5/09/2016

Cara Termudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA secara Online di Internet

Cara Termudah Cek atau Mencari NISN Siswa ( Peserta Didik )  SD, SMP, SMA secara Online di Internet- Bagaimana cara mengecek NISN berdasarkan nama dan/atau berdasarkan sekolah?_Nomor Induk Siswa Nasional disingkat NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud ). Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik ( NISN terdiri dari 10 digit ), standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. NISN dikatakan unik karena 3 digit nomor awal merupakan tahun lahirnya siswa yang bersangkutan, misalnya tahun lahir siswa adalah tahun 2004 maka 3 digit awalnya NISNnya yaitu 004 dan 7 digit kode unik di belakangnya. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id). Baca juga Cara Terbaru Mengajukan/Mendapatkan NISN Peserta Didik/Siswa Baru Kelas 1 SD lewat Dapodik_Verval PD Tahun Pelajaran 2016/2017

A. Cara Termudah Mengecek atau Mencari NISN Siswa SD, SMP, SMA secara Online di Internet

Sahabat pembaca, Anda bisa mengetahui NISN dengan cara mencari atau mengeceknya secara online di internet yakni pada alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id. Untuk mengecek/mencari NISN siswa SD/SMP/SMA secara online dapat dilakukan dengan dua cara yakni mencari NISN berdasarkan nisn dan mengecek/mencari NISN berdasarkan nama siswa lengkap dengan tanggal lahir dan tempat lahirnya. Apakah ada cara mengecek nisn berdasarkan sekolah?, ada , namun pengecekan nisn berdasarkan nama sekolah hanya bisa dilakukan oleh operator sekolah di vervalpd.data.kemdikbud.go.id

1.  Cara Mengecek NISN siswa SD/SMP/SMA berdasarkan NISN

Cara mengecek atau mencari NISN berdasarkan NISN ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, caranya sebagai berikut:

a. Kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data 

Cara Termudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA secara Online di Internet
b. Masukkan NISN Siswa ke kolom yang tersedia

c. Klik tombol "Cari"

d. Lihat Hasilnya 
Hasil Pencarian NISN beradasarkan Nomor Induk Siswa Nasional
Hasil Pencarian NISN Berdasarkan NISN Siswa

Setelah Anda mengeklik tombol "cari", maka akan tampil hasil pencarian untuk NISN yang Anda masukkan dengan keterangan Info Siswa :
  • NISN siswa
  • Nama Siswa
  • Jenis Kelamin
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
2. Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa, Tanggal Lahir, dan Tempat Lahirnya

Cara Mencari NISN berdasarkan nama dan tanggal lahir beserta tempat tanggal lahir siswa merupakan cara alternatif jika Anda lupa atau tidak tahu NISNnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

a. Kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data 
Cara mencari NISN berdasarkan nama siswa

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir Siswa serta Tempat Lahir
  • #1). Klik menu " Pencarian Berdasarkan Nama
  • #2). Masukkan nama Siswa
  • #3). Masukkan Tempat Lahir
  • #4. Inputkan tanggal-bulan-tahun lahir dengan format tanggal/bulan/tahun, contoh 15/03/2003
  • #5). Klik Cari
b. Lihat dan Cek Hasilnya


Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa
 Hasil Pencarian NISN Berdasarkan Nama Siswa

Setelah Anda mengeklik tombol "Cari", maka akan tampil hasil pencarian NISN berdasarkan nama dengan keterangan sebagai berikut :
  • NISN
  • Nama Siswa
  • Jenis Kelamin
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
Nah sekarang Anda sudah berhasil mengetahui NISN dan kevalidan data yang ada, jika belum valid, Anda bisa menghubungi operator sekolah Anda untuk membetulkannya.

Apakah NISN itu penting?, silakan baca tujuan dan manfaat NISN di bawah ini :

B. Tujuan dan Manfaat NISN

Tujuan dan Manfaat NISN adalah sebagai berikut :

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik ( Dapodikdasmen ) dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa PIP.

Bagaimana cara memperoleh NISN ?, lanjutkan membaca di poin C :

C. Cara Memperoleh NISN

Siswa baru di sekolah SD akan memperoleh NISN dari sekolahnya. Di mana,  Operator Sekolah akan melakukan pengajuan NISN untuk siswa baru di sekolahnya. Pengajuan NISN dilakukan lewat pengajuan di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Adapun jika ada siswa SMP dan SMA yang belum memiliki NISN juga bisa diajukan oleh Operator Sekolahnya melalui verval pd tersebut.

NISN yang diperoleh di verval pd tersebut akan tersingkron dengan aplikasi dapodik baik dapodikdas maupun dapodikmen ( dapodikdasmen ) setelah operator sekolah melakukan verifikasi dan validasi di vervalpd. data,kemdikbud.go.id tersebut.

