Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kesulitan Belajar

Pengertian/Definisi  Kesulitan Belajar- Menurut KBBI, sulit artinya sukar sekali; susah (diselesaikan, dikerjakan, dan sebagainya), kesulitan artinya keadaan yang sulit; sesuatu yang sulit, dan belajar artinya berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Jika  antara arti kata kesulitan dan belajar hanya digabungkan maka kesulitan belajar artinya keadaan yang sulit memperoleh ilmu. Pengertian kesulitan belajar secara umum adalah suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan atau hasil belajar yang ditetapkan. Hambatan tersebut bisa dari faktor intern maupun ekstern.

Kesulitan belajar adalah istilah umum untuk berbagai jenis masalah belajar. Sebuah kesulitan belajar tidak tentu disebabkan oleh  masalah  kecerdasan atau motivasi. Anak-anak yang mengalami kesulitan  belajar itu bukan berarti malas atau bodoh. Bahkan, mereka bisa lebih cerdas dari yang lain. Otak pikiran mereka hanya penghubung/kabel yang mungkin memiliki kualitas berbeda. Anak yang ahli matematika belum tentu pandai di pelajaran yang lain, anak yang pintar IPA belum tentu mahir di pelajaran IPS, dan lain sebagainya. Perbedaan ini mempengaruhi bagaimana mereka menerima dan memproses informasi.

Pengertian Kesulitan Belajar
Kesulitan Belajar

Sederhananya, anak-anak yang mengalami kesulitan belajar dalam melihat, mendengar, dan memahami suatu hal itu berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya. Hal ini dapat timbul ketika mereka mempelajari informasi dan keterampilan baru. Jenis yang paling umum dari kesulitan belajar melibatkan masalah yang terkait membaca, menulis, matematika, penalaran, mendengarkan, dan berbicara.

Ibarat kesulitan belajar meruapakan suatu penyakit, maka kesulitan belajar memiliki gejala-gejalanya, inti penyakit, dan faktor penyebabnya. Misalnya Anda memiliki gejala-gejala badan terasa lemah, nafsu makan berkurang, dan lain sebagainya, dan anda pergi ke dokter untuk menanyakan tentang jenis penyakit Anda, maka dokter pun membutuhkan keterangan dari Anda tentang apa yang Anda rasakan, dan lain sebagainya.

Dengan laporan dari Anda tentang keluhan yang dirasakan, maka dokter pun akan mendeteksi lebih lanjut tentang penyakit Anda berdasarkan hasil rekaman dokter yang didapat dari penjelasandari Anda. Selanjutnya dokter akan memberi obat kepada Anda.

Jika Anda adalah seorang pendidik, maka Anda harus sabar dalam menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Tidak ada pendidik yang  ingin melihat anak-anak didik menderita karena kesulitan belajar. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang bisa berarti untuk masa depan anak didik Anda, atau khawatir tentang bagaimana anak Anda akan dengan lancar mengikuti pembelajaran. Mungkin Anda khawatir  dengan anak didik Anda yang mengalami kesuliatan belajar, akan diejek oleh teman-temannya.

Tapi yang penting untuk diingat adalah bahwa sebagian besar anak-anak yang mengalami kesulitan belajar hanya lah masalah kecepatan yang masih lambat dalam menerima ilmu. Mereka hanya perlu diajarkan cara yang disesuaikan dengan gaya belajar mereka yang unik. Dengan belajar lebih banyak tentang kesulitan belajar anak pada umumnya dan kesulitan belajar tertentu. Anda dapat menjadi dokter yang sukses bagi mereka.

Baca juga Cara Menentukan Kesulitan Belajar

Demikian tentang Penjelasan Pengertian Kesulitan Belajar. Semoga Anda selalu sukses dalam menjadi dokter spesialis bagi mereka.