Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok

Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok- Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dan setiap persegi panjang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Kubus adalah bangun ruang yang dibentuk oleh enam persegi berukuran sama yang merupakan sisi-sisi kubus tersebut.

Rumus Menghitung Balok dan Kubus :

1. Rumus menghitung volume balok

V= p x l x t
Volume balok = luas alas x tinggi atau Volume balok = luas persegi panjang x tinggi
Keterangan : p= panjang, l= lebar, dan t = tinggi

Rumus Menghitung Volume Balok

2. Rumus menghitung volume kubus

Rumus Menghitung Volume Kubus

Contoh Soal Cerita yang berkaitan dengan Balok atau Kubus
  1. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Jika akuarium terisi penuh dengan air, berapakah volume air tersebut?
  2. Reza membeli kardus untuk tempat kado. Kardus itu berbentk persegi dengan luas alas 225 cm persegi. Berapakah panjang sisi alas kardus persegi tersebut?
  3. Dika mengambil pita meteran dan berlari ke kamar mandi. Dia mengukur bak air. Ternyata panjang semua sisi bak air sama yaitu 60 cm. Berapa volume ak air tersebut?
  4. Bak mandi di rumahnya Joni berbentuk kubus dengan rusuk 8 dm. Bak mandi Joni terisi penuh air. Vlumi bak mandi tersebut adalah ... liter
  5. Untuk keperluan olah raga, sebuah SD membuat bak pasir di halaman sekolah. Panjangnya 6 m, lebarnya 2,5 m, dan dalamnya 0.4 m.Bak itu akan diisi penuh dengan pasir. Berapa meter kubik pasir untuk memenuhi bak itu?