Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya

Sahabat Pembaca, sejak dibukanya aplikasi ePUPNS, banyak opini dari sebagian teman PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya seperti tampilan halaman web PUPNS yang kadang tulisan berantakan, logo PUPNS memenuhi halaman web, dan hal teknis yang lain. Seperti yang kita maklumi bersama bahwa hampir semua aplikasi online jika pengguna dalam mengakses secara berjamaah dan jumlahnya melebihi kekuatan server sebuah aplikasi maka mayoritas server akan mengalami down maupun error.

Saya yakin bahwa sebenarnya Pemerintah, dalam hal ini yang menangani masalah ePUPNS sudah bekerja keras secara matang dalam membangun sistem Pendataan PNS elektronik/e-PUPNS. Namun ternyata sampai saat ini ( 10 Sepetember 2015 ), aplikasi e-PUPNS BKN sering mengalami error 500 dan jenis error lainnya. Hal ini tentunya menyebabkan para pengguna aplikasi yakni para PNS menjadi kurang nyaman dalam berbagai kegiatan yang terkait PUPNS seperti saat registrasi PNS di https://epupns.bkn.go.id/, login di https://epupns.bkn.go.id/login, dan https://epupns.bkn.go.id/admin. Untuk alamat Portal PUPNS  dan Helpdesk tetap dapat diakses dengan baik dan lancar.

Selain masalah yang berhubungan dengan server ePUPNS dan teknis pengisiannya tersebut, ada juga masalah lain seperti adanya kebingungan sebagian PNS terkait tentang apa yang harus diinput pada form menu ePUPNS, misalnya pada menu form Unit Organisasi menu Data Posisi yang sesuai di database BKN tertulis dan otomatis muncul di form tersebut dengan unit organisasi " SDN Sukses 1", namun di SK CPNS/PNS tertulis SDN 1 Sukses, nah apakah SDN Sukses 1 harus diganti yang sesuai dengan SK yakni SDN 1 Sukses ?. ( Tentang hal ini, saya sudah tanya ke Satgas PUPNS, tapi belum dijawab, besok jika sudah ada jawaban maka jawaban tersebut akan tak tambahkan di halaman ini ).

Ya itu hanya salah satu contoh saja yang terkait dengan kepegawaian. Kalau masalah penggunaan aplikasi online ePUPNS tentunya para PNS sudah mahir semua karena para PNS sudah dapat mengoperasikan komputer/laptop dan kegiatan online internet. Jadi jika server ePUPNS lancar maka para PNS bisa melakukan pengisian/pengeditan data dengan lancar sukses juga dengan petunjuk pengisian yang sudah disipakan oleh pihak BKN. Silakan Download Juknis ePUPNS 2015

Berbagai Jenis Error Aplikasi ePUPNS

Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa ada beberapa jenis error aplikasi ePUPNS sehingga muncul tampilan web dengan keterangan :
  • Error 500, baik aplikasi ePUPNS diakses menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya
  • Pada Google Chrome,  web apapun jika tidak lancar aksesnya maka akan tampil keterangan " This webpage is not available"
  • Tampilan logo aplikasi ePUPNS yang memenuhi halaman web di layar monitor komputer/laptop pengguna
  • Pada Mozilla Firfox, jika halaman web tidak bisa diakses maka akan tampil keterangan " Secure Connection Failed"
Apa yang sudah dilakukan oleh para PNS jika ketika mengakses ePUPNS mengalami tampilan-tampilan error ? 

clear-all-history

Beberapa cara mengatasi masalah tersebut, PNS sudah melakukan cara-cara yang antara lain sebagai berikut :
  • Refresh PC/Laptop
  • Memperkuat koneksi internet dengan menambah kuota dan sebagainya
  • Menggunakan jasa warnet
  • Reload dengan menekan tombol F5
  • Membersihkan history ( browsing & download history, form & search history, cookies, cache, aktive logins )
  • Restart PC/Laptop
Namun berbagai cara tersebut belum bahkan tidak bisa mengatasi berbagai jenis error pada aplikasi ePUPNS. Mengapa bisa demikian? karena jika suatu web tidak bisa diakses oleh pengguna itu penyebabnya adalah terletak pada internal server yang digunakan oleh Admin sebuah web.

Dari uraian permasalahan ePUPNS yang terkait Error 500, loading lama, dan sebagainya menyebabkan banyak PNS yang mengeluh dan menyampaikannya lewat komentar di web/blog yang membahas masalah PUPNS, status dan komentar di  media sosial seperti facebook, Twitter, dan kawan-kawan. Adapun opini yang PNS sampaikan demi suksesnya PUPNS, antara lain sebagai berikut :
  • Seyogyanya Admin ePUPNS meningkatkan/memperkuat/menambah server hosting
  • Sebaiknya Admin/Satgas PUPNS menjadwal hak akses aplikasi ePUPNS. Sebagai contoh pada aplikasi di dunia pendidikan yakni Dapodik, dulu pernah menjadwal hak akses untuk wilayah masing-masing provinsi
  • Pihak Satgas PUPNS/BKN/BKD meningkatkan sosialisasi tentang ePUPNS ( baik mengenai teknis penggunaan maupun tentang data yang wajib diinputkan ) dengan setuntas-tuntasnya agar para PNS dapat secara jelas  dalam memahami dan mengisi data di ePUPNS BKN.
Demikian 3 opini maupun usulan para PNS. Semoga pihak yang menangani ePUPNS dapat mengabulkan permohonan usulan-usulan tersebut sehingga Program PUPNS melalui ePUPNS dapat cepat berjalan dengan lancar dan sukses.

Namun demikian, sembari menunggu realisasi perbaikan/perawatan aplikasi ePUPNS lebih meningkat dan mantap, mayoritas PNS pun saat ini tengah tetap berusaha melakukan penginputan data pada PUPNS sesuai tahapan-tahapan yang ada. Para PNS memilih waktu-waktu yang tepat untuk bisa mengakses web PUPNS. Adapun waktu yang biasanya mudah untuk mengakses ePUPNS adalah pada malam hari/pagi mulai pukul 24.00 - 06.00 WIB, tetapi tidak menutup kemungkinan pada selain waktu itu pun dapat mudah untuk mengaksesnya ( tergantung mudah atau sulitnya koneksi internet di suatu daerah dan perangkat pendukung lainnya ). Baca juga Waktu yang Tepat untul Login di Aplikasi ePUPNS BKN

Demikian sekilas Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS BKN yang saat ini sering Error dan Masalah Lainnya. Semoga para PNS dapat segera menyelesaikan PUPNS dengan sukses. Aamiin. Selanjutnya, silakan baca Upaya Tim Satgas PUPNS Menambahkan Bandwith, Jumlah Server, dan Tunning Database ePUPNS.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top