12/25/2015

Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US SD/MI 2016 Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013

Download Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah ( US ) SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016- Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US SD/MI 2016 merupakan gabungan dari kisi-kisi US SD kurikulum KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013, jadi baik sekolah yang menggunakan KTSP maupun Kurikulum 2013/Kurtilas kisi-kisinya sama. Berdasarkan POS US SD/MI 2016, Ujian Sekolah akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Mei 2016. Oleh karena itu sebaiknya para siswa kelas 6 sejak dini meningkatkan aktivitas belajarnya agar bisa meraih prestasi/nilai US yang memuaskan. Agar Adik-Adik kelas 6 SD/MI mengetahui tentang gambaran soal US, sebaiknya para siswa kelas 6 menelaah tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa/SDLB, dan  Penyelenggara PProgram Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun kisi-kisi US SD/MI/SDLB/Program Paket A sebagai berikut :

1. Baca Kisi-Kisi US SD/MI 2016 Mapel bahasa Indonesia
2. Baca Kisi-Kisi US SD/MI Tahun 2016 Mata Pelajaran Matematika
3. Baca Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US SD/MI 2016 Mapel Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
4. Download Kisi-Kisi US SD/MI/SDLB/Program Paket A Tahun Pelajaran 2015/2016

Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US SD/MI 2016

Kisi-Kisi US SD/MI/SDLB/Program Paket A tersebut ditetapkan oleh kementerian pada tanggal 17 Desember 2015. Adapun tentang penyusunan kisi-kisi, penyiapan paket soal, dan penggandaan bahan US, serta pendistribusian baha US sebagai berikut:

A. Penyusunan Kisi-Kisi Soal
Kementerian menyusun kisi-kisi soal berdasarkan kurikulum yang berlaku, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. mengidentifikasi materi yang sama pada muatan/mata pelajaran yang diujikan sesuai Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi;
  2. menyusun kisi-kisi soal US/M untuk muatan/mata pelajaran yang diujikan dengan melibatkan pendidik dan ahli penilaian pendidikan;
  3. melakukan validasi kisi-kisi soal US/M dengan melibatkan pendidikdan ahli penilaian pendidikan; dan
  4. menetapkan kisi-kisi soal US/M Tahun Pelajaran 2015/2016.
B. Penyiapan Paket Soal US/M
  1. Kementerian menetapkan 25% (dua puluh lima persen) paket soal dengan cara mengidentifikasi dan memilih butir-butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi-kisi soal US/M Tahun Pelajaran 2015/2016.
  2. Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama menyusun, menetapkan, dan merakit paket soal, dengan langkah-langkah sebagai berikut: a. menyusun 75% (tujuh puluh lima persen) paket soal dengan melibatkan para pendidik yang mewakili seluruh Kabupaten/Kota di wilayahnya; b. merakit dan menetapkan paket soal US/M dengan cara menggabungkan 25% (dua puluh lima persen) paket soal dari Kementerian dengan 75% (tujuh puluh lima persen) paket soal yang ditetapkan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama; c. melakukan finalisasi dan menata perwajahan (lay out) paket soal dapat melibatkan pendidik, dosen, dan ahli penilaian pendidikan;
  3. Jumlah butir soal dan alokasi waktu US/M sebagai berikut: a. Bahasa Indonesia 50 soal dengan alokasi waktu 120 menit; b. Matematika 40 soal dengan alokasi waktu 120 menit; c. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 40 soal dengan alokasi waktu 120 menit
  4. Pengiriman 25% (dua puluh lima persen) paket soal US/M sebagai berikut: a. Kementerian menyerahkan 25% (dua puluh lima persen) paket soal US/M dalam bentuk softcopy kepada Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama disertai Berita Acara; dan b. Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama menerima paket soal US/M dari Kementerian, dengan ketentuan 1) mengecek kesesuaian jumlah dan nama muatan/mata pelajaran yang kisi-kisinya ditetapkan oleh Kementerian dengan Berita Acara; dan 2) mengisi dan menandatangani Berita Acara Serah Terima dengan saksi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama.
  5. Atase Pendidikan dan Kebudayaan/Konsulat Jenderal bidang Sosial Budaya menyiapkan, menggandakan, dan mendistribusikan seluruh paket soal untuk SILN.
  6. Paket soal untuk US/M SD/MI dan SDLB terdiri atas paket soal US/M, paket soal susulan, dan paket soal cadangan.
C. Penggandaan dan Pendistribusian Bahan US/M
  1. Penggandaan dan pendistribusian bahan US/M dilakukan oleh percetakan yang ditetapkan melalui lelang terbuka sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Pelaksanaan pelelangan sebagaimana dimaksud pada butir 1 menjadi tanggung jawab Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.
  3. Pengawasan penggandaan dan pendistribusian bahan US/M menjadi tanggung jawab Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.
  4. Pendistribusian bahan US/M menjadi tanggung jawabProvinsi, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Agama, dan Satuan Pendidikan.
  5. Pemusnahan paket soal US/M dilakukan paling lambat 1 (satu) bulan setelah pelaksanaan US/M berakhir oleh satuan pendidikan disertai Berita Acara.
  6. Ketentuan tentang penggandaan dan pendistribusian bahan US/M serta pemusnahan paket soal US/M diatur lebih lanjut dalam petunjuk teknis penggandaan dan pendistribusian yang ditetapkan oleh Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.
Baca Pos US SD 2016
Demikian tentang Kisi-Kisi US SD/MI 2016. Semoga bermanfaat

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top