11/18/2015

Soal UKG 2015 yang Paling Unik

Soal UKG 2015 yang Paling Unik- Sahabat pembaca, banyak cerita tentang UKG 2015. Diantaranya cerita/info tentang bocornya soal karena ada salah satu peserta UKG yang berhasil memotret semua soal kemudian dishare via media sosial, info tentang berbagai kendala pelaksanaan UKG seperti listrik padam, koneksi internet lambat, kartu UKG ketinggalan, jadwal UKG diralat, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang soal UKG 2015, rasa-rasanya merupakan hal yang enak untuk dibahas karena saat ini masih banyak guru yang belum mendapat giliran jadwalnya, di mana jadwal UKG online 2015 sampai tanggal 27 November 2015.

Seperti yang sudah maklum bahwa jumlah soal UKG ada 80 soal, dan ada juga yang 100 soal. Misalnya untuk guru kelas SD jumlah soal UKGnya adalah 80 soal, sedangkan untuk guru penjasorkes jumlah soalnya ada 100 soal.

Awas, bagi yang belum UKG, jangan sampai salah sangka ya?, maksud saya jangan sampai menganggap jumlah soalnya hanya 60. He he, apa ada yang beranggapan seperti itu?, ada saja lah, contohnya yaitu saat saya mengikuti UKG, kebetulan salah satu teman di ruangan ujian ada yang lapor kepada petugas operator UKG bahwa dirinya sudah selesai mengerjakan semua soal. Namun setelah operator mengeceknya ternyata yang dikerjakan oleh temanku baru 60 soal dan dianggapnya sudah selesai karena tombol scrol tidak digeser ke bawah. he he

Apakah soal UKG 2015 sulit?

He he juga, kalau soalnya sih tidak sulit namun kadang memilih jawabannya yang cukup membingungkan. Padahal jauh sebelum UKG sudah belajar materi yang sesuai kisi-kisi UKG 2015, hmm walaupun saya sendiri belajarnya juga masih merasa kurang maksimal. Betapa tidak, indikator dalam kisi-kisi UKG Guru Kelas SD ( kelas tinggi ) jumlahnya ada 403 indikator.

Setiap indikator memungkinkan ratusan soal, padahal jumlah soal hanya 80.Wah jika persiapan mengerjakan soal UKG hanya modal belajar borongan rasanya repot juga ya?, jadi mestinya ada andalan pokok yakni bermodalkan pengetahuan yang sudah ada/menetap di pikiran kita/pengetahuan prasyarat dan juga pengalaman sehari-hari dalam pembelajaran.

Soal UKG 2015 terdiri atas soal yang terkait pedagogik dan profesional yang prosentasenya dominan yang profesional walaupun di kisi-kisi lebih banyak yang pedagogik. Soal-soalnya pun kebanyakan tepat atau sesuai dengan kisi-kisi UKG 2015, walaupun ada sedikit yang berbeda, misalnya untuk guru yang di sekolahnya masih menggunakan KTSP, ternyata di soal UKG yang ada adalah soal yang terkait dengan kurikukulum 2013 ( kurtilas ), namun hal ini tidak begitu menjadi masalah karena pada dasarnya sama.

Kalau kita cermati, sebenarnya soal UKG 2015 itu materinya terkait dengan materi pelajaran yang para guru ajarkan kepada siswanya, namun berdasarkan pengalaman saya, ada soal yang menurut saya sangat unik dan menarik yakni soal yang terkait dengan lagu "Balonku ada lima".

Bagi Anda yang kebetulan juga mendapatkan soal tentang balonku ada lima, Anda cukup tersenyum saja ya? he he, bagi Anda yang belum UKG, sebaiknya tidak perlu penasaran tentang soal tersebut. he he

Jika semua peserta UKG 2015 mendapatkan soal tenang balonku ada lima, kemungkinan ini lah soal yang dijawab benar oleh semua peserta UKG 2015. he he

Sebenarnya soal tersebut juga tidak bisa dikatakan mudah, menurut saya soal itu malah termasuk soal yang berbobot. Jika Anda penasaran soalnya seperti apa, tunggu saja tanggal mainnya. he he. Pastikan Anda tetap hafal dengan lagu balonku ada lima, dan jika Anda mendapatkan soal yang terkait, Anda bisa menyanyi dalam hati saja sambil meresapi lagu dan memahami tentang balon. he he, sekian.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top