9/10/2015

Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya

Sahabat Pembaca, sejak dibukanya aplikasi ePUPNS, banyak opini dari sebagian teman PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya seperti tampilan halaman web PUPNS yang kadang tulisan berantakan, logo PUPNS memenuhi halaman web, dan hal teknis yang lain. Seperti yang kita maklumi bersama bahwa hampir semua aplikasi online jika pengguna dalam mengakses secara berjamaah dan jumlahnya melebihi kekuatan server sebuah aplikasi maka mayoritas server akan mengalami down maupun error.

Saya yakin bahwa sebenarnya Pemerintah, dalam hal ini yang menangani masalah ePUPNS sudah bekerja keras secara matang dalam membangun sistem Pendataan PNS elektronik/e-PUPNS. Namun ternyata sampai saat ini ( 10 Sepetember 2015 ), aplikasi e-PUPNS BKN sering mengalami error 500 dan jenis error lainnya. Hal ini tentunya menyebabkan para pengguna aplikasi yakni para PNS menjadi kurang nyaman dalam berbagai kegiatan yang terkait PUPNS seperti saat registrasi PNS di https://epupns.bkn.go.id/, login di https://epupns.bkn.go.id/login, dan https://epupns.bkn.go.id/admin. Untuk alamat Portal PUPNS  dan Helpdesk tetap dapat diakses dengan baik dan lancar.

Selain masalah yang berhubungan dengan server ePUPNS dan teknis pengisiannya tersebut, ada juga masalah lain seperti adanya kebingungan sebagian PNS terkait tentang apa yang harus diinput pada form menu ePUPNS, misalnya pada menu form Unit Organisasi menu Data Posisi yang sesuai di database BKN tertulis dan otomatis muncul di form tersebut dengan unit organisasi " SDN Sukses 1", namun di SK CPNS/PNS tertulis SDN 1 Sukses, nah apakah SDN Sukses 1 harus diganti yang sesuai dengan SK yakni SDN 1 Sukses ?. ( Tentang hal ini, saya sudah tanya ke Satgas PUPNS, tapi belum dijawab, besok jika sudah ada jawaban maka jawaban tersebut akan tak tambahkan di halaman ini ).

Ya itu hanya salah satu contoh saja yang terkait dengan kepegawaian. Kalau masalah penggunaan aplikasi online ePUPNS tentunya para PNS sudah mahir semua karena para PNS sudah dapat mengoperasikan komputer/laptop dan kegiatan online internet. Jadi jika server ePUPNS lancar maka para PNS bisa melakukan pengisian/pengeditan data dengan lancar sukses juga dengan petunjuk pengisian yang sudah disipakan oleh pihak BKN. Silakan Download Juknis ePUPNS 2015

Berbagai Jenis Error Aplikasi ePUPNS

Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa ada beberapa jenis error aplikasi ePUPNS sehingga muncul tampilan web dengan keterangan :
  • Error 500, baik aplikasi ePUPNS diakses menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya
  • Pada Google Chrome,  web apapun jika tidak lancar aksesnya maka akan tampil keterangan " This webpage is not available"
  • Tampilan logo aplikasi ePUPNS yang memenuhi halaman web di layar monitor komputer/laptop pengguna
  • Pada Mozilla Firfox, jika halaman web tidak bisa diakses maka akan tampil keterangan " Secure Connection Failed"
Apa yang sudah dilakukan oleh para PNS jika ketika mengakses ePUPNS mengalami tampilan-tampilan error ? 

clear-all-history

Beberapa cara mengatasi masalah tersebut, PNS sudah melakukan cara-cara yang antara lain sebagai berikut :
  • Refresh PC/Laptop
  • Memperkuat koneksi internet dengan menambah kuota dan sebagainya
  • Menggunakan jasa warnet
  • Reload dengan menekan tombol F5
  • Membersihkan history ( browsing & download history, form & search history, cookies, cache, aktive logins )
  • Restart PC/Laptop
Namun berbagai cara tersebut belum bahkan tidak bisa mengatasi berbagai jenis error pada aplikasi ePUPNS. Mengapa bisa demikian? karena jika suatu web tidak bisa diakses oleh pengguna itu penyebabnya adalah terletak pada internal server yang digunakan oleh Admin sebuah web.

Dari uraian permasalahan ePUPNS yang terkait Error 500, loading lama, dan sebagainya menyebabkan banyak PNS yang mengeluh dan menyampaikannya lewat komentar di web/blog yang membahas masalah PUPNS, status dan komentar di  media sosial seperti facebook, Twitter, dan kawan-kawan. Adapun opini yang PNS sampaikan demi suksesnya PUPNS, antara lain sebagai berikut :
  • Seyogyanya Admin ePUPNS meningkatkan/memperkuat/menambah server hosting
  • Sebaiknya Admin/Satgas PUPNS menjadwal hak akses aplikasi ePUPNS. Sebagai contoh pada aplikasi di dunia pendidikan yakni Dapodik, dulu pernah menjadwal hak akses untuk wilayah masing-masing provinsi
  • Pihak Satgas PUPNS/BKN/BKD meningkatkan sosialisasi tentang ePUPNS ( baik mengenai teknis penggunaan maupun tentang data yang wajib diinputkan ) dengan setuntas-tuntasnya agar para PNS dapat secara jelas  dalam memahami dan mengisi data di ePUPNS BKN.
Demikian 3 opini maupun usulan para PNS. Semoga pihak yang menangani ePUPNS dapat mengabulkan permohonan usulan-usulan tersebut sehingga Program PUPNS melalui ePUPNS dapat cepat berjalan dengan lancar dan sukses.

