2/02/2015

Langkah Pertama Cara Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan Fitur Terbaru Padamu Negeri 2015

LANGKAH PERTAMA Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri yaitu Pengaturan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013; Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional di Padamu Negeri merupakan Program terbaru Padamu Negeri pada semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan fitur yang baru dirilis pada tanggal 1-2 Februari 2015 dan saat ini fitur tersebut sudah dapat difungsikan, fitur yang dimaksud adalah fitur Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan yakni yang dimulai dengan kegiatan atau pekerjaan mengatur fitur tersebut untuk menentukan kurikulum yang digunakan oleh sekolah kita,  baik kurikulum KTSP 2006 maupun Kurikulum 2013 ( Kurtilas ). Baca juga Cara Mengatur dan Menambah Rombel Kelas di Padamu Negeri

Sobat Operator Sekolah, di bawah ini saya arsipkan Cara Pengaturan Kurikulum KTSP dan Kurtilas serta Cara Singkronisasi Mapel dengan Kurikulum Nasional sebagai berikut :

1. Kunjungi http://padamu.siap.web.id/ kemudian klik Login Admin/Operator Sekolah
2. Masukkan email dan password kemudian klik Masuk
3. Klik Padamu Sekolah
4. Klik Kurikulum

Menu Kurikulum di Padamu Negeri

5. Klik Daftar Mata Pelajaran

Menu daftar Mata Pelajaran

6. Pilih Kurikulum dengan cara klik menu drop down di segitiga kecil seperti yang ditunjuk oleh simbol telunjuk pada gambar di bawah ini. Setelah keluar menu Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 silahkan pilih sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh Sekolah Anda, silahkan klik KTSP atau Kurikulum 2013. Pada contoh di bawah ini saya mengeklik KTSP karena unit kerja/sekolah saya sudah rujuk ke KTSP.

Menu KTSP dan Kurikulum 2013

7. Selanjutnya adalah Sinkronisasi  Mata Pelajaran dengan cara mengeklik menu Sinkron data

Menu Sinkronisasi Mata Pelajaran di Padamu Negeri

8. Jika sekolah jenjang SD silahkan keenam kotak tandai dengan mencontrengnya dan klik Lanjut. Untuk jenjang SLTP dan SLTA maka yang akan muncul adalah tampilan kelas 7,8,9 ( SLTP ) dan 10,11,dan 12 ( SLTA ), caranya sama dengan SD.

Centang Kotak Sesuai dengan Tingkatannya

9. Klik Simpan

Simpan Hasil Sinkronisasi

10. Setelah langkah nomor 9 maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini, coba perhatikan  di kiri bawah  ( di atas tulisan Pendidikan Agama ) tercatat ada 48 Mata pelajaran, ini berarti   sinkronisasi sudah berhasil. Jumlah Mapel yang ada 48 itu terdiri dari Mapel : 1. Pendidikan Agama, 2. PKn, 3.Bahasa Indonesia, 4. Matematika, 5. IPA, 6. IPS, 7. Penjasorkes, dan 8. SBK dari kelas 1-6, jadi 48 itu hasil dari 8 Mapel X 6 Kelas/Tingkat.anda juga dapat menambahkan mata pelajaran muatan lokal serta kegiatan ekstra kurikuler. Oh ya, jangan lupa klik OK

