5/01/2016

Pentingnya Update dan Sinkronisasi Dapodik Rutin setiap Bulan

Pentingnya Update dan Sinkronisasi Dapodik Rutin setiap Bulan_Apakah bulan ini keaktifan PTK di aplikasi dapodik sekolah Anda sudah diaktifkan/dicentang?, Apakah data di aplikasi dapodikdas/dapodikmen wajib diperbarui setiap bulan?, Apa saja data di dapodik yang wajib diupdate?- Sahabat operator sekolah, seperti yang sudah maklum bahwa kita wajib mengupdate data PTK, siswa, dan data lainnya di dapodik secara rutin setiap ada data yang harus diperbarui, jika memang ada perubahan data.

Update Keaktifan PTK Bulan April 2016

Pentingnya Update dan Sinkronisasi Dapodik Rutin setiap Bulan

Update Keaktifan PTK di Bulan Mei 2016 

Update Keaktifan PTK di Bulan Mei 2016

Update yang memang harus dilakukan secara rutin setiap bulan yakni tentang keaktifan PTK di menu penugasan. Di mana semua PTK harus tercentang aktif sampai bulan ini (bulan berjalan ). Mengapa demikian?, karena server dapodik pusat selalu memerlukan umpan data terbaru dari operator sekolah untuk kepentingan tertentu, misalnya: untuk kepentingan data guru bersertifikat pendidik/guru sertifikasi yang hal ini juga terkait dengan pencairan tunjangan sertifikasi, data guru non sertifikasi, data siswa terkait alokasi dana BOS, data siswa terkait peserta US/UN,  dan lain sebagainya.

Waw, terbukti banget kalau adanya aplikasi dapodik sangat bermanfaat di dunia pendidikan. Jadi bukan hanya untuk keperluan pencairan tunjangan sertifikasi, he he,  karena ada saja loh yang menganggap bahwa aplikasi dapodik seakan identik dengan aplikasi khusus terkait pencairan uang. Ya sedikit maklumlah karena biasanya ramai-ramainya dapodik itu saat operator sekolah mengelola data di dapodik diiringi para PTK yang sibuk melakukan pemberkasan syarat-syarat pencairan tunjangan profesi.

Apa saja sih yang wajib diupdate di dapodik?

Data PTK, siswa, sarpras, dan lain-lain wajib diupdate di dapodik secara berkala sesuai keadaan data yang valid.

Sebagai contoh, bagi PTK yang memiliki SK kenaikan gaji berkala hedaknya melapor ke operator sekolah dan sekaligus minta tolong untuk mengupdate/menambah data baru sesuai SK tersebut. Apa risikonya jika riwayat gaji berkala di dapodik ga diupdate?, risikonya yaitu tunjangan sertifikasi yang diterima masih berdasarkan gaji yang dulu.

Baca juga Cara Tepat Mengisi Penugasan dan Keaktifan PTK di Dapodikdas

Demikian sekilas tentang Pentingnya Update dan Sinkronisasi Dapodik Rutin setiap Bulan. Pastikan bahwa data di dapodik sekolah Anda sudah terupdate dan sinkron dengan server dapodik pusat.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top