Namun demikian, sembari menunggu realisasi perbaikan/perawatan aplikasi ePUPNS lebih meningkat dan mantap, mayoritas PNS pun saat ini tengah tetap berusaha melakukan penginputan data pada PUPNS sesuai tahapan-tahapan yang ada. Para PNS memilih waktu-waktu yang tepat untuk bisa mengakses web PUPNS. Adapun waktu yang biasanya mudah untuk mengakses ePUPNS adalah pada malam hari/pagi mulai pukul 24.00 - 06.00 WIB, tetapi tidak menutup kemungkinan pada selain waktu itu pun dapat mudah untuk mengaksesnya ( tergantung mudah atau sulitnya koneksi internet di suatu daerah dan perangkat pendukung lainnya ). Baca juga Waktu yang Tepat untul Login di Aplikasi ePUPNS BKN

Demikian sekilas Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS BKN yang saat ini sering Error dan Masalah Lainnya. Semoga para PNS dapat segera menyelesaikan PUPNS dengan sukses. Aamiin. Selanjutnya, silakan baca Upaya Tim Satgas PUPNS Menambahkan Bandwith, Jumlah Server, dan Tunning Database ePUPNS.

Artikel Pilihan

10 komentar

SANGAT MENYEBALKAN..... HEHEHHE, TAPI.. HARUS TETAP SABAR..

setiap mengisi keluarga kenapa selalu error 500 kembali ke pupns

error 500 data keluarga punya teman, tapi temen yang lain tidak error pada saat isi data keluarga..mengapa..?

Pak Adams dan pak Unknown, Error 500 Data Keluarga seringnya terjadi bagi para PNS yang memiliki suami/istrinya juga PNS.

saya juga meminta bantuan kepada admin web ini, agar kiranya ditanyakan juga mengaenai, aplikasi online epupns ini yang belum mampu mendeteksi antara lain :
1. nama sekolah, masih banyak sekolah2 yang belum mampu di cari secara otomatis oleh sistim, karena mungkin belum terdaftar di sistimnya, terutama untuk sekolah2 lama seperti PGA Islam ( pendidikan guru agama islam) , SPG ( sekolah pendidikan guru), sekolah2 ini adalah sekolah lama yang setara dengan SLTA
2. Nama Desa/Lurah yang ada di daerah/pedesaan kerap tidak mampu dideteksi oleh sistim, sehingga membuat kami yang tinggal di desa sulit untuk melanjutkan pengisian data, terutama data riwayat keluarga, karena rata-rata keluarga kami lahir di desa/lurah yang ridak terdeteksi.

kami sudah melapor melalui sistim itu sendiri dengan cara mengirim data kami sehingga kami, mendapatkan kode TIKET, namun kadang nomr tiket pengaduan ini kam i dapatkan namun sampai sekarang belum ada jawaban dari sistim, kadang juga nomor tiketnya tidak bisa di dapatkan karena adanya ERROR 500
kami sebenarnya bosan juga menghadapi sistim pendataan PUPNS ini, yang menurut kami sistimnya masih prematur, alias belum sempurna untuk dilemparkan kepada PNS untuk digunakan.
maunya kami agar kiranya data2 yang belum mampu dideteksi secara otomatis oleh sistim diberi opsi untuk mengisinya secara manual, sehingga pengisian data bisa lancar, dan data yang di input secara manual itu nantinya akan menjadi bahan masukan bagi PROGRAMMER sistim untuk dimasukan oleh sistim, dan sebenarnya tidak perlu untuk menyuruh kami untuk mengadukan melalui nomor tiket, karena pengaduan seperti ini tidak membuat solusi bisa teratasi dengan cepat.
demikian yang kami harapkan terutama saya pribadi

saya menyarankan, aplikasi PUPNS ini bisa di isi oflane. setelah diisi semua, baru di kirim secara online. seperti halnya di aplikasi sekolah (DAPODIK) di isi ofline, trus baru di kirim secara online. menurut saya ini lebih baik, karena negara kita kepulauan, banyak PNS yang berada di daerah terpencil yang tidak ada sinyal. jika harus berangkat ke kota, bagaimana dengan peserta didik yang di tinggalkan? mohon perhatiannya dengan masalah yang serius ini. trim's.

coba PUPNS bisa di isi ofline, trus baru dikirim online. karena ini akan memudahkan para PNS yang berada di daerah terluar dan terdepan. contohnya guru. jika mereka ke kota/tempat yg ada sinyal, bagaimana dengan siswa yang di tinggalkan????? ubahlah aplikasi ini seperti aplikasi dapodik sekolah yang bisa di isi ofline. mohon ini menjadi perhatian serius. trim's.

susahnya???? coba bisa ofline. kan lebih mudah.

woo....mungkin server epupns nya harus ditingkatkan...
saat pengisian data online dan berhasil...tapi saat saving kembali ke login....
operator epupns nya harus diupgrade atau diinstall ulang....
kami menjadi gerah karena setiap hari ketakutan tidak bisa mengisi secara online....
keluhan ini dialami semua PNS di indonesia...
yang lucunya sudah full pengisian pun saat kirim selalu kembali ke login...
tolong ditingkatkan server epupns nya.......

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top