12/01/2016

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak_Salah satu bahasa yang sangat berguna untuk berbagai kegiatan di era globalisasi ini saat ini mulai menjadi materi wajib untuk dipelajari. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik, akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan komunikasi dengan jangkauan luas. Oleh sebab itu, sejak Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, bahasa Inggris selalu menjadi materi yang diwajibkan di Indonesia. Selain di sekolah, Anda juga dapat belajar bahasa Inggris di berbagai lembaga kursus. Namun, bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya, sebaiknya mencoba cara belajar bahasa Inggris secara otodidak berikut ini. Selamat mencoba.
Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

1. Jadikan sebagai Hobby
Hal ini akan semakin memberikan kemudahan untuk menguasai bahasa Inggris secara otodidak. Gemar terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris akan membuat Anda memiliki banyak perbendaharaan kata.

Caranya sangat mudah, Anda dapat membaca novel berbahasa Inggris, bermain game dengan pengaturan bahasa Inggris, maupun musik-musik mancanegara. Dengan sering melihat dan mendengar, maka Anda akan semakin terbiasa dengan cara pengucapan, vocabulary, serta penyusunan kalimat.

2. Membawa Kamus
Belajar bahasa Inggris secara otodidak memang harus diawali dengan pendampingan kamus. Anda tidak perlu malu jika harus mencari arti kata yang belum diketahui di dalam kamus. Sebab, semakin banyak membaca dan menghafal, semakin baik pula kemampuan vocabulary yang dikuasai.

Ketika sedang beraktivitas dengan hoby Anda, misalnya bermain game dengan panduan bahasa Inggris, maka Anda dapat menghentikannya sejenak ketika menemukan kosakata baru dan mencarinya dari kamus.

Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris secara otodidak dan akan lebih mudah jika dilakukan sejak usia dini.

3. Memahami Materi Dasar
Untuk pandai dalam suatu mata pelajaran, Anda tidak dapat langsung terjun dalam materi yang sulit. Cara paling tepat adalah mempelajarainya dari materi dasar sehingga ketika melanjutkan topik-topik berikutnya Anda akan jauh lebih mudah memahaminya.

Pada bahasa Inggris, Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai abjad serta angka-angka. Hafalkan tulisan serta pengucapan abjad dalam bahasa Inggris tersebut. Sehingga ketika Anda mengucapkan kalimat bahasa Inggris tidak akan terlihat berantakan.

Bahasa Inggris sebenarnya merupakan kategori mata pelajaran yang tidak sulit. Karena Anda hanya perlu memahami cara pengucapan yang berbeda dari penulisannya. Berbeda dengan bahasa Arab, Jepang, Cina, dan sebagainya, yang juga mengharuskan untuk memahami cara penulisannya.

4. Menghafalkan Kosa Kata
Setelah paham dengan materi dasar, selanjutnya Anda harus memperbanyak kosakata untuk dihafalkan. Misal setiap harinya harus mampu menghafal 5 kata berbahasa Inggris.

Untuk cara menghafalkannya, Anda dapat menempelkan 5 kata tersebut di lokasi yang selalu menjadi pusat perhatian dan mudah terjangkau oleh pandangan mata. Tidak hanya bentuk penulisannya, Anda juga harus menghafalkan cara pengucapan dari vocabulary tersebut.

5. Belajar secara Berkala
Akan lebih baik jika Anda ingin menguasai bahasa Inggris secara otodidak dengan cara mempelajarinya secara berkala. Anda tidak perlu belajar dalam waktu yang lama atau dengan materi yang terlalu banyak. Sebab, otak Anda tidak akan bekerja dengan baik jika menerima materi yang diterima terlalu berlebihan.

Hindari cara belajar yang mengejar target, misalnya hanya saat menjelang ujian tidak dilakukan setiap hari. Karena tentu Anda akan sangat kesulitan menghafalkan vocab apalagi memahaminya lebih dalam.

6. Memperbanyak Latihan
Latihan bahasa Inggris akan lebih baik jika dilakukan secara lisan. Anda dapat membiasakan diri dengan berdialog menggunakan bahasa Inggris. Pada permulaan, Anda dapat mengkombinasikan kata-kata dalam satu kalimat, menggunakan dua bahasa misalnya.

Jika memungkinkan, Anda dapat mengajak teman atau orangtua untuk selalu menggunakan bahasa Inggris. Tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk cepat menguasai bahasa Internasional tersebut.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top