3/27/2016

8 Cara Mendidik Anak agar Menjadi Kreatif

Cara Ampuh Mendidik Anak agar Kreatif- Melihat si kecil aktif bergerak, banyak bertanya, dan memiliki keterampilan tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi para orangtua. Namun, melihat buah hati yang hanya berdiam, malu, dan minder saat bermain dengan teman-temannya pasti dapat menjadi beban bagi orangtuanya. Anak-anak yang mempunyai kreativitas tinggi yaitu karena adanya peran dari orangtua yang membantu dan membimbingnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mendidik anak dengan cara yang baik dan benar agar kreativitas dan kecerdasan anak dapat terangsang serta lebih meningkat seiring perkembangan usianya.

Cara Ampuh Mengajari Anak agar Lebih  Kreatif
Sedangkan anak yang minder dan malu saat bersosialisasi adalah karena pengaruh dari sikap orang tua yang kurang tepat. Misalnya orangtua yang selalu memarahi, mengolok-olok atau mengejek saat anak melakukan kesalahan. Sehingga dia menjadi takut untuk berkreasi dan cenderung memendam apa yang sebenarnya ia inginkan. Lalu bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kreativitas anak? Berikut kita sajikan beberapa poin penting untuk Anda.

1. Sabar dan tekun
Jangan pernah bosan untuk mengingatkan, meluruskan, dan menasehati anak. Karena biasanya anak-anak cenderung mengulangi kesalahan yang sama. Terus dampingi anak Anda setiap hari agar Anda tahu bagaimana perkembangan mereka.

2. Jangan membatasi tempat bermainnya
Melarang anak bermain diluar dapat membuatnya minder saat berinteraksi dengan dunia luar. Biarkan mereka bermain di luar rumah dan berinteraksi dengan banyak teman, yang tentunya masih di bawah pengawasan Anda.

3. Membuat kerajian tangan bersama
Membuat karya seni seperti origami, menggambar, melukis, atau mewarna dapat melatih kreatifitas anak. Yaitu dia bisa mengasah ide-idenya untuk membuat sesuatu yang baru atau sesuatu yang mereka sukai.

4. Bermain dengan boneka
Bermain boneka dengan cara seolah-olah boneka tersebut bisa bicara juga dapat menambah kreatifitas anak Anda serta melatih bahasa yang ia gunakan.

5. Tingkatkan perbendaharaan kata
Cara ini dapat dilakukan dengan banyak bercerita kepada anak atau membacakan cerita setiap dia mau tidur. Adanya komunikasi yang sering dapat membuat anak lebih mengenal banyak kata.

6. Liburan yang kreatif
Liburan kreatif yang dapat dilakukan bersama dengan anak misalnya dengan pergi ke suatu tempat, seperti  kebun binatang, dan lain-lain sehingga pengetahuan anak semakin bertambah.

7. Melatih ketelitian anak
Melatih anak untuk mengetahui sesuatu yang lebih detail akan membantunya untuk lebih termotivasi dan ingin mengenal sesuatu secara lebih tentang apa yang sudah mereka ketahui maupun yang belum mereka ketahui.

8. Jangan terlalu serius dalam mendidik
Gurauan kecil dalam suatu keluarga dapat membuat mereka bisa lebih ekspresif terutama pada sesuatu yang mereka minati atau yang sesuai dengan bakatnya.

Jadi, untuk meningkatkan perkembangan seorang anak terutama kreatifitasnya, kita perlu menerapkan beberapa cara yang tepat dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Agar anak bisa bebas berkreasi sesuai dengan bakat dan minatnya.

Demikian tentang Cara Mendidik Anak agar Kreatif. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan

1 komentar:

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top