NISN berlaku sejak peserta didik berada di jenjang pendidikan Sekolah Dasar sampai SMP dan SMA.

Mengapa Anda melakukan pengecekan/pencarian NISN?, mungkin salah satu alasan Anda mengecek/mencari NISN ada di salah satu penyebab-penyebab di bawah ini :

D. Penyebab Siswa/Guru/Operator Sekolah/Orang Tua Wali Mengecek atau Mencari NISN

Sahabat pembaca, banyak penyebab seorang siswa/guru/operator sekolah/orang tua wali melakukan pengecekan atau pencarian NISnya/siswanya/anaknya. Alasan-alasan pengecekan atau pencarian NISN Siswa.

1. Penyebab Operator Sekolah/Guru Melakukan Pengecekan NISN

a. Jika di suatu sekolah ada siswa baru, khususnya saat tahun ajaran baru, maka setelah operator sekolah menginput data siswa baru/mutasi ke aplikasi dapodikdas/dapodikmen,  seorang operator sekolah akan mengecek tahap awal yang merupakan proses verval atau pengajuan pembuatan NISN baru.

b. Pengecekan NISN oleh Operator Sekolah dapat dilakukan kapan saja apabila NISN siswa di sekolahnya dirasa perlu dicek kevalidannya, misalnya saat siswa akan mengikuti Ujian Sekolah atau Ujian Nasional maka operator sekolah biasanya mengecek keabsahan NISN-nya para calon peserta US/UN.

2. Penyebab Guru SMP/Operator Sekolah SMP dan Siswa SMP melakukan Pengecekan dan Pencarian NISN

a. Operator Sekolah SMP perlu mengecek kevalidan NISN para siswa baru di sekolah tersebut agar jika ada NISN yang belum valid bisa segera dibetulkan melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id

b. Jika ada siswa baru yang lupa akan NISN-nya maka operator sekolah SMP dapat melakukan pencarian NISN secara online berdasarkan nama siswa, jadi tidak perlu menanyakan kartu NISN ke pihak SDnya siswa yang bersangkutan.

c. Jika Siswa SMP lupa NISN-nya maka  bisa melakukan pengecekan atau pencarian NISN-nya secara mandiri dan online  di internet

3. Penyebab Operator Sekolah SMA dan Siswa SMA melakukan Pengecekan dan Pencarian NISN

a. Operator Sekolah SMA perlu mengecek kevalidan Nomor Induk Siswa Nasional para siswa baru di sekolah tersebut agar jika ada NISN yang belum valid bisa dibetulkan melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id

b. Jika ada siswa baru yang lupa akan NISN-nya maka operator sekolah SMA dapat melakukan pencarian NISN secara online berdasarkan nama siswa, jadi tidak perlu menanyakan kartu NISN ke pihak SD atau SMPnya siswa yang bersangkutan.

c. Jika Siswa SMA lupa NISN-nya maka  bisa melakukan  pencarian NISN-nya secara mandiri dan online  di internet

4. Penyebab Orang Tua Siswa/Wali Mengecek atau Mencari NISNnya anaknya

a. Semua  Orang Tua Siswa/Wali siswa bisa melakukan pengecekan NISNnya anaknya secara online di internet yakni di alamat http://verval.pd.data.kemdikbud.go.id/. Orang Tua Siswa perlu melakukan pengecekan NISN untuk memastikan kevalidan data yang ada.

b. Jika Kartu NISN hilang atau Siswa lupa akan NISNnya, maka orang tua siswa/wali bisa mencarikan NISN anaknya tersebut secara online.

Kesimpulan:
Di website http://verval.pd.data.kemdikbud.go.id/, Anda bisa:
  • mencari NISN berdasarkan NISN
  • mencari NISN berdasarkan nama, tanggal lahir, dan tempat lahir
  • mencari NISN siswa SD/SMP/SMA
  • mencari NISN siswa yang sudah lulus ( Alumni )
  • mencari NISN siswa baru
  • mencari NISN siswa lama

Demikian artikel tentang Cara Termudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA secara Online di Internet. Semoga bermanfaat

Artikel Pilihan

6 komentar

knapa sulit tuk bukanya tuk mencari nisn,tlg dong

Pastikan semua data yang dimasukkan benar pak.

untuk hari ini gak bisa dibuka -_- "The requested service is temporarily unavailable. It is either overloaded or under maintenance. Please try later."

terimakasih sudah berbagi informasi tentang Cara Termudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA secara Online di Internet

kenapa kog tidak bisa muncul ???

ada beberapa anak tidak valid/ terekam bagaimana solusinya




Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top