Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Website Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif

Websitependidikan.com- Website Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif- Sahabat, seiring dengan semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi informasi yakni dengan adanya internet yang semakin hari semakin mudah diakses juga oleh masyarakat Indonesia, dalam hal ini oleh warga dunia pendidikan Indonesia dan semua orang yang peduli dengan pendidikan, maka pemanfaatan web sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara yang efekttif dan efisien untuk meningkatkan prestasi belajarnya peserta didik.
Web Sebagai Media Pembelajaran
Sahabat, saat ini sudah tidak seperti dulu lagi, di mana sekarang sudah banyak orang yang mengakses internet melalui HP, tablet, dan sejenisnya. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pendidik dan peserta didik guna meningkatkan hasil pembelajaran.

Metode pembelajaran seperti ceramah, tanya, jawab, demonstrasi, pemberian tugas, diskusi kelompok, praktik, dan metode pembelajaran lainnya kiranya tetap dapat dipadukan dengan media web/blog.

Saya yakin bahwa saat ini sudah banyak pendidik yang sudah memanfaatkan web sebagai media pembelajaran, khususnya mereka para pendidik/guru/dosen di tingkat SLTP, SLTA, dan perguruan tinggi ( semoga di jenjang SD/MI nantinya juga bisa diterapkan, sebenarnya saat ini juga sudah banyak sih Guru SD yang memanfaatkan web sebagai media pembelajaran) .

Media web cukup disukai oleh para pendidik maupun peserta didik karena media ini memberi warna baru dalam dunia pendidikan. Pendidik lebih mudah menyampaikan tentang materi pelajaran/kuliahnya, sedangkan peserta didik/siswa/mahasiswa pun akan lebih merasa senang atau dalam kata lain proses pembelajaran online akan lebih dirasa asyik dan menyenangkan sehingga materi dapat terserap dengan baik.

Sahabat, mohon maaf sebelumnya ya?, bagi Anda yang belum memanfaatkan web sebagai media pembelajaran, di halaman ini akan admin sampaikan sedikit tentang gambaran/contoh penggunaan web/blog dalam pembelajaran. Ok sob, katakanlah kita sudah memiliki web/blog, jika belum sebaiknya manfaatkan blog gratisan saja dulu, jadi web yang kita gunakan tidak harus yang berbayar, malahan mungkin lebih baik pakai blog gratisan selamanya. he he.

Jika saat ini Anda belum punya blog, segeralah membuat blog, adapun tutorialnya silakan baca Cara Membuat Blog Gratis. Anggaplah blog sudah jadi, karena membuat blog itu paling butuh waktu sekitar 5 menit. Jika blog sudah jadi, untuk sementara kita jangan dulu memikirkan tentang tampilan blog, yang penting kita mulai saja membuat artikel, misalnya mengisi/membuat artikel tentang materi pelajaran yang akan disampaikan ke siswa pada hari besok, untuk lebih urutnya kurang lebih seperti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Menulis artikel tentang materi yang akan disampaikan pada hari besok.
Kegiatan ini meliputi kegiatan merangkum/meringkas materi dengan sumber buku pegangan pendidik, agar lebih menarik perhatian siswa, bisa kita tambahkan materi yang masih sesuai denga cara mencari di internet, sebaiknya jangan murni copas, jadi editlah dengan bahasa kita jika memang materi itu bukan sebuah definisi, dan jangan lupa cantumkan link sumbernya.

2. Memberi tugas kepada siswa untuk membaca dan mengomentari materi Kegiatan ini tentunya bisa dilakukan pada jam pelajaran di sekolah maupun sebagai tugas/PR, sesuaikan saja dengan kondisi kita dan peserta didik. Adapun tugas yang diberikan kepada siswa juga bisa tugas membaca, menjawab pertanyaan, dan sebagainya.

3. Memberi kesempatan kepada pengunjung umum
Jika ada pengunjung yang bukan siswa Bapak/Ibu yang ikut berkmentar baik komentar dalam bentuk pertanyaan, penguatan, dan sebagainya, maka tanggapilah dengan baik karena pengunjung tersebut bisa membantu kita dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi siswa.

4. Setelah tugas selesai, jangan menghapus materi/artikel tersebut.
Biarkan artikel/materi yang sudah selesai sebagai arsip web/blog. Dengan demikian, maka siapa pun tetap bisa menikmati hasil materi yang sudah kita rangkum sehingga ilmu tersebut bermanfaat bagi semua pengunjung web/blog kita.

Demikian sekilas tentang Website Sebagai Media Pembelajaran. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan berkembang.