4/13/2016

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK 2016

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK  2016- Apa itu Ujian Nasional Berbasis Komputer/UNBK atau CBT?, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK  2016

Pelaksanaan UNBK dapat menghasilkan nilai Ujian Nasional yang benar-benar 100% murni hasil dari siswa, karena dengan UNBK diharapkan mampu meminimalisir berbagai bentuk kecurangan. Siswa, guru, dan orang tua sama-sama merasa puas dengan hasil yang dicapai oleh siswa. UNBK juga bisa sebagai sarana membiasakan siswa untuk selalu mengedepankan kejujuran.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.


Pada tahun 2016 UNBK mengikutsertakan 1.309 sekolah SMA/MA yang telah dilaksanakan pada tanggal 4, 5, 6, 7, 11, 12 April 2016, 2.103 SMK yang telah dilaksanakan pada tanggal 4-7 April 2016, dan 1.018 SMP/MTs yang jadwalnya akan dilaksanakan tanggal 9-12 Mei 2016.

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTS 2016
Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTS 2016
  • Senin, 9 Mei 2016 : Bahasa Indonesia
  • Selasa, 10 Mei 2016: Matematika
  • Rabu, 11 Mei 2016: Bahasa Inggris
  • Kamis, 12 Mei 2016: IPA
Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).


Demikian tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK 2016. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top