11/05/2015

Download Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan ke-70 Tahun 2015

Download ( File PDF ) Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan ke-70  Tahun 2015- Hari Pahlawan adalah Hari Peringatan yang dirayakan pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia.Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. ( https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Pahlawan ).

Peringatan Hari Pahlawan merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Esensi dari Peringatan Hari Pahlawan adalah membangun spirit untuk komitmen dalam berbangsa dan bernegara.

Yang dimaksud dengan membangun spirit untuk komitmen dalam berbangsa dan bernegara adalah membangun semangat untuk berkomitmen mendukung penyelenggaraan pemerintahan sehingga terwujud suatu pengabdian terhadap bangsa dan negara dengan berlandaskan etika dan moral demi mencapai kemajuan bangsa.

Hakikat dari penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan juga untuk memberikan pengakuan, penghormatan dan penghargaan kepada para pelaku perjuangan agar mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya.

Untuk itu, pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015 difokuskan untuk membangun kekuatan bersama yang dapat menjadi daya dorong dalam rangka menyelesaikan masalah kebangsaan.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 diharapkan juga dapat memberikan pengaruh langsung/berdampak kepada sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sehubungan dengan hal tersebut sangatlah tepat apabila Hari Pahlawan 2015 mengambil tema : “Semangat Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku.“ Hal tersebut dapat diwujudkan dengan bekerja, berkarya, peduli dan berbagi untuk sesama, guna mencapai prestasi dan cita-cita.

Hari Pahlawan
Melalui Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat memberikan inspirasi kepada para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu dan pendiri bangsa ini dapat diteladani dan diimplementasikan pada masa kini dalam bentuk perjuangan yang lain.

Selanjutnya pada pelaksanaan Hari Pahlawan Tahun 2015 terbagi dalam 3 kegiatan yaitu : kegiatan utama, pokok, dan penunjang.

1. Kegiatan Utama
a. Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional
b. Upacara Ziarah Nasional
c. Upacara Tabur Bunga di Laut

2. Kegiatan Pokok
a. Upacara-upacara di Dalam Negeri di berbagai tempat
b. Upacara-upacara di Luar Negeri di Kantor Perwakilan RI atau tempat-tempat tertentu
c. Hening Cipta selama 60 detik (1 menit) pada pukul 08.15 waktu setempat atau dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.

3. Kegiatan Penunjang
a. Kemah Kebangsaan
b. Wisata Sejarah
c. Sarasehan Kepahlawanan
d. Parade Kebangsaan, terdiri dari :
  • Kirab Kebangsaan
  • Salam Pahlawan : “Merdeka!” (dilakukan sehari penuh pada tanggal 10 November dari pukul 06.00 s/d 18.00 waktu setempat)
  • Haul Pahlawan/Do’a Bersama
  • Pentas Seni
e. Olimpiade Pahlawan
f. Ramah Tamah dengan Tokoh-tokoh Pejuang, Keluarga Pahlawan,
bersama komponen-komponen kebangsaan lainnya.
g. Ziarah Wisata
h. KSN Expo Indotera

Silakan Download Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan ke-70  Tahun 2015 file PDF

Baca juga Pengertian Mengheningkan Cipta


Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top