9/16/2015

Cara Mudah Mengisi Data Guru di Aplikasi e-PUPNS BKN go id

Cara Mudah Mengisi Data Guru di Aplikasi ePUPNS BKN go id- Sahabat PNS, bagi Anda yang jenis jabatannya fungsional tertentu ( Guru ), maka setelah Data Riwayat  ( Golongan, Pendidikan, Diklat Fungsional, Jabatan, dan Keluarga ) selesai, langkah selanjutnya dalam proses Pendataan Ulang PNS(PUPNS) adalah mengisi Data Guru. Adapun hal/data yang harus dipersiapkan sebelum login dan mengisi menu "Data Guru" di ePUPNS adalah SK Terakhir, baik SK CPNS/PNS/SK Mutasi serta Sertifikat Pendidik ( bagi yang sudah sertifikasi ). Untuk mengisi Data Guru, setelah Anda login di https://epupns.bkn.go.id/login adalah langsung menuju atau mengeklik menu "Data Guru", maka akan ditampilkan :

Cara Mengisi Data Guru di e-PUPNS

Langkah-langkah atau Cara Mengisi Data Guru di ePUPNS BKN go id :

Pastikan berada pada menu "Data Guru", kemudian klik tanda plus ( +Tambah )

Tampilan Versi Lama

Tambah Data Guru di ePUPNS

Tampilan Versi Terbaru
Form Data Riwayat Mengajar Aktif Saat Ini

1. Masukkan/ketikkan Nama Sekolah Induk/Satminkal

Satuan Administrasi Pangkal
Nama Sekolah Induk atau sering disebut dengan Satmingkal ( Satuan Admin/Administrasi Pangkal ), ada juga yang menyebutnya Nama Sekolah Definitif yakni nama sekolah inti/pokok yang sesuai dengan SK CPNS/PNS atau SK Mutasi. Jika nama sekolah sudah muncul, langsung saja klik. Namun jika tidak muncul, Anda bisa mengajukan pengaduan di helpdesk dengan cara mengeklik tanda tanya ( ? ).
  
2. Ketikkan Nama Sekolah Mengajar
Contoh pada gambar di bawah ini adalah contoh apabila Nama Sekolah Induk dan Mengajarnya sama. Maka ketikkan ulang nama sekolah Induk pada form Nama Sekolah Mengajar, jika nama sekolah tidak muncul, klik helpdesk/tanda ?

Nama Sekolah Mengajar

Jika saat Anda mengetikkan Nama Sekolah Induk atau Nama Sekolah Mengajar, tetapi salah satunya dan atau keduanya tidak muncul, silakan lakukan pengaduan dengan mengeklik tanda tanya (?), setelah pengaduan selesai sampai Anda mendapatkan nomor tiketnya, silakan Anda mengerjakan/mengisi data PUPNS menu yang lainnya dulu. Mengapa demikian?, karena tanda segitiga kecil pada form Bidang Studi  dan Mata Pelajaran tidak akan berfungsi. Di mana segitiga tersebut baru akan bisa diklik ketika Nama Sekolah Induk dan Mengajar sudah diisi sesuai data yang telah tersedia, jadi tunggu  pengaduan Nama Sekolah tidak ditemukan telah diproses oleh Satgas PUPNS.

Bagi para PNS Guru yang Data Nama Sekolah Induk dan Mengajarnya sudah tersedia dan sudah dimasukkan, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya

3. Beri tanda centang, jika Anda Kepala Sekolah
Bagi Kepala Sekolah wajib mencentang form yang ada seperti pada gambar di atas

4. Bidang Studi
Di form Bidang Studi ada dua pilihan yakni Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran

5. Mata Pelajaran
Jika Anda memilih Guru Kelas, maka di form Mata Pelajaran akan muncul 2 pilihan yakni Guru Kelas SD dan Guru TK

Apabila Anda adalah Guru Mata Pelajaran, maka di form mata pelajaran akan muncul berbagai jenis mapel yang antara lain:
  • Pendidikan Luar Biasa
  • Pendidikan Agama ( Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu )
  • PPKn
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Perancis
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Jawa
  • Bahasa Sunda
  • Bahasa Bali
  • Matematika 
  • IPA
  • IPS
  • TIK
  • dan lain sebagainya
6. TMT Mengajar
Ketik TMT Mengajar sesuai yang ada di SK CPNS/PNS atau SK Mutasi (sesuaikan dengan Riwayat Mengajarnya )

7. Simpan
Setelah selesai, silakan klik "Simpan", dan lanjutkan ke Riwayat Mengajar yang lain ( jika Anda punya Riwayat Mutasi ) . Caranya sama yakni dengan cara klik "Tambah". Namun jika Anda baru punya 1 Riwayat Mengajar, silakan langsung saja klik "Ubah" untuk memberi tanda item tentang "Sudah" atau "Belum" Sertifikasi. Jika sudah sertifikasi, jangan lupa ketikkan tanggal sertifikatnya. Langkah selanjutnya yaitu mengisi Jam Belajar/Mengajar per Minggu.

Cara Tambah Riwayat Mengajar di ePUPNS

Langkah terakhir pada pengisian Data Guru di ePUPNS adalah klik "Simpan"

Form data guru
Demikian Cara Mudah Mengisi Data Guru di Aplikasi ePUPNS BKN go id . Semoga bermanfat. Selanjutnya, silakan baca Cara Mengisi Data Stakeholders ePUPNS


Artikel Pilihan

9 komentar

1. Bagaimana Cara mengisi riwayat pendidikan kalau sekolahnya sudat tutup ?
2. Bagaimana cara mengetahui jawaban dari kolom pengaduan ?
3,.Bagaimaana kalau kita kita baru tamat kuliah, apakah bisa dimasukkan di riwayat pendidikan ?

bagaimana cara mengisi data mutasi guru apabila tempat sekolah mengajar berbeda provinsi (NTB dan MAKASSAR).. ?

apabila guru menjabat sebagai kepala sekolah SD pada bidang studi diisi guru kelas to guru mapel?? soalnya kan KS hanya mengajar 6 jam dg mapel sesuai dengan dapodik

berapa lama nunggu help desk selesai di proses?,
kok sudah 3 hari belum juga di eksekusi...

di sk cpns/pns tidak tercantum bidang studi, apa bukan yang dimaksud sk mengajar dari kepsek di sekolah terakhit??

Susah ngisinya, harusnya sosialisasi dulu, bg guru yang pindah trus nama sekolahnya ganti gara2 pemekaran dan tidak ditemukan gimana? Ksh solusi dong jgn cuma kasih batasan waktu

CUMAN LOGIKA SAJA NE... KALO LIAT DARI TABEL PENGISIAN HANYA DI ISIKAN TEMPAT MENGAJAR YANG AKTIF SAJA, NAH UNTUK RIWAYAT TEMPAT TUGAS DATANYA SUDAH HAMPIR TERWAKILKAN DENGAN RIWAYAT JABATAN DENGAN KETERANGAN UNIT ORGANISASI (UNOR), LOGIKA SAJA MISALKAN, AWAL TAHUN DI GOL III a BERTUGAS DI SEKOLAH A, TERUS DIPERTENGAHAN TAHUN MASA JABATAN MUTASI KE SEKOLAH B NAH JIKA DATA TIDAK TUMPANG TINDIH VERIVIKATOR BISA MEMBACA BAHWA DI GOLONGAN YANG SAMA DIA MUTASI 2X, KALO DIA MUTASI DI SETIAP GOLONGAN DATA JUGA BISA TERBACA DI JABATAN..... CUMAN LOGIKA YA.....STUJU NGGAK STUJU...SILAHKAN

kenapa data sdh di input demikian masih diberi verifikasi x merah ya ? apa adayg kurang tepat ?

Bener mbak Susah ribet ngisinya,tanpa ada sosialisasi, tapi pakai batas waktu, lalu judulnya apa ya. Sedang sholat atau wudhu saja ada sosialisasinya (ngaji)

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top