15 Contoh Soal Cerita tentang KPK

Ilmu-matematika.com- 15 Contoh Soal Cerita tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil ( KPK ) dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Siswa Kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar ( SD ). Sahabat Ilmu-matematika.com, sebelumnya saya sudah mengarsipkan Contoh Soal Cerita tentang FPB, dan pada kesempatan kali ini saya akan mengarsipkan beberapa contoh latihan soal cerita yang berhubungan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil ( KPK ). Adapun contoh soal-soal cerita tentang KPK yaitu sebagai berikut :

1. Toko sembako dikunjungi pemasok telur setiap 8 hari sekali, pemasok sabun setiap 15 hari sekali dan pemasok mie setiap 30 hari sekali. Jika tanggal 2 November 2014 ketiga pemasok datang bersama, maka mereka akan datang bersama  tanggal,bulan dan tahun….

2. Bus Lancar Jaya berangkat dari terminal setiap 20 menit sekali, sedang bus Mulia berangkat setiap 45 menit sekali. Jika pukul 08.00 kedua bus berangkat bersama, maka kedua bus akan berangkat bersama yang kedua setelah pukul….

3. Pak Somad memotong rumput setiap 16 hari sekali, sedang Pak Danang setiap 30 hari sekali. Jika hari ini mereka memotong rumput bersama, maka mereka akan memotong rumput bersama lagi…hari kemudian

4. Pak Paijo memanen padi setiap 120 hari sekali dan memanen kopi setiap 90 hari sekali. Jika sekarang Pak Paijo memanen padi dan kopi bersama maka Pak Paijo akan memanen kedua tanaman itu setelah…hari

5. Bus Maju Lancar berangkat dari terminal setiap 30 menit sekali. Sedangkan bus Maju Sukses berangkat dari terminal setiap 45 menit sekali. Jika kedua bus berangkat bersama pada pukul 06.45, pada pukul berapa kedua bus akan berangkat bersama lagi?

6. Sani berlatih menari setiap 5 hari sekali. Sedangkan Rani berlatih menari setiap 7 hari sekali. Jika pada tanggal 19 Februari 2015 mereka berlatih menari bersama, maka pada tanggal berapa lagi mereka akan menari bersam lagi?

7. Pada tanggal 20 Maret 2015, Ani, Bety dan Cici berlatih berenang bersama. Jika Ani berlatih renang setiap 3 hari sekali, Bety berlatih setiap 5 hari sekali dan Cici berlatih berenang setiap 6 hari sekali. Mereka akan berlatih berenang bersama untuk yang kedua kalinya pada tanggal ….

8. Seorang pasien diwajibkan minum 3 jenis obat berbeda dengan ketentuan obat A diminum tiap 2 jam, obat B tiap 3 jam dan obat C tiap 4 jam. Jika pukul 07.00, ia minum obat yang sama maka ia akan meminum obat yang sama lagi pukul….

9. Ridwan pergi ke pasar setiap 6 hari sekali, Adam pergi ke pasar setiap 15 hari sekali dan Cipto setiap 10 hari sekali. Jika tanggal 17 Mei mereka bertiga pergi ke pasar bersama, maka mereka akan pergi bersama lagi tanggal, bulan….

10. Bus A berangkat dari terminal setiap 60 menit sedang bus B berangkat setiap 90 menit sekali. Kedua bus tersebut berangkat bersama pukul 03.00, maka kedua bus tersebut akan berangkat bersama lagi pukul…

11. Toto, Titi, dan Titu mengikuti latihan Volly. Toto berlatih setiap 8 hari sekali, Titi setiap 12 hari sekali, dan Titu setiap10 hari sekali. Jika hari ini mereka bertiga berlatih bersama ,maka mereka akan berlatih bersama lagi pada… hari lagi.

12. Pak Irman mengirim barang ke toko Laris Manis setiap 60 hari sekali sedang Pak Untung mengirim barang setiap 45 hari sekali. Jika sekarang Pak Irman dan Pak Untung mengirim barang ke toko Laris Manis bersamaan, maka mereka akan mengirim barang bersama lagi setelah…bulan.

13. Seorang pasien wajib minum obat A setiap 24 jam sekali, obat B setiap 12 jam sekali dan obat C setiap 18 jam sekali. Jika pukul 07.00 obat A, B dan C  diminum bersama, maka keketiga obat akan diminum bersama lagi pukul…jam.

14. Andi berlatih renang setiap 8 hari sekali, sedang Asep berlatih setiap 12 hari sekali. Jika hari Senin mereka berlatih bersama, maka mereka akan berlatih bersama lagi hari…

15. Di sepanjang jalan tol Cikampek didirikan  pos pemantau setiap 20 km dan pom bensin setiap 15 km. Pos pemantau dan pom bensin pertama berada pada pintu masuk jalan tol.  Pos pemantau dan pos pom bensin akan berada berdekatan lagi pada km ke ... dari pintu masuk jalan tol

Demikian 15 Contoh Soal Cerita tentang KPK. Semoga bermanfaat
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top