Sinkronisasi berhasil

11. Setelah OK pada langkah yang ke-9 maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Menu Edit atau Hapus

Keterangan menu sesuai gambar pada langkah ke-11 adalah sebagai berikut :
  1. Kotak Pencarian Mata Pelajaran dan Tingkat
  2. Tombol Sinkronisasi Data
  3. Tombol untuk memfilter data
  4. Tombol untuk menambah mata pelajaran baru. Penting : Setelah Anda menambahkan atau melakukan sinkronisasi kurikulum, Anda wajib menambahkan MATA PELAJARAN yang ada di sekolah Anda yang belum masuk ke daftar mata pelajaran. Sebagai contoh di SD kami ada 2 mapel yang belum masuk yakni Muatan Lokal Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa, caranya cukup mudah yaitu dengan mengeklik tombol nomor 4, kemudian pilih saja jenis mapel lain-lain, lalu isikan/ketikan nama mapelnya, misal di SD kami ,,saya tuliskan Bahasa Inggris, untuk Bahasa Jawa ( Bahasa Daerah ) lakukan dengan cara yang sama. Jika hanya dengan cara ini ternyata Anda masih gagal di langkah Pengaturan jadwal Kelas Mingguan yang kelima, maka sebaiknya Anda menambahkan juga Mapel bahasa Inggris dan Bahasa Daerah ke Dashboard Kurikulum Muatan Lokal, caranya klik Jadwal-pilih Kurikulum muatan Lokal-dan ikuti petunjuk yang ada.
  5. Tombol untuk mengunduh mapel
  6. Tombol untuk memuat ulang tayangan
  7. Segitiga kecil menu drop down edit atau hapus pelajaran
  8. Menu Edit atau Hapus Pelajaran
Demikian Cara Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat.Selanjutnya silahkan  baca Langkah Kedua Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri .

Lima Link EDISI KHUSUS yang sebaiknya Anda baca secara tertib/urut :

Lima Langkah Pengaturan Jadwal Kelas  Mingguan Padamu Negeri

1. Langkah Pertama :


2. Langkah Kedua :


3. Langkah Ketiga : 


4. Langkah Keempat :


5. Langkah Kelima









Artikel Pilihan

12 komentar

Mau tanya, Apakah sinkron mata pelajaran dapat diulang. terima kasih.

Sinkronisasi mata pelajaran dapat diulang bos, bahkan bisa ditambahkan seperti mapel muatan lokal Bahasa Daerah dan lain-lain

Sinkronisasi cuma bisa di kelas x kelas xi dan xii kok tidak bisa? bagaimana caranya? mohon solusinya

Saudara SMAI Miftahul ' Ulum Jatiurip, pada dasarnya semua mata pelajaran bisa disinkronkan di kelas 10, 11, dan 12, jika kelas 11 da 12 sekolah saudara belum bisa disinkronkan, coba cek dari awal tentang apakah semua siswa sudah diinputkan?apakah semua rombel sudah dibuatkan kelas dan diisikan pejabat/wali kelas? dan seterusnya. Jika semua data itu sudah dapat dipastikan ada dan valid tetapi untuk kelas 11 dan 12 tetap belum bisa disinkronkan maka itu hanya masalah jaringan internetnya, jika demikian silahkan tekan F5 setiap kali mau sinkron, baik sinkronisasi kurikulum/mapel maupun sinkronisasi Guru/wali kelas

Ini sama dengan masalah saya pak. Jumlah mapel cuma muncul 17 Mapel. Itupun cuma ada di kelas X. Sedangkan utk kelas XI dan XII tidak ada. Padahal sudah saya sinkronkan berulang-ulang kali

tapi punya saya kenapa ngk bisa sinkron pak. mata pelajaran ktspnya ngak ada. solusinya bagaimana pak

Bos Ally, pastikan nama siswa dan pejabat wali kelas dah diisi semua

mapel muatan lokal tidak muncul gimana cara singkronnya trimakasih

Tambahkan saja mapel muloknya pak, seperti pada point ke-11 di atas

Pilih IPA atau IPS untuk kelas XI dan XII

jgn pilih Umum

tp utk kelas xi dan xii cm ada pilihan umum utk konpetensi. bagaimana itu pak

Sy mw tnay, sy kn sdah menambahkan mapel Ekskul Pramuka di Daftar Ekstrakurikuler (pengembangan diri), tpi knapa di Jadwal Mingguan, nama Mapel tersebut tidak tampil ya?

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top