1/10/2016

10 Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring ( KBBI Online ) Terpopuler

10 Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring ( KBBI Online ) Terpopuler- Sahabat pembaca, saat ini jumlah KBBI Online memang sudah sangat menjamur, sehingga memudahkan kita untuk memanfaatkannya. Berapa jumlah KBBI Daring?, wah banyak banget, sampai puluhan? oh lebih, sampai ratusan? oh lebih, sampai ribuan?, he he hitung sendiri ya sob. Pada judul artikel ini kok janggal ya?, masa terpopuler kok jumlahnya ada 10, hmm itu hanya sekedar judul saja biar Anda penasaran untuk membaca lebih lanjut,he he. Tentunya yang terpopuler ya hanya satu yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia Online yang resmi dari Kemdikbud ( KBBI Kemdikbud ).

Sahabat pembaca, dengan banyaknya KBBI online baik yang resmi dari kemdikbud maupun yang bukan resmi dari kemdikbud ( namun tidak berarti kbbi ilegal konotasi negatif loh ) karena bisa dicek bahwa kbbi yang bukan milik kemdikbud juga merujuk pada kbbi kemdikbud.

Di bawah saya tuliskan 1 KBBI online terpopuler dan 9 KBBI online yang populer  ssehingga menjadi "10 Kamus Besar Bahasa Indonesia Online Populer" sebagai berikut:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring/ KBBI Online Kemdikbud

10 Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring ( KBBI Online ) Terpopuler


Alamat Website Resmi untuk KBBI Kemdikbud yaitu http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/. Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) terbit pertama pada tanggal  28 Oktober 1988 yakni  saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia. Sejak itu KBBI telah menjadi sumber rujukan yang dipercaya baik di kalangan pengguna di dalam maupun di luar negeri. Setiap ada permasalahan tentang kata, Kamus Besar Bahasa Indonesi digunakan sebagai jalan keluar penyelesaiannya. Selain muatan isi, KBBI memang disusun tidak sekadar sebagai sumber rujukan, tetapi menjadi sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Oleh karena itu, rujukan tersebut kemudian semakin mengakar di dalam kehidupan berbahasa Indonesia walaupun upaya penyempurnaan isi tidak selamanya mengimbangi perkembangan kosakata bahasa Indonesia.

KBBI daring kemdikbud ini merupakan upaya penyediaan kemudahan akses terhadap Kamus Besar Bahasa Indonesia di mana pun, kapan pun, dan siapa pun selama dapat memanfaatkan jaringan teknologi informasi dan komunikasi. ( Sumber bacaan: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/ ).

Saat ini KBBI kemdikbud dijadikan rujukan juga oleh semua web KBBI online lainnya.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)- Kamus versi online/daring (dalam jaringan) 

Ini dia KBBI daring kategori populer, Anda tentu sudah pernah  memanfaatkan KBBI online yang alamat web resminya http://kbbi.web.id/  ini kan?, malahan mungkin sampai detik ini masih ada yang beranggapan bahwa kbbi ini adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia yang resmi milik pemerintah/kemdikbud.

Database Utama KBBI Daring ini mengacu pada KBBI Daring Edisi III / KBBI Kemdikbud, sehingga isi (kata dan arti) tersebut merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diluar data utama, KBBI online ini juga berusaha menambah kata-kata baru yang akan diberi keterangan tambahan dibagian akhir arti atau definisi dengan "Definisi Eksternal".

Aplikasi  KBBI ini merupakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (Daring/Dalam Jaringan ) yang dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata. KBBI ini  berusaha memberikan berbagai fitur lebih, seperti kecepatan akses, tampilan dengan berbagai warna pembeda untuk jenis kata, tampilan yang pas untuk segala perambah web baik komputer desktop, laptop maupun telepon pintar dan sebagainya.

3. Bersambung ...

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top