Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Terbaik dalam Mendidik Bayi Agar Menjadi Cerdas dan Pintar

Cara Terbaik dalam Mendidik Bayi Agar Menjadi Cerdas dan Pintar_Apakah kita bisa membuat anak kita pintar sejak bayi? Bagaimana caranya? Nah, pada kesempatan ini, kita akan memberi sedikit informasi yang tentunya akan berguna bagi Anda untuk mendidik anak-anak Anda menjadi seorang yang cerdas sejak bayi. Setiap orangtua tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tapi cara yang tepat untuk mendidiknya masih belum banyak yang mengetahui.
10 Cara Terbaik dalam Mendidik Bayi Agar Menjadi Cerdas dan Pintar
Salah satu penelitian ilmiah menyebutkan bahwa sentuhan seorang ibu dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Tentu hal ini dapat diperoleh sejak bayi baru lahir dengan cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan adanya kontak skin to skin yaitu dari kulit ibu ke kulit bayi tanpa penghalang apapun.

Berikut beberapa cara mendidik bayi supaya menjadi pintar dan cerdas:
1. Menyusui sampai usia 24 bulan
Dengan menyusui anak sampai usia 2 tahun dan memberikan susu secara bergantian (payudara kanan-kiri), dipercaya dapat merangsang impuls perkembangan otak bayi.

2. Banyaklah bicara pada bayi Anda
Kegiatan ini dapat membuat bayi mendengar, mengingat, merasakan, dan mengenali sehingga aspek kognitif dapat berkembang secara baik.

3. Ajak bermain
Kegiatan ini dapat mempercepat proses belajar anak serta mengembangkan potensi sosialnya.

4. Bernyanyi dan mendengarkan musik
Pilihkan musik yang unik dengan tempo yang energik sehingga anak bisa terangsang untuk bergerak-gerak sesuai dengan iramanya.

5. Ajak bayi Anda jalan-jalan
Tidak perlu jauh dari rumah, Anda bisa mengajaknya keluar untuk sekedar melihat taman-taman di sekitar rumah pada pagi hari atau sore hari. Dia akan melihat banyak banyak orang dan dapat merangsang mental dan sosialisasinya.

6. Temani bayi saat menonton TV
Saat melihat berbagai macam tayangan di Televisi, tentu bayi akan berinteraksi serta membantu minat belajarnya. Dan hal ini memerlukan pendampingan Anda sebagai orangtua.

7. Kehangatan dan kebahagiaan orang tua
Penelitian menunjukkan bahwa kondisi emosional dapat berpengaruh pada perembangan kognitif bayi serta keterampilannya

8. Biarkan orang lain berinteraksi dengan bayi Anda
Selama Anda mengenal orang tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir untuk membiarkan orang tersebut berinteraksi dengan bayi Anda, misalnya dengan menggendong atau pun mengajaknya bermain.

9. Perkenalkan lebih dari satu bahasa
Hal ini bukan berarti membingungkan bayi Anda tapi justru akan merangsang daya ingat pada otak bayi Anda.

10. Latih bayi Anda   
Latihlah bayi Anda secara teratur sesuai dengan perkembangan usianya, misal saat dia sudah mulai merangkak, maka latihlah perlahan, atau saat usianya sudah di atas 6 bulan, latihlah bayi Anda untuk makan bubur saring, bubur susu, dan lain-lain.

Kecerdasan bayi tidak hanya dari faktor genetik. Melainkan dengan cara melatihnya secara teratur tentu masih dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak bayi.

Demikianlah cara untuk mendidik bayi supaya menjadi pintar dan cerdas. Semoga bermanfaat