9/07/2015

Cara Mengisi Data Posisi PUPNS di Aplikasi ePUPNS BKN 2015

Cara Mengisi Data Posisi PUPNS ( Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil ) di Aplikasi ePUPNS BKN 2015- Sahabat PNS, setelah Data Utama Anda isi dan telah disimpan, langkah selanjutnya yaitu mengisi data pada menu Data Posisi.Bagi Anda yang belum mengisi Data Utama, silakan isi dulu. Adapun cara input/edit Data Utama, silakan baca Cara Mengisi Data Utama PUPNS 2015. Setelah Anda menyimpan isian pada menu Data Utama barulah Anda memulai mengisi Data Posisi dengan cara atau langkah-langkah sebagai berikut :

1. Jika Anda belum login, silakan login di https://epupns.bkn.go.id/login, masukkan kode register dan password kemudian klik "Login" . Apabila Anda pada posisi sedang login PUPNS, maka langsung saja klik menu Data Posisi yang ada di sebelah kanannya menu Data Utama :

Cara Input Data PUPNS
 Klik Data Posisi PUPNS

2. Tampilan Data Posisi PUPNS
Pada menu Data Posisi sebagai berikut :
  • Instansi Induk
  • Lokasi Kerja
  • Wilayah Kerja
  • Unit Organisasi
  • Jenis Jabatan ( Perbaikan jenis jabatan dilakukan pada menu Data Riwayat )
  • Nama Jabatan ( Perbaikan nama jabatan dilakukan pada menu Data Riwayat )
  • TMT Jabatan ( Perbaikan TMT jabatan dilakukan pada menu Data Riwayat )
  • Verifikator Level 1
Tampilan Data Posisi PUPNS

3. Cara Mengedit/Mengisi Data Posisi Instansi Induk PUPNS

Sahabat PNS, pastikan kevalidan Instansi Induk yang tercantum pada menu Data Posisi, jika data Anda sudah benar maka klik tanda centang ( biarkan/abaikan saja juga tidak masalah ). Namun jika nama instansi induk Anda belum benar, maka Anda wajib mengubahnya. Adapun langkah-langkah mengedit/mengisi Instansi Induk adalah sebagai berikut :
  • #1. Klik tanda silang merah ( X )
  • #2. Setelah form kolom pengisian muncul, ketikkan nama Instansi Induk Anda. Ketikkan beberapa huruf saja maka akan tampil beberapa pilihan instansi induk
  • #3. Jika instansi induk Anda sudah muncul, silakan klik
  • #4. Setelah instansi induk benar, silakan Anda klik tanda centang
  • #5. Selesai. Kini instansi induk Anda sudah benar
Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan tampilan Cara Edit Data Posisi Instansi Induk di bawah ini :

Instansi Induk PNS

4. Cara Mengisi Data Posisi Lokasi Kerja PUPNS

Cara Mengisi Lokasi Kerja PUPNS

Langkah-Langkah Mengisi/Mengedit Data Posisi Lokasi Kerja PUPNS adalah sebagai berikut :

A. Lokasi Kerja
  • #1. Klik tanda silang merah ( X )
  • #2. Setelah muncul form kolom isian, silakan Anda klik " Cari Lokasi"
B. Cari Lokasi

Setelah Anda mengeklik tombol "Cari Lokasi" maka akan muncul menu seperti: Jenis Lokasi, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa. Namun menu tersebut tidak otomatis muncul, untuk memunculkannya, Anda dapat melakukannya seperti langkah-langkah sebagai berikut :
  • #1. Pastikan Jenis lokasi kerja Anda sudah benar. Menu jenis lokasi  memuat lokasi Dalam Negeri dan Luar Negeri. Jika data yang muncul otomatis belum sesuai, Anda bisa mengeklik simbol segitiga hitam untuk menampilkan pilihan jenis lokasi kerja.
  • #2. Ketikkan nama Propinsi lokasi kerja Anda. Pada contoh tertulis Jawa Tengah
  • #3. Untuk memunculkan kolom pengisian nama lokasi kerja Kabupaten, silakan Anda mengeklik tombol tanda plus ( + ) yang berada lurus dengan kolom provinsi.
  • #4. Ketikkan/masukkan nama lokasi kerja kabupaten Anda
  • #5. Tampilkan kolom pengisian nama lokasi kerja kecamatan dengan mengeklik tanda plus ( + ) yang berada di sebelah kanan/lurus dengan kolom kabupaten
  • #6. Ketikkan nama lokasi kerja tingkat wilayah kecamatan
  • #7. Tampilkan kolom pengisian lokasi kerja tingkat desa
  • #8. Ketikkan nama desa
  • #9a. Jika ketika Anda mengetik nama kabupaten Anda  tetapi belum muncul ( ada keterangan tidak bisa ditampilkan ), maka setelah langkah ke-8 selesai, Anda bisa melakukan pengaduan dengan cara mengeklik tombol ( ? ) helpdesk
  • #9b. Helpdesk Kecamatan
  • #9c. Helpdesk Desa
  • #10. Setelah proses selesai, silakan klik tombol "Pilih Lokasi"
5. Cara Cek Data Posisi Wilayah Kerja PUPNS
  • Klik tanda ( X )
  • Klik segitiga terbalik untuk menampilkan pilihan, jika wilayah kerja yang tampil hanya satu/sama dengan wilayah kerja pada kolom default database BKN, maka berarti Anda tidak perlu menggantinya.
Wilayah Kerja PUPNS

6. Data Posisi Unit Organisasi ( Unor )

Cara Cari Unit Organisasi PUPNS

Pastikan data posisi Unor Anda sudah benar. Jika belum benar, Anda bisa mengeklik tanda silang- kemudian klik "Cari Unor", setelah unor muncul, silakan klik unor yang sesuai.  Apabila unor tidak ditemukan maka klik tanda ?/helpdesk pupns.

7. Data Posisi menu Verifikator Level 1 PUPNS 

verifikator-level-satu-pupns

Menu "Verifikator Level 1" PUPNS merupakan menu terakhir dari menu "Data Posisi PUPNS". Untuk menampilkan daftra verifikator level 1, Anda dapat memunculkannya dengan cara mengeklik segitiga terbalik, setelah daftar pilihan muncul maka klik lah verifikator yang sesuai.

Setelah menu Data Posisi ( instansi induk, lokasi kerja, wilayah kerja, unit organisasi/unor, dan verifikator level 1 )  selesai, silakan klik tombol " Simpan".

Demikian tentang Cara Mengisi Data Posisi PUPNS di Aplikasi ePUPNS BKN 2015. Semoga bermanfaat. Selanjutnya, silakan baca Cara Mengisi Data Riwayat Golongan PNS di ePUPNS BKN.

Baca juga Cara Registrasi PNS di ePUPNS BKN


Artikel Pilihan

30 komentar

Kenapa data posisi tidak dapat dibuka, yang keluar error 500

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Kalau pada saat-saat tertentu server error 500, maka berarti sementara harus berhenti dulu . Coba login di waktu yang lain

Mohon info, untuk data pendidikan apa harus diinput dari pendidikan SD atau cikup pendidikan terakhir saja? begitu juga dengan SK kenaikan panggkat, apa perlu diinput dari SK CPNS atau cukup SK terakhir saja.

bagaimana cara mengisi kolom data guru pak

bagaima cara mengisi pada data guru

Pendidikan saya S.1, dengan gelar S.I.P. Namun saya belum bisa PI dan tentunya STTB yg digunakan masih SMA. Apakah pendidikan S.1 saya dimasukan dalam PUPNS?. terima kasih jawabannya.

Sementara belum bos, gunakan yang SMA dulu

Tolong jelasin contoh unit orgnisa, induk organisasi trims

siapa verifikator level 1 itu? dinas pendidikan, atau sekolah tempat kita mengajar? terimakasih

Verifiktor level 1 itu UPTD Kecamatan

Untuk Guru Bukan Dinas Pendidikan verifikator level 1.. Kalau Untuk Perawat / Bidan Bagaimana Mas

Bukan mas, tapi UPTD Dikpora Unit Kecamatan. Untuk verifikator level 2 yaitu BKD. Untuk perawat/Bidan juga sama mas, verifikatornya UPT Kesehatan Kecamatan

verifikator untuk Tingkat SMA tetap juga pakai UPTD?
di tempat tugas saya verifikator data pupns ada di Dinas Pendidikan dan di BKD.

Di isi lengkap dari SD sd pend terakhir

bagaimana mengisi data guru yang mutasi beda kabupaten,,,,

saya sedang mengisi data utama. saat saya mau membenarkan data, saya pencet X keluar kolom, saya isi, terus saya pilih centang, tapi kenapa gak berubah pak? kotaknya masih kosong, setelah saya simpan pun masih kosong. tlong bantuannya

bagaimana cara input data guru (form riwayat mengajar) yang mutasi beda kab/prov. saya coba selalu tidak bisa. apa cukup di inputkan data yang terakhir saja

ass. bagi kami yang baru melihat dan memegang fasilitas untuk berinternet, merasa stres berat dalam mengisi data epupns. pasalnya signal jauh dari normal, tambahan lagi batas waktu sampai tanggal 10 oktober 2015. saya sudah mencoba selama 3 malam, hanya dapat mengisi istri dan anak, aduuh pusiiiiing

Untuk mengisi unor kalau di buku panduan ada tanda perubahan.tapi pada tampilan pupns tidak ada .bagaimana cara mengisinya ,pak.terimakash.

iya bos giliran di contang ga masuk,bahkan di kirim juga ga bisa,harus masukin NIK dulu baru bisa di kirim,tolong bos di bantu

diisi dimana sekarang guru itu berada

pada data posisi tidak terisi jabatan dan tmt ny pada hal saya udh isi data pada riwayat jabatan tetapi tetap masih kosong tmt dan jabatan ny, mohon untuk sahabat pns untuk solusinya

Kenapa data tdk terkirim di verifikator level 1 /UPTD Puskesmas ya...?

kalau inginmemperbarui data tapi sudah terlanjur di cetak dan dikirim bisanggak yaa di uklangi lagi ? trim'a

jelaskan cara pencarian unornya, dengan contohnya....?

Saya punya anak 3 orang , pada saat imput data sudah benar,tapi setelah kirim dan sudah pada tahap 1, ketika cetak muncul nama anak 6 masing masing anak tertulis dua kali dua kali gemana ya?

kalau guru tk verivikator level 1 nya apa ya trimk

Sy sdh isi tmt jabatan pada riwayat jabatan (sesuai SK) tp koq pada data posisi tmt jabatan tidak sama dgn yg diinput pd riwyt jbtn?

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top