4/10/2016

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK Ganda di Verval PTK

Cara Memperbaiki NUPTK Ganda di Verval PTK Kemdikbud- Apa penyebab NUPTK ganda dan bagaimana cara mengatasi NUPTK ganda pada Verval PTK?. Penyebab NUPTK seorang PTK bisa ganda seringnya karena PTK atau guru dimutasi. Selain itu NUPTK ganda juga bisa disebabkan karena seorang guru mengajar di 2 sekolah atau lebih. Jadi NUPTK tampil di verval PTK di dasbor sekolah induk dan non induk. Apa akibatnya jika NUPTK ganda dan tidak diperbaiki?, salah satu akibat dari munculnya NUPTK ganda yaitu tidak bisa diterbitkannya SKTP bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.
Cara Mudah Memperbaiki NUPTK Ganda di Verval PTK

Cara Mengatasi NUPTK Ganda pada Verval PTK
NUPTK ganda dapat diketahui oleh operator sekolah ketika login di verval ptk. Selain operator sekolah, admin NUPTK juga bisa mengetahui NUPK ganda. Ada 3 jenis status NUPTK yakni valid, invalid, dan ganda. Jika di suatu sekolah ada PTK yang NUPTKnya ganda, maka bisa diperbaiki dengan cara mengajukan perbaikan data NUPTK ke admin NUPTK kabupaten/kota.

Adapun data yang harus disetorkan oleh PTK yang NUPTKnya ganda melalui operator sekolah ke admin NUPTK kabupaten/kota yaitu sesuai permintaan admin kabupaten. Jadi langkah-langkah pembetulan NUPTK ganda oleh operator sekolah sebagai berikut:

1. Lakukan login di verval ptk. Baca Cara Login di Verval PTK
2. Jika ada PTK yang NUPTKnya ganda, segera hubungi Admin NUPTK kabupaten/kota lewat operator kecamatan dan/atau langsung.
3. Lengkapi data yang diminta oleh admin kabupaten/kota.
4. Data yang diperlukan pada umumnya meliputi: nama PTK, NUPTK, tanggal lahir, nama Ibu kandung, nama sekolah induk, dan NPSN sekolah induk.
5. Setorkan data tersebut ( beserta berkas pendukungnya, jika memang dipersyaratkan oleh admin kabupaten/kota).
6. Admin NUPTK kabupaten melakukan verval NUPTK.
7. Cek secara berkala di dasbor verval ptk sekolah Anda untuk memastikan NUPTK sudah berubah menjadi status valid.

Demikian sekilas tentang Cara Memperbaiki NUPTK Ganda di Verval PTK. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top