4/15/2016

Calon Peserta Sertifikasi Guru 2016 Pola SG-PPG Dipastikan Masuk Pola PLPG Gratis

Sertifikasi Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG) sudah positif belum jadi diberlakukan di tahun 2016 sehingga Calon Peserta Sertifikasi Guru Pola SG PPG Dipastikan Masuk Sergur Pola PLPG. Jadi semua guru di bawah naungan kemdikbud yang diangkat dalam kurun waktu sebelum tanggal 31 Desember 2005 sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 semuanya masuk kuota sertifikasi guru jalur pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang biayanya ditanggung oleh pemerintah, sehingga semua peserta PLPG dapat mengikutinya secara GRATIS. Asyik deh, jadi tidak membayar 15 juta.

Calon Peserta Sertifikasi Guru 2016 Pola SG-PPG Dipastikan Masuk Pola PLPG Gratis
Berdasarkan info di web resmi kemdikbud, bahwa saat ini masih ada 555.467 guru yang belum bersertifikat pendidik yakni para guru yang diangkat sebelum 31 Desember 2005 - 31 Desember 2015. Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Dirjen GTK) Bapak Sumarna Surapranata, karena banyaknya guru yang belum sertifikasi tersebut, maka pemerintah merencanakan membagi menjadi 4 gelombang sertifikasi guru pola PLPG, di mana gelombang pertama akan dilaksanakan pada tahun 2016, gelombang kedua pada tahun 2017, gelombang ketiga pada tahun 2018, dan gelombang keempat atau yang terakhir akan dilaksanakan pada tahun 2019. Dengan demikian pada tahun 2019 sertifikasi guru bagi guru yang diangkat sebelum 31-12-2005 sampai dengan 31-12-2015 ditargetkan sudah TUNTAS.

Seperti info yang dilangsir dari web kemdikbud, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Bapak Sumarna Surapranata mengatakan, kebijakan tersebut diambil pada Senin, tanggal 11 April 2016 dan sudah disepakati Rabu, tanggal 13 April 2016 dengan forum rektor perguruan tinggi negeri di Universitas Negeri Jakarta.

Dengan adanya kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tersebut, tentunya menjadikan para calon peserta SG-PPG menjadi sangat senang dan lega bisa masuk pola PLPG yang GRATIS. Selamat tinggal SG-PPG dengan biaya Rp 15.000.000; ( Lima Belas Juta Rupiah )

Bagaimana dengan calon peserta sertifikasi guru 2016 pola SG-PPG ( sebelum ada kebijakan ini) yang sudah terlanjur membuat pakta integritas, di mana dalam pakta integritas tersebut calon peserta sergur menyatakan sanggup membiayai PPG sendiri?

Terkait Pakta Integritas yang mencantumkan bahwa calon peserta sertifikasi guru untuk jalur SG-PPG (Sertifikasi Guru-Pendidikan Profesi Guru) harus membiayai sendiri, Bapak Sumarna Surapranata mengatakan hal tersebut akan direvisi sambil menunggu Surat Edaran dari Dirjen GTK Kemendikbud. SG-PPG dengan pembiayaan sendiri hanya diberlakukan bagi guru baru, yakni mereka yang mulai menjadi guru/diangkat pada tahun 2016. Sumber: kemdikbud.go.id

Demikian sekilas info tentang Calon Peserta Sertifikasi Guru 2016 Pola SG-PPG Dipastikan Masuk Pola PLPG Gratis. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top