6/30/2016

Cara Menjadi Anak yang Baik dan Pintar

Cara Menjadi Anak yang Baik dan Pintar_Memiliki pribadi yang baik serta dianugerahi dengan kepandaian yang lebih merupakan keinginan setiap orang. Bahkan sejak usia anak-anak, Anda akan berusaha menjadi orang yang baik agar memiliki banyak teman serta menjadi anak yang pintar agar menjadi bintang kelas. Lalu, bagaimanakah caranya agar bisa menjadi anak yang baik dan pintar? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.
Cara Menjadi Anak yang Baik dan Pintar
Cara Menjadi Anak yang Baik dan Pintar

A. Tips Menjadi Anak Baik 

1. Mengikuti Segala Peraturan
Menjadi anak baik tidak hanya dilakukan di satu lokasi, melainkan di segala waktu, tempat, dan suasana. Anda harus selalu mematuhi segala peraturan yang telah ditentukan sebagai wujud dari pribadi yang baik.

Misalnya saat di sekolah, Anda harus datang tepat waktu, mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru, dan mengikuti berbagai peraturan lainnya.

2. Meminta Maaf jika Melakukan Kesalahan
Sebagai anak yang baik, Anda harus mampu mengakui segala kesalahan yang telah diperbuat serta berendah hati untuk mengucapkan kata maaf. Saat meminta maaf, Anda harus mengucapkannya dengan tulus serta menatap kedua mata orang tersebut.

3. Bersikap Ramah
Sikap yang baik tentu sangat identik dengan pribadi seseorang yang ramah. Baik dengan saudara maupun teman, Anda harus selalu bersikap ramah dengan saling tegur sapa serta memberikan bantuan satu sama lain.

4. Menghargai Sesama
Menjadi anak baik tentu bukanlah hal yang sulit. Anda dapat memulainya dengan senantiasa menghargai sesama, tanpa membeda-bedakan status dan kedudukan. Sebaiknya Anda tetap memberikan bantuan pada teman, baik dengan latar belakang miskin maupun kaya.

5. Bersikap Jujur
Senantiasa bersikap jujur dalam setiap perbuatan akan membuat Anda memiliki banyak kepercayaan dari orang-orang di sekitar. Misalnya saat melanggar peraturan di sekolah, sebaiknya Anda jujur dan segera mengakuinya.

Dan ketika di lingkungan rumah, Anda juga harus jujur pada orangtua ketika hendak pergi ke suatu tempat dengan tujuan tertentu. Sehingga orangtua tidak akan kawatir dan selalu percaya pada Anda.

6. Bersikap Sopan
Poin terakhir yang paling penting adalah selalu bersikap sopan dan santun, pada orangtua, teman, guru, maupun tetangga di sekitar.

Dengan selalu mengucapkan salam, saling tegur sapa, berjabat tangan, dan memberikan senyuman, akan menciptakan hubungan yang baik antara Anda bersama orang-orang tersebut.


B. Cara Menjadi Anak yang Pintar

1. Banyak Membaca
Daripada hanya menyibukkan diri dengan update status di akun sosial media, sebaiknya Anda lebih memilih aktivitas yang lebih berbobot seperti membaca buku di perpustakaan maupun di website dan blog.

Dengan wawasan yang luas, Anda akan lebih memahami ketika sedang mempelajari berbagai macam materi serta dapat membuat otak terus terasah.

2. Membuat Jadwal Belajar
Menjadi anak yang pintar sebaiknya tidak hanya belajar saat menjelang masa ujian. Hal ini akan membuat otak bekerja lebih keras untuk menampung materi yang berjumlah banyak.

Sebaiknya Anda selalu membuat jadwal belajar setiap usai pulang sekolah dengan mempelajari materi-materi yang telah disampaikan oleh guru pada hari tersebut. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih mudah menguasai setiap materi dengan daya ingat yang lebih tajam.

3. Membaca Berulang-ulang
Materi yang disampaikan oleh pendidik memang tidak dapat dibaca hanya sekilas, kecuali oleh anak-anak dengan kemampuan lebih dalam hal tersebut. Agar lebih mudah memahaminya, Anda harus membaca secara berulang sampai benar-benar memahaminya.

4. Lakukan di Tempat yang Tenang
Berkonsentrasi di ruangan yang berisik tentu akan menyulitkan Anda ketika sedang belajar. Oleh sebab itu, Anda harus mencari lokasi yang tepat seperti perpustakaan saat di sekolah, ataupun di kamar saat berada di rumah. Pastikan Anda tidak menyalakan televisi atau musik agar lebih mudah konsentrasi.

Demikian cara menjadi anak pintar dan baik yang dapat kami bagikan. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda semua.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top