Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudut Pandang Pendidikan secara Historis, Filosofis, Sosiologis, Psikologis, dan Religius

Sudut Pandang Pendidikan secara Historis Filosofis Sosiologis Psikologis dan Religius- Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak ( belajar sendiri ).Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang. Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan (Ngalim Purwanto, 2002:11).

Sudut Pandang Pendidikan secara Historis, Filosofis, Sosiologis, Psikologis, dan Religius

Sudut Pandang Pendidikan secara Historis, Filosofis, Sosiologis, Psikologis, dan Religius

1. Sudut Pandang Pendidikan secara Historis
Arti Historis menurut KBBI:
  • berkenaan dengan sejarah; bertalian atau ada hubungannya dengan masa lampau; 
  • bersejarah
Sudut pandang secara historis mengarah pada keingintahuan mengenai bagaimana pemikiran para pendahulu kita dari masa ke masa tentang pendidikan.

2. Sudut Pandang Pendidikan secara Filosofis
Berdasarkan filsafat, sudut pandang pendidikan mengarah pada kegiatan belajar tentang bagaimana manusia memikirkan kehidupan secara keseluruhan, apakah kehidupan yang baik, dan bagaimana pendidikan dapat membantu mencapainya.

3. Sudut Pandang Pendidikan secara Sosiologis
Berdasarkan sosiologi, sudut pandang pendidikan mengarah pada keingintahuan mengenai bagaimana dampak masyarakat pada pertumbuhan anak, apakah kekuatan-kekuatan belajar di luar sekolah (keluarga dan lngkungan masyarakat), termasuk pengaruh media elektronik dan internet.

4. Sudut Pandang Pendidikan secara Psikologis
Berdasarkan psikologi, sudut pandang pendidikan mengarah pada keingintahuan tentang hal yang terjadi apabila belajar terjadi dan apa yang harus dilakukan seseorang untuk menjadikan belajar terjadi setiap hari di dalam kelas maupun di luar kelas.

5. Sudut Pandang Pendidikan secara Religius
Berdasarkan keagamaan, sudut pandang pendidikan mengarah pada keingintahuan tentang bagaimana nilai-nilai religius dapat selalu menjiwai proses pendidikan.

Demikian tentang Sudut Pandang Pendidikan secara Historis, Filosofis, Sosiologis, Psikologis, dan Religius. Semoga bermanfaat.