Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Sarana Penunjang Suksesnya Pendidikan

Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Sarana Penunjang Pendidikan- Di era modern seperti saat ini teknologi sudah merambah di berbagai bidang, mulai dari bidang ekonomi, sosial, industri pertanian, dan tak terkecualidi bidang pendidikan. Di bidang pendidikan pendayagunaan teknologi akhir-akhir ini semakin dioptimalkan, pemanfaatan teknologi sebagai sarana penunjang pendidikan ini sebagai salah satu terobosan baru agar siswa semakin giat dalam belajar.
Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Sarana Penunjang Pendidikan
Contoh penggunaan teknologi sebagai sarana penunjang pendidikan adalah adanya website bagi sekolah. Seakan ingin tampil“kekinian”dewasa ini tiap sekolah saling berlomba untuk menyajikan website yang bagus dan berkualiatas.

Adanya website bagi sekolah ini dirasa sangat membantu baik untuk siswa maupun untuk pihak sekolah sendiri. Salah satu keuntungan yang bisa didapat apabila sekolah memiliki website adalah sekolah bisa mengirim serta menerima informasi dari berbagai pihak dengan mudah.

Website Sekolah sebagai Sarana Penunjang Pendidikan
Dalam website sekolah biasanya berisikan beberapa kolom atau rubik-rubik khusus, ada kolom untuk sekolah, di kolom ini biasanya berisi tentang profile sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah, visi misi sekolah dan juga segala macam info yang berkaitan dengan sekolah tersebut.

Kemudian ada kolom guru, pada kolom guru ini biasanya diisi dengan tulisan-tulisan atau artikel yang ditulis oleh guru, hal ini sangat bernilai positif karena dengan adanya kolom guru di website sekolah ini bisa memfasilitasi serta memotivasi guru untuk berkarya lewat tulisan.

Yang ketiga bisa diisi dengan kolom tugas untuk siswa, disini akan sangat memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada siswa, entah itu tugas mengerjakan PR, membaca, ataupun yang lainnya.

Pada kolom ini guru juga bisa megisinya dengan materi yang akan atau sudah diajarkan, seperti slide power point materi, video materi dan juga media pembelajaran lainnya. Dan sebagai pelengkap dalam website sekolah bisa diisi dengan kolom untuk alumni, jika dikelola dengan baik adanya alumni ini akan sangat membantu kemajuan sekolah.

Tentu jika sudah tamat sekolah bidang yang ditekuni alumni akan berbeda-beda, dan hal inilah bisa menjadi salah satu sarana yang efektif untuk membantu mengembangkan sekolah, alumni bisa menjadi donatur, bisa menjadi fasilitator jika ada pelatihan-pelatihan untuk siswa, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, adanya website sekolah juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana informasi yang efektif dari sekolah ke orang tua siswa. Sekolah bisa menampilkan presensi kehadiran siswa secara online kedalam website yang disitu orang tua bisa memantau sendiri berapa kali anaknya masuk dan berapa kali anaknya tidak hadir kesekolah.

Cara membuat website sekolah inipun tergolong mudah, jika pihak tidak ada yang bisa membuat saat ini sudah terdapat banyak sekali jasa pembuatan website, pihak sekolah bisa memanfaatkan penyedia jasa ini.

Persyaratan yang harus dilengkapi sekolah untuk membuat websitepun tidak rumit, pihak sekolah cukup menyiapkan akta sekolah, KTP kepala sekolah, surat permohonan, surat kuasa dan juga KTP yang diberi kuasa untuk mengelola website. Syarat tersebut adalah sebagai syarat pembuatan domain resmi web sekolah yakni domain sch.id

domain-sch-id
Dengan melampirkan beberapa persyaratan tersebut sekolah akan mendapatkan alamat domain Sch.id. Alamat atau nama website tersebut bisa dipilih sesuai dengan keinginan sekolah.

Pihak sekolah bisa membeli atau menyewa domain di layanan penyedia domain, salah; satu penyedia domain, silakan Cek Langsung Domain Sekolah Anda. Harganya sangat murah kok,saat ini hanya Rp 55.000; per tahun.

Baca juga Cara Membuat Web Sekolah Gratis 

Demikian tentang Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Sarana Penunjang Pendidikan. Semoga bermanfaat.