.

Sobat Operator, dari langkah ke-1 sampai langkah yang ke-5 ini mohon jangan menjadi patokan/dasar karena terus terang ini hanya pengalaman pribadi saya sebagai Operator Sekolah, akan tetapi jika memang Anda membutuhkan keterangan yang ada di blog ini sebagi acuan pendukung  ya boleh -boleh saja. 

Oh ya, ini pengalaman saya dalam memasukkan model jadwal mingguan, sebagai berikut :

1. Kunjungi Padamu Negeri Kemdikbud, kemudian cari dan klik Login Admin/Operator Sekolah
2. Masukkan email, password, kemudian klik Masuk
3. Klik Sekolah ( kalau dulu Padamu Sekolah )

Login Sekolah di Padamu Negeri

4. Klik Jadwal

Menu Jadwal Kelas Mingguan

5. Klik " Lihat Jadwal Mingguan "

Menu Jadwal Mingguan

6. Klik " Pilih Kelas "

Menu Pilih Kelas

7. Pilih kelas sesuai kelas/tingkat, pada contoh pilih kelas 6

Memilih Kelas

8. Pilih Model Kelas

Cara Memilih Model Kelas

9. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, maka klik YA

Konfirmasi Mengubah Model Jadwal

10. Klik " Tambahkan Kegiatan" dalam hal ini tambahkan Mata Pelajaran sesuai Jadwal Pelajaran yang berlaku di Sekolah Anda

Cara Menambahkan Mata Pelajaran di Jadwal Mingguan Kelas

11. Klik " Pilih Guru "

Pilih nama guru

12. Klik " Nama Guru "

Nama Guru pada Jadwal Mingguan

Jika setelah Anda mengeklik " Pilih Guru" seperti pada point 1, tapi pada tampilan point ke-12 belum muncul nama Guru yang dituju ( biasanya bagi Guru yang belum memiliki NUPTK/ baru punya PegID namanya belum muncul ), maka Anda harus memasukkan nama Guru yang dituju ke kotak pencarian, kemudian klik tombol sinkronisasi GURU yang letaknya ada di sebelah kanan kotak pencarian atau di sebelah pojok kanan atas, tunggu sebentar sampai sinkronisasi berhasil seperti tampilan di bawah ini :

Cara Sinkronisasi Nama Guru di Jadwal mingguan

13. Klik Simpan

Cara Pengsian Mata Pelajaran di jadwal Mingguan

14. Isi semua kegiatan belajar mengajar dengan Mata Pelajaran dan Nama Guru yang mengampu mapel tersebut. Apabila jadwal pelajaran tidak penuh, misal pada hari senin pelajaran hanya sampai jam ke-7 maka kolom jam yang ke-8 perlu diedit dengan cara mengosongi saja dan dengan catatan jangan mengubah alokasi waktunya , contoh :

Cara Edit Kegiatan Kelas Pada Jam yang kosong

15. Setelah muncul tampilan seperti contoh di bawah ini, maka untuk kelas yang lain caranya juga sama. Selesaikan pengaturan Jadwal Mingguan Kelas dari kelas 1-6 ( SD ). Semangat menikmati.he he




P E N T I N G
Apabila di sekolah sobat ada Guru yang status tugasnya sebagai PTK Non Induk ( Guru yang tugas Induknya di sekolah lain tetapi merangkap tugas mengajar/mendidik di sekolah kita seperti: Guru Agama, Guru Penjasorkes, dan lain-lain) maka sobat harus memastikan bahwa Guru tersebut sudah mencetak S20 dan oleh sobat sudah dicetakkan S21, karena jika Guru tersebut belum punya S20 dan S21 akan menjadi kendala sobat dalam memasukkan jadwal mata pelajaran sesuai guru pengampunya masing-masing,  yakni nama guru tidak akan muncul di dashboard pengaturan jadwal kelas mingguan sekolah sobat. Silahkan baca Cara Membuat S20 Padamu Negeri dan Cara Cetak S21 Padamu Negeri.



Lima Link EDISI KHUSUS yang sebaiknya Anda baca secara tertib/urut :

Lima Langkah Pengaturan Jadwal Kelas  Mingguan Padamu Negeri

Langkah Pertama :


Langkah Kedua :


Langkah Ketiga : 


Langkah Keempat :


Langkah Kelima



Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top