3/01/2015

Cara Cetak S26; Cara Verval NRG Jalur Sertifikasi Pola Portofolio dan PLPG bagi Pemilik Sertifikat Pendidik yang sudah atau belum memiliki NRG

Cara Verval NRG; Cara Cetak S26 Jalur Sertifikasi Pola Portofolio dan PLPG bagi Pemilik Sertifikat Pendidik yang sudah atau  belum memiliki NRG-Layanan Padamu Negeri hampir di setiap pergantian semester ataupun ttahun pelajaran baru selalu ada penambahan dan atau pengubahan fitur-fiturnya.

Pada tahun pelajaran 2014/2015 semester I ada beberapa penambahan/pengubahan fitur. Dari beberapa penambahan/pengubahan fitur ada 2 fitur yang cukup menjadi perhatian para PTK dan OPS yakni pengubahan pada alur proses Cetak Kartu NUPTK/PegID dan penambahan fitur Verval NRG bagi para pendidik yang sudah memiliki sertiikat pendidik.Penting juga Verval NPSN, baca Cara Verval NPSN di Padamu Negeri

Bagi para Pendidik yang sudah bersertifikat wajib mengetahui tentang jenis pola sertifikasi yang telah dilaluinya sebagai gambaran pengetahuan agar  proses Verval NRG dapat tepat dan benar. Bagi Anda yang rajin belajar dan mencari informasi tentang fungsi fitur-fitur yang ada di Padamu Negeri tentunya tidak akan mengalami kebingungan dalam menggunakan layanan tersebut, akan tetapi bagi PTK yang sebelumnya selalu mengandalkan dan menyerahkan tugasnya kepada Operator Sekolahnya maka sok pasti membutuhkan pengetahuan tentang padamu negeri dalam hal ini tentang Cara Cetak S26 atau Verval NRG.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam fitur Verval NRG ada tujuh jenis Jalur Sertifikasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud tetapi beda DIRJEN. Ada dua Dirjen penyelenggara sertifikasi yakni BPSDMPK-PMP/Pusbangprodik (penyelenggara point nomor 1 pada keterangan di bawah ini ) dan DIRJEN DIKTI ( penyelenggara jalur sertifikasi point 2-6 pada keterangan di bawah ini ). Adapun 7 jenis pola sertifikasinya sebagai berikut :
  1. PSPL/PLPG ( TMT Awal Guru < 2006 ). Bagi pemilik Sertifikat Pendidik jalur PSPL ( Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung ) dan PLPG pilihlah jalur pada point ke-1 ini karena jalur sertifikasi ini diselenggarakan oleh BPSDMPK-PMP yang mana salah satu syaratnya waktu itu adalah memiliki TMT awal sebelum tahun 2006.
  2. PPG SM 3T ( Tahun 2013-2015 ). Sertifikat yang didapat melalui pola PPG-SM 3T ( Sarjana Mengajar di Daerah Terluar, Terdepan, Tertinggal );Pendidikan yang dikhususkan bagi calon Pendidik yang akan ditugaskan di daerah 3T.
  3. PPG S1 Basic Science Berasrama ( Tahun 2009-2012 ); Pendidikan yang dikhususkan bagi para lulusan MIPA dan ditempuh selama 1 tahun ( 18-20 SKS )
  4. PPG S1 PPGD Berasrama ( Tahun 2012-2012 ); Pendidikan yang dikhususkan bagi lulusan S1PGSD atau D2PGSD ( 18-20 SKS )
  5. PPG SMK Kolaboratif ( Tahun 2012-2015 ); Pendidikan yang dikhususkan bagi lulusan SMK ( 18-20 SKS )
  6. PPG Terintegrasi ( Tahun 2011-2015; Kuliah Kependidikan bagi lulusan SMA dari daerah 3T, ditempuh 9 semester.
  7. PPG Sertiikasi via Jalur Pendidikan ( Tahun 2007-2009 ). Sertifikasi Guru bagi mereka yang mengikuti program kuliah yang telah ditentukan oleh LPTK yang ditunjuk dan tidak masuk ke dalam 6 pola sebelumnya. TMT awal Guru tersebut antara tahun 2007-2009.
Cara Cetak S26
Jalur Sertifikasi
  • Bagi pemilik sertifikat pendidik yang didapat melalui pola sertifikasi pada point nomor 1 yang diselenggarakan oleh BPSMPK-PMP ( baik yang jalur PSPL, Portofolio, maupun PLPG) disebut PPG dalam Jabatan, untuk pemilihan jalurnya berarti pilih NOMOR 1    
  • Bagi pemilik sertifikat pendidik yang didapat melalui pola sertifikasi pada point nomor 2-6 yang diselenggarakan oleh Dirjen DIKTI yang disebut PPG Pra Jabatan, maka pemilihan jalurnya silahkan sesuaikan dengan sertifikat  Anda.Pilih salah satu dari nomor 2-6


Sergur yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti
PPG yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti

Baca JUGA Cara Mengisi Pola dan Bidang Studi Sertifikasi
Alur proses VerVal NRG adalah seperti gambar di bawah ini :

Alur Proses Verval NRG
Alur Proses Verval NRG

Selanjutnya silahkan baca Cara Mencetak Surat Ajuan Nomor Registrasi Guru ( NRG ) Baru ( S26a ) bagi pemilik sertifikat pendidik yang belum memiliki NRG dan baca Cara Mencetak Surat Ajuan Verval NRG  ( S26b ) bagi pemilik sertikat pendidik yang sudah punya NRG.

Penulis : Shri Moelyhani
Alamat Blog : http://sriimoelyhanii.blogspot.com
Artikel Pilihan

4 komentar

Terima kasih sharenya
sempat bingung harus milih yang mana

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

REVISI: pola no. 7 PPG via sertifikasi menjadi no. 1 PLPG

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top