Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mendidik Anak dengan Baik dan Benar agar Kelak menjadi Orang Sukses, Berbakti pada Orang Tua, Agama, serta Bangsa

Cara Mendidik Anak dengan Baik dan Benar agar Kelak menjadi Orang Sukses, Berbakti pada Orang Tua, Agama, serta Bangsa- Anak adalah tumpuan harapan bagi semua orangtua. Apapun akan orang tua lakukan untuk kebahagiaan sang anak, dan masa depannya kelak. Semua orang tua pasti sangat berharap, anaknya menjadi orang  sukses suatu saat kelak. Untuk itu setiap orang tua pasti akan melakukan berbagai cara demi menemukan cara mendidik anak dengan baik dan benar.

3 Cara Mendidik Anak dengan Baik dan Benar agar Kelak menjadi Orang Sukses, Berbakti pada Orang Tua, Agama, serta Bangsa

Memang tidaklah mudah menemukan cara mendidik anak yang baik dan benar , justru seringkali yang terjadi  adalah sebaliknya. Karena rasa sayang berlebihan, seringkali kita memanjakannya dan menuruti semua kemauannya, tanpa mendidik rasa tanggungjawab sejak dini, hingga akhirnya saat dia besar, dia tidak bisa mandiri dan tetap bergantung pada orang tuanya. Walaupun dengan cara memanjakan bukanlah cara mendidik yang baik, mendidik anak dengan kekerasan fisik juga bukan lah cara mendidik anak yang baik, justru akan terjadi trauma serta efek psikis yang kurang baik yang mana hal tersebut bisa jadi membatasi potensi diri si anak.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan benar , yang bisa membuatknya berhasil jadi orang sukses saat dewasanya kelak?

Berikut ada ada beberapa tips yang bagus dalam mendidik anak agar kelak menjadi anak pandai, berbakti pada orang tua dan juga taat beragama.

1. Tanamkan Kejujuran dan Segala Kebaikan Sejak Dini.
Hal ini sangatlah penting, dan merupakan bagian dari cara mendidik anak yang baik. Terlebih jika di lakukan mulai saat anak berusia balita. Karena di masa-masa tersebut justru otaknya lebih peka dan gampang menyerap sesuatu. Berbagai pengalaman baru yang dia dapatkan, akan mudah terekam dan membentuk karakternya. Untuk itu sangat disarankan, di sela-sela bermain tanamkan rasa kejujuran ini buat si dia, agar kelak seiring bertumbuh kembangnya usia, dia akan semakin mengerti dan tahu mana yang benar dan yang salah.

2. Menghukum Anak dengan Kekerasan Bukanlah Cara yang Baik dalam Mendidik Anak.
Tidak jarang kita merasa sangat kesal atau sudah seperti habis rasa kesabaran tatkala melihat anak kita mengulangi dan mengulangi lagi kesalahan yang sama yang pernah dilakukan sebelumnya. Karena sangat kesal tak jarang kita reflek mencubit atau bahkan memukulnya. Entah apapun yang kita gunakan buat memukulnya, baik itu dilakukan dengan keras atau pelan, semua itu bukan lah cara mendidik anak yang baik. Justru yang terjadi bukan hanya fisiknya saja yang terluka melainkan juga jiwanya. Dan jika hal tersebut sering kita lakukan maka tidak menutup kemungkinan timbul bibit-bibit perasan berontak yang seiring berjalannya waktu bisa membuat kondisi psikisnya labil dan membentuk karakter yang buruk padanya.

3. Menyayangi Anak Bukan Berarti Menuruti Semua Keinginannya.
Mencintai dan menyayangi seorang anak  adalah hal yang wajar bagi setiap orang tua.  Tapi rasa sayang yang diberikan haruslah tetap mengedepankan pendidikan yang baik . Jangan turuti semua kemauan anak anda tanpa berpikir sebab dan akibat buat masa depannya kelak. Beri pengertian dengan sabar, dengan bahasa tubuh yang membuat anak merasa nyaman, saat dia melakukan sesuatu yang tidak benar.

Sebenarnya, metode atau cara mendidik anak dengan baik dan benar, tidaklah sulit jika kita orang tua bisa bersikap sabar dan selalu senantiasa bersikap dewasa dalam segala hal. Selalu kasih contoh yang baik, terlebih melalui perbuatan agar anak melihat dan menirunya sehingga saat besar nanti karakter itulah yang membentuknya.

Baca juga:
Demikian 3 dari berbagai cara mendidik anak dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat