8/07/2016

Cara Memasukkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Dapodik

Cara Memasukan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Dapodik_Cara Input Nomor KIP di Dapodikdas_Sekolah melalui Operator Sekolah hendaknya segera mengupdate data siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), baik siswa tersebut sebelumnya sudah memiliki KPS atau belum. Bagi siswa pemilik KIP yang sebelumnya tidak punya KPS maka cara update datanya hanya memberikan tanda item "Ya" pada menu "Penerima KPS/KKS/PKH/KIP" dan kemudian menginputkan nomor KIP ke kolom "No.KPS/KKS/PKH/KIP". Lantas, bagaimana cara update datanya bagi siswa pemilik KIP yang sebelumnya juga mempunyai KPS dan sudah diinputkan di dapodik?, menurut pak Yusuf Rahmat, jika saat ini di dapodik/dapodikdas sudah terinput nomor KPS namun siswa yang bersangkutan telah menerima Kartu Indonesia Pintar, maka gantilah nomor KPS tersebut dengan nomor KIP.
Cara Memasukkan KIP di Dapodik

Yang diinputkan di dapodik nomor KPS atau KIP bagi siswa yang memiliki keduanya?
Pakai Nomor KPS atau KIP?
Mana yang benar, apakah nomor KPS ataukah nomor KIP yang diinputkan di aplikasi Dapodik jika seorang siswa memiliki nomor KPS dan KIP?, ya seperti yang Anda lihat pada percakapan seperti di atas bahwa pak Eno mengikuti petunjuk pengisian/entri nomor KIP dari pak Yusuf Rahmat. Jadi, tidak perlu ada keraguan lagi bagi OPS yang akan memasukkan nomor KIPnya siswa yang sebelumnya juga memiliki KPS, karena pedoman pengisiannya sudah jelas dan benar.

Update: Penjelasan a di atas hanya berlaku pada dapodik versi 411, sedangkan untuk dapodik versi 2016 silakan Download Cara Pengisian Nomor/Data KIP di Dapodik Versi 2016

Baca juga : Surat Edaran tentang KIP 2016

Demikian sekilat info tentang Cara Memasukkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Dapodik. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top