1/10/2016

Cara Praktis Mengatasi Lupa Kode Registrasi Dapodik Dapodikdas dan Dapodikmen

Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik-Dapodikdas-Dapodikmen 2016- Cara Praktis Mengatasi Lupa Kode Registrasi Dapodik Dapodikdas dan  Dapodikmen- Sahabat operator, jika Anda lupa kode registrasi dapodikdas/dapodikmen maka Cara Mendapatkan/Mengetahui Kode Registrasi Dapodik/Dapodikdas/Dapodikmen dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Ya memang lupa kode registrasi dapodik itu sangat wajar karena kodenya cukup sulit dihafalkan. Seperti saya sendiri selalu belum pernah hafal dengan kode registrasi dapodik, jadi jika membutuhkan kodenya ya dengan melihat arsip kodenya di laptop atau di catatan konsep pesan di handphone. Nah bagi Anda yang saat ini sedang lupa kode registrasi dapodik dan tidak punya arsip di mana pun, maka sebenarnya di laptop yang sudah terinstal aplikasi dapodikdas/dapodikmen Anda, bisa dicari data tentang kode registrasi dapodiknya dengan cara yang mudah dan praktis sebagai berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Lokal Disk C di Laptop Anda yang Terinstal Dapodikdas/Dapodikmen
Untuk membuka lokal disk C bisa Anda lakukan dari "Start" atau dari manapun Anda biasa membuka file Computer. Sebagai contoh, saya membuka dari "Start" saja.

a. Klik "Start" kemudian klik "Computer"

Cara Praktis Mengatasi Lupa Kode Registrasi Dapodik Dapodikdas dan Dapodikmen

b. Klik "Local Disk C "


2. Cari Data Dapodik dengan Membuka "Progam Files "

Buka Program Files Computer

Cari data dapodik Anda di program files, program files ( x 86 ), atau mungkin di program files dengan nama yang lainnya, intinya data dapodikdas/daodikmen Anda pasti ada di menu program files. Silakan klik menu "Program Files", pada contoh saya mengeklik "Program Files ( x 86 )".

3. Cari dan klik "Dapodikdas/Dapodikmen"

Dapodikdas

4. Buka "Webserver" Dapodikdas/Dapodikmen

Buka "Webserver" Dapodikdas/Dapodikmen

5. Buka "Logs"
Buka Logs Webserver Dapodik

6. Buka "access" maka akan terbuka access di notepad

Buka "access" maka akan terbuka access di notepad


7. Cari untuk Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik Anda


a. Pastikan kursor berada di halaman notepad access tersebut ( jika Anda sudah mengeklik access maka secara default kursor otomatis sudah berada di halaman notepad access )
b. Lakukan control F dengan menekan tombol CTRL + F di keyboard laptop Anda
c. Ketik kode_registrasi ( kode underscore/underline mark  _ registrasi )
d. Tekan tombol Enter atau klik "Find Next"

8. Kode Registrasi Dapodik sudah ditemukan


Sahabat operator, jika pada langkah ke-7 di atas Anda sudah mengetikan kata kunci dengan benar yakni kode_registrasi dan sudah menekan Enter atau mengeklik Find Next maka kode registrasi dapodikdas/dapodikmen Anda tentunya sudah terdeteksi atau sudah ditemukan, jika dalam 1 enter belum muncul, kemungkinan besar tertutup oleh kotak persegi "Find", coba geser kotak find tersebut ke atas/bawah/kanan/kiri.

Pada access dapodik di notepad tersebut kode registrasi dapodik tertulis dua kali, pastikan kode registrasi yang Anda salin adalah kode registrasi yang sebelumnya ada php? ( php?kode_registrasi). Praktisnya Anda bisa memasukkan kata kunci langsung dengan kata php?kode_registrasi, mengapa demikian?, karena ada kode registrasi jenis lain yakni kode registrasi yang tertulis setelah email contohnya : ( @gmail.com&kode_registrasi=94 ).

Sahabat operator sekolah, simpan baik-baik ya kode registrasi dapodiknya biar ga repot kalau sedang membutuhkan, he he. Namun misal Anda lupa lagi, cara mencarinya boleh dengan cara yang lebih praktis lagi yah karena kita sudah tahu bahwa kode registrasi dapodik tersimpan dengan rapi di local disk C, oleh karena itu kita bisa langsung pakai fungsi "Search" atau Search result saja lah biar lebih kilat dalam menemukan kode registrasi dapodikdas/dapodikmen. Yah hanya dengan beberapa klik langsung ketemu deh access di notepadnya dan langsung ke cara nomor 7 dan 8 seperti di atas.

search result access notepad

Sahabat operator, demikian cara mandiri untuk mendapatkan kode registrasi dapodik-dapodikdas/dapodikmen. Mudah dan praktis kan?he he, ya kan jadi ga nanya kode registrasi ke operator kecamatan dan atau ke operator dapodik kabupaten.Semoga bermanfaat

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top