4/05/2016

Nilai UKG Tertinggi 2015- Salah Satu Peserta UKG Kabupaten Kebumen Peroleh Nilai 100

Nilai UKG Tertinggi 2015, Salah Satu Peserta UKG Kabupaten Kebumen Berhasil Mendapatkan Nilai 100-Sahabat guru dan pembaca, saat ini ( 20 November 2015 ) UKG tengah berjalan. Tahukah Anda berapa nilai UKG tertinggi sementara se-Indonesia  tahun 2015 ?. Untuk mengetahui nilai tertinggi sementara UKG 2015 se-Indonesia tentunya perlu mengumpulkan informasi dengan sumber peserta UKG atau lainnya dari masing-masing TUK, kecamatan, dan seterusnya sampai pusat. Sambil menunggu informasi resmi dan final dari pemerintah, silakan tuliskan info nilai tertinggi UKG 2015 sepengetahuan Anda di kolom komentar.

OK sahabat, saya awali informasi nilai UKG tertinggi sementara untuk Kebumen Jawa Tengah. Awalnya saya mendapat informasi dari salah satu peserta UKG di Kebumen yang mendapatkan skor pedagogik 18 dan profesional 44 atau dengan jumlah skor 62 ( jumlah soal 80 butir ). Jika bobotnya sama antara pedagogik dan profesional maka peserta UKG tersebut mendapatkan nilai 77,5. Selanjutnya saya mendapat informasi lagi dari peserta UKG yang lain, bahwa ada yang skornya 66 atau nilainya 82,5. Menurut keterangan dari peserta UKG Kebumen di salah satu TUK bahwa di ruang UKG salah satu TUK tersebut para peserta UKGnya mendapat skor antara 50-66.

Sementara itu, berdasarkan info dari JawaPos.com- bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibkbud) memberikan apresiasi kepada guru yang mampu  meraih nilai tertinggi pada UKG. Sebagai ganjarannya lembaga yang dipimpin Anies Baswedan tersebut  berjanji akan memberikan  insentif nontunai.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, pemerintah melalui Kemendikbud  akan memberikan apresiasi kepada guru yang berhasil memperoleh hasil terbaik dalam uji kompetensi.

Di bawah ini kutipan info yang saya langsir dari news.okezone.com 

Menurut  Bapak Sumarna Surapranata, "Hingga saat ini ( 20-11-2015 ) ada guru di SMA di Papua Barat, Sorong, yakni pada mata pelajaran bahasa Jerman mendapat nilai 93,33, ada juga guru kimia SMA di Cirebon yang memperoleh nilai 96,67.Di Aceh juga ada guru matematika SMA yang dapat nilai 95"

Berapa standar kelulusan/batas minimal nilai UKG 2015

Sahabat, info yang santer bahwa standar minimal nilai UKG adalah 5,5 ( rentang nilai 0-10 ) atau 55 ( rentang nilai ( 0-100 ), namun sampai saat ini saya sendiri belum menmukan sumber yang jelas. Jika Anda mengetahui sumber yang akurat tentang info standar minimal nilai UKG 2015 adalah 5,5, tolong tulis di kolom komentar.

Sepengetahuanku infonya hanya standar minimal nilai rata-rata UKG 2015. Berikut infonya:

"Guru-guru akan dikelompokkan sesuai kemampuannya mengacu pada hasil ujian tersebut. Mereka yang meraih skor tinggi cukup mengikuti pembekalan wajib selama 4-10 jam. Sementara yang meraih skor kurang akan lebih banyak jumlah jamnya.
Sumarna menyebutkan, saat ini rata-rata nilai UKG 4,7. Target renstra tahun ini, kata dia, rata-rata nilai UKG 5,5. "Nanti tahun 2019 rata-rata kompetensi guru 8,0," katanya." ( sumber : Kemdikbud )

Update terbaru tanggal 16 Desember 2015

Info terbaru yang kami dapat, bahwa peserta UKG 2015 di TUK Kabupaten Kebumen ada yang mendapatkan nilai 9,75

UKG 2015 bagi guru yang sudah sertifikasi

Apakah guru bersertifikat pendidik/guru sertifikasi yang belum lulus UKG 2015 akan dihapus tunjangan sertifikasinya ?

Sampai saat ini masih ada saja guru sertifikasi yang merasa takut kalau tunjangan sertifikasinya akan dihapus ( dalam hal ini dihapus gara-gara nilai UKGnya belum memenuhi standar kelulusan ). Rasa cemas galau pun menyelimuti batin mereka, padahal kabar kabur tentang penghapusan tunjangan sertifikasi belum ada sumber yang bisa dipertanggungjawabkan alias belum jelas adanya.

Silakan simak info :

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015 dilakukan untuk melakukan pemetaan dalam rangka memperoleh baseline tentang kompetensi guru. Hal tersebut dikatakannya untuk menjawab salah satu tuntutan guru honorer yang menolak dilaksanakannya UKG jika hasilnya digunakan untuk melakukan pemotongan tunjangan profesi.

“Uji kompetensi guru ini untuk pemetaan, agar diperoleh baseline kompetensi guru,” ujarnya saat audiensi dengan guru honorer di kantor Kemenpan-RB, Jakarta, (15/9/2015)"  ( Sumber : Kemdikbud )

Demikian sekilas info sementara tentang Nilai UKG Tertinggi 2015. Baca juga Nilai Rata-Rata UKG  Tertinggi Nasional 2015

Baca juga Jadwal UKG Susulan 2015

Update : 5 April 2016

Berdasarkan informasi dari Dikpora Kebumen, bahwa guru peserta UKG dari UPTD Dikpora Kecamatan Sempor ada yang memperoleh nilai UKG sempurna yakni 100.

Baca juga Peserta UKG 2015 dengan Nilai kurang dari 5,5 belum masuk dalam kuota Sertifikasi Guru jalur PPG 2016.


Artikel Pilihan

5 komentar

ambil hikmah dari segala kebijakan

berarti bisa study banding ke luar negeri dong bagi yg mendapat nilai sempurna :D

Terima kasih atas infhormasinya. Semoga bermanfaat

alhamdulillah... UKG kemarin dapat nilai 83,33

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top