2/02/2015

Cara Membuat dan Mengedit Model Jadwal Baru Sebelum Tersusun Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri

Cara Membuat dan Mengedit Model Jadwal Baru Sebelum Tersusun Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri  merupakan LANGKAH KEEMPAT Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri . Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi http://padamu.siap.web.id/ kemudian klik Login Admin/Operator Sekolah
2. Masukkan email, password, dan klik Masuk
3. Klik "Sekolah"
4. Klik Jadwal

Menu Jadwal di Padamu Negeri

5. Klik Kelola Model untuk Jadwal Kelas

Kelola Model untuk Jadwal Kelas

6. Klik Buat Model baru

Buat Model Jadwal Baru

7. Lengkapi/isi kolom yang tersedia yakni nama model, waktu mulai, jumlah jam per hari, durasi per jam, hari libur, kemudian klik Simpan. Di bawah ini hanya contoh, karena kalau di SD kami Jumlah Jam per hari adalah 9 jam.

Pengisian Data pada Model Jadwal Baru

Keterangan : Jika pada Jadwal Pelajaran di Sekolah Anda, jumlah jam efektifnya maksimal 8 jam per hari ( tentunya jumlah jam belajar mengajar pada hari Senin dengan Jum'at dan lain sebagainya ada perbedaan ) dan jam istirahatnya 1 kali maka pada kolom Jumlah Jam per Hari harus diisi angka 9 dengan penghitungan/perincian 8 jam efektif + 1 jam istirahat, jika istirahatnya 2 kali dengan jumlah jam belajar efektif maka pengisian Jumlah Jam per hari harus diisi angka 10.

8. Setelah proses pembuatan Model Jadwal Baru disimpan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan jika Anda mau mengedit, misalnya pada hari senin jam pertama atau kedua, maupun keduanya adalah jam upacara maka silahkan edit dengan mengeklik tulisan Belajar Mengajar kemudian ganti dengan " Upacara".

Model Jadwal sudah jadi

9. Ganti nama kegiatan sesuai kegiatan yang sesuai jadwal di sekolah Anda, misalnya jam upacara pada hari senin, jum'at pagi jam pertama ada kegiatan senam, hari sabtu para guru ada KKG, dan lain sebagainya.

Edit Nama Kegiatan

10. Data sudah berhasil disimpan

Cara Membuat dan Mengedit Model Jadwal Baru Sebelum Tersusun Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri

11. Edit kolom yang perlu diubah. Sebagai contoh jam istirahat ( sesuaikan dengan jadwal pelajaran yang valid ). Coba amati gambar Model Jadwal Baru Kelas 6 SDN 2 Banyumudal di bawah ini :


Keterangan : yang perlu diperhatikan untuk mengedit Model Jadwal Baru adalah bahwa model harus sesuai Jadwal yang berlaku di sekolah Anda. Coba perhatikan jadwal pada hari Senin di atas, yang harus ada sebelum ke langkah terakhir adalah memastikan jadwal upacara dan istirahat harus sudah terpasang ( ingat : jamnya harus disesuaikan ) ,,,pada hari senin jam kegiatan kolom pertama dan kedua yakni Upacara, selanjutnya kolom ketiga dan keempat adalah kegiatan Belajar 1 dan 2, untuk mengisi kolom kelima yakni jam istirahat maka Anda harus mengedit jam/waktunya, di mana seperti setelan di atas terlihat DURASI JAM PELAJARAN adalah 35 menit,akan tetapi untuk durasi jam ISTIRAHAT adalah 30 menit. Perhatikan jam pada kolom ke sembilan, di mana pada hari senin jam ke-8 atau kolom ke-9 adalah kosong, akan tetapi jamnya tidak boleh diubah, dalam artian harus 35 menit/sesuai durasi jam pelajaran. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda praktekkan saja langsung, he he. JIKA ANDA MENGEDIT DALAM 1 WAKTU BEBERAPA KOLOM YANG DIEDIT ALIAS MENGEDIT BORONGAN, dan mungkin Anda mengalami kendala yakni kolom "Belajar Mengajar" tidak daat diklik, maka HAL yang Anda lakukan adalah tekan tombol F5 setiap kali Anda berhasil mengedit dan menyimpan 1 kolom. Apabila Model Jadwal belum selesai diedit akan tetapi jaringan internet terputus maka Anda dapat mengedit kembali dengan cara membuka dashboard kelola model jadwal baru kemudian klik model yang akan diedit. 

12. Buat dan Edit Model Jadwal Baru untuk semua kelas dengan cara yang sama seperti di atas.




Demikian Cara Membuat Model Jadwal Baru di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat


Lima Link EDISI KHUSUS yang sebaiknya Anda baca secara tertib/urut :

Lima Langkah Pengaturan Jadwal Kelas  Mingguan Padamu Negeri

Langkah Pertama :


Langkah Kedua :


Langkah Ketiga : 


Langkah Keempat :


Langkah Kelima : 





Artikel Pilihan

5 komentar

Ya bos, makasih atas kunjungannya

Klo misalnya ada bbrp kls yg modelnya sama, apa bs buat 1 model aj, jd 1 model untuk bbrp kls

Bu Haemah, tidak bisa bu, jadi harus 1 model untuk 1 kelas, apabila kelasnya doble yang dibuat model A dan B, misalkan : Model Kelas 1A dan Model Kelas 1B

bro bagaimana cara memasukkan foto guru yang sudah tersusun mata pelajarannya

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top