4/08/2016

Alur Sertifikasi Guru Pola SG-PPG selama 6 Bulan Mekanisme Model In On In On

Update 15 April 2016- Sertifikasi Guru melalui pola SG PPG diberlakukan bagi guru yang diangkat mulai Januari tahun 2016. Berapa lama proses in on in on sampai dengan ujian sergur pola PPG tahun 2016?, sertifikasi guru pola SG-PPG selama sekitar 6 bulan dibagi menjadi beberapa tahapan yakni dengan mekanisme in on in on. Ya proses ini sangat berbeda dengan sergur pola portofolio dan PLPG. Di mana pola portofolio hanya mengumpulkan berkas dan PLPG hanya mengikuti pelatihan selama sekitar 10-13 hari. Bagaimana tahapan in on in on itu dalam sergur?, mari kita perhatikan diagram alur sergur pola PPG di bawah ini.
Alur Sertifikasi Guru Pola SG-PPG selama 6 Bulan Mekanisme In On In On

Alur Sertifikasi Guru Pola SG-PPG selama 6 Bulan Mekanisme In On In On1. Guru berkualifikasi akademik minimal S-1/D-IV (linearitas dengan S1 dan mapel UKG) dan memiliki skor UKG 2015 minimal 55, mengumpulkan dokumen ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota untuk diverifikasi sebagai persyaratan untuk mengikuti seleksi administrasi.

2. Guru yang memenuhi persyaratan administrasi mengikuti tes masuk sebagai peserta SG-PPG di LPTK. Bagi guru yang lulus tes masuk SG-PPG selanjutnya mengikuti tahapan in on in on selama kurang lebih 6 bulan:
a. in pertama: peserta sertifikasi guru mengikuti  workshop tahap I selama 20 hari ( 10 SKS ) di LPTK. (Sebelum mengikuti workhsop tahap I, guru melakukan identifikasi problematika pembelajaran di sekolah masing masing)

b. on pertama: peserta sergur pulang dan melaksanakan Pogram Pengalaman Lapangan (PPL) tahap I di tempat tugas/unit kerja selama 1,5 bulan.
.
c. in kedua: peserta sergur berangkat ke LPTK lagi untuk mengikuti  workshop tahap II selama 25 hari.

d. on kedua: peserta sergur melaksanakan PPL tahap II selama 2 bulan. yang nanti akan di bahas dalam workshop tahap II.

3. Setiap tahapan diakhiri dengan uji kompetensi yaitu ujian tertulis 1, ujian kinerja 1, ujian tertulis 2, ujian kinerja 2, dan diakhir seluruh tahapan peserta mengikuti ujian tertulis nasional secara online.

4. Peserta yang tidak lulus setiap ujian sebagaimana dimaksud pada point 3, dapat mengulang sebanyak dua kali. Jika tidak lulus pada ujian ulang kedua, peserta dikembalikan ke dinas pendidikan untuk mendapatkan pembinaan dalam rangka pengembangan diri.

5. Peserta yang tidak lulus ujian tertulis nasional ulang kedua dapat mengikuti ujian tertulis nasional pada periode berikutnya sampai masa studinya berakhir (3 tahun).

6. Peserta yang lulus uji kompetensi SG-PPG berhak mendapat sertifikat pendidik.

Demikian tentang Alur Sertifikasi Guru Pola SG-PPG selama 6 Bulan Model In On In On
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top