04/09/15

Cara Memilih Waktu yang Tepat untuk Login PUPNS

Cara Memilih Waktu yang Tepat untuk Login PUPNS/ePUPNS 2015- Sahabat PNS, sejak tanggal 1 Sepetember 2015 kemarin, Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil ( PUPNS ) Elektronik /ePUPNS telah dibuka secara online dan resmi oleh BKN. Sejak itu juga mayoritas PNS  mulai mengakses aplikasi epupns bkn. Namun yang tengah terjadi di lapangan adalah adanya beberapa kendala atau masalah yang dihadapi oleh para PNS baik yang terkait koneksi internet dan atau hal teknis lainnya.

Adapun beberapa masalah tentang sulitnya mengakses aplikasi ePUPNS yang terkait dengan koneksi internet antara lain sebagai berikut :
  1. Pengguna berdomisili di daerah yang sulit terjangkau internet
  2. ePUPNS diakses secara bersamaan oleh ribuan user sehingga server ePUPNS kelebihan muatan
  3. Pulsa modem atau pulsa yang digunakan untuk mengakses internet minim/kuota internet sedikit
  4. dan lain sebagainya
Untuk menyiasati/mengatasi masalah-masalah tersebut tentunya Anda sudah mengetahuinya, jadi di halaman ini saya hanya akan mengulas tentang cara mengatasi masalah pada poin yang kedua di atas yakni masalah yang sebenarnya cukup klasik dan maklum karena pada aplikasi online apa pun jika user mengunjungi situs web dalam jumlah yang banyak secara bersamaan maka servernya mayoritas menjadi lelet.

Cara Memilih Waktu yang Tepat untuk Login PUPNS/ePUPNS

Semua PNS tentunya ingin data-datanya dapat segera diinputkan di e-PUPNS. Namun saat ini ketika jam-jam siang alamat http://pupns.bkn.go.id/ cukup sulit diakses. Ribuan user berebut masuk ke dalam satu pintu e-PUPNS, apalagi ketika  pukul 09.30-10.00 WIB, di mana pada pukul tersebut sering digunakan oleh PNS untuk beristirahat ( khususnya pada instansi sekolah ). Pada saat istirahat para PNS banyak yang menyempatkan waktunya untuk mengakses internet dan membuka e-PUPNS sehingga sejak tanggal 1 September 2015 sampai hari ini ( 4 September 2015 ) aplikasi e-PUPNS sering lola/lelet sehingga tampilannya berantakan.

Bagaimana caranya agar PNS dapat lancar dalam mengakses e-PUPNS ?

Jika Anda ingin lancar dalam mengakses internet, pilihlah waktu yang tepat. Dalam hal ini, Anda harus bisa memilih waktu yang kiranya teman-teman PNS yang lain tidak banyak yang sedang online. Berdasarkan statistik pengunjung di websitependidikan.com, sejak tanggal 1 September 2015 kebiasaan para pengunjung dalam membuka berbagai artikel tentang PUPNS paling ramai sekitar pukul 09.00 - 10.00 WIB dan paling sepi antara pukul 01.00 - 06.00 WIB.

Hari Senin lalu lintas e-PUPNS paling ramai, sedangkan paling sepi adalah Hari Minggu

Selain pukul 01.00 - 06.00, Anda juga bisa mencoba login di jam-jam tertentu, biasanya dalam setiap harinya, pukul 16.30-18.00 WIB juga bisa login ePUPNS dengan lancar.

Hari Jum'at lalu lintas PUPNS mulai sepi, puncak sepi pada Hari Minggu ( khususnya Minggu pagi )
Cara Memilih Waktu yang Tepat untuk Login PUPNS
Pada umumnya, pada saat-saat para PNS mencari referensi tentang PUPNS,,saat itu juga membuka/mengunjungi e-PUPNS.

Sahabat, di website/blog lain yang membahas PUPNS kemungkinan besar juga mengalami statistik pengunjung yang hampir sama dengan blog ini. Jadi, bagi Anda yang ingin lancar dalam mengakses internet, khususnya dalam mengelola data di ePUPNS sebaiknya Anda memilih waktu-waktu yang tepat untuk online.

Demikian tentang Cara Memilih Waktu yang Tepat untuk Login PUPNS. Semoga bermanfaat

Update tanggal 13 Oktober 2015:
Kini Team PUPNS BKN sudah membuat Jadwal Waktu Login PUPNS sesuai Daerah/Wilayah Kerja Masing-Masing. Silakan baca Jadwal Waktu Login PUPNS Terbaru 2015

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top