11/29/2016

7+ Cara Menjadi Anak yang Berbakti kepada Orang Tua

7+ Cara Menjadi Anak yang Berbakti kepada Orang Tua_Tanpa adanya orangtua, tentu kita tidak dapat hidup di dunia hingga saat ini. Sepanjang hidupnya, mereka akan berusaha memberikan pengorbanan pada anak-anaknya. Berbagai kebutuhan yang kita perlukan berusaha mereka wujudkan walaupun harus bersusah payah untuk mencari uang. Hal-hal itulah yang membuat kita harus senantiasa berbakti pada orangtua sebagai