22/06/17

Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Sangat Penting dan Berdampak Besar pada Masa Depan Anak?

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini- Pendidikan anak usia dini atau yang lebih dikenal dengan istilah PAUD adalah proses penting pembelajaran awal pada anak di usia dini mereka. Pendidikan anak saat masih memasuki PAUD sebagai awal pembelajaran serta pengenalan anak untuk mengerti  dan memahami lingkungan sekitarnya. Pendidikan di jenjang ini juga merupakan cikal bakal yang akan membentuk watak serta karakter seorang anak.

Pendidikan Anak Usia Dini

Di sini mereka diajari tentang bersosialisasi, memupuk keberanian, rasa percaya diri dan juga sebagai langkah awal menggali potensi atau bakat alami yang dimilikinya. Jadi bisa dibilang, pendidikan anak usia dini sangat penting dalam tumbuh kembang serta masa depannya kelak.

Kenapa Pendidikan Anak Usia Dini Penting Bagi Perkembangan Anak?
Dari hasil penelitian, sekitar 50% kecerdasan orang yang telah dewasa ,mulai terlihat saat anak tersebut berusia 4 tahun. Dan kemudian dilanjutkan hingga 80% ketika sang anak berumur 8 tahun.

Pada saat itu terjadi perkembangan pesat pada jaringan otaknya. Dan yang terakhir yaitu di usia 18 tahun, yang mana pada saat tersebut, semua kecerdasan ataupun potensi dalam dirinya mengalami masa-masa puncaknya.

Setelah umur tersebut, walaupun di upayakan dengan segala  perbaikan nutrisi sekalipun, akan sengat kecil pengaruhnya , bisa merubah atau berpengaruh pada perkembangan kognitifnya.

Jika ditilik dari situ, tentunya kita sudah punya gambaran bahwa perkembangan yang terjadi di 4 tahun pertama sang anak sangat menentukan terhadap perkembangannya kelak saat dewasa.

Terutama perkembangan di intelektualnya. Jadi di usia dini atau saat umur 4 tahun tersebut merupakan kesempatan emas, yang cuma sekali dalam hidupnya, yang tentunya sangat sayang bila tidak benar-benar dikembangkan atau diarahkan seoptimal mungkin.

Selain tentang masa depannya saat dewasa kelak, pendidikan anak saat usia dini, juga  memberikan sisi positif sehubungan dengan persiapan anak dalam menghadapi masa depan terdekatnya, yaitu memasuki masa sekolah.

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini
Tujuan utamanya PAUD adalah membentuk seorang anak berkualitas, yaitu anak yang bisa tumbuh serta berkembang sesuai tingkat perkembangannya, sehingga diharapkan bisa memiliki kesiapan yang lebih optimal dalam memasuki pendidikan yang sebenarnya, yaitu sekolah dasar.

Selain itu, seperti yang telah dibahas di atas, pendidikan PAUD ini juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan saat dewasanya kelak.

Pada lembaga PAUD atau pendidikan anak usia dini yang berkualitas bagus, anak-anak bisa belajar menjadi pribadi mandiri, kuat dalam bersosialisasi, mempunyai  rasa percaya diri, rasa keingin tahuan yang besar, mempunyai ide dan berusaha mengembangkannya.

Selain itu, beberapa kemajuan lain yang merupakan dampak dari pendidikan PAUD adalah kemampuan dalam beradaptasi. Baik beradaptasi dengan linkungan, Guru-Gurunya, maupun dengan teman-teman sekelasnya.

Baca juga Bolehkah Mengajarkan Materi Calistung (baca, tulis, hitung) pada Anak Usia Dini?

Demikian tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Semoga bermanfaat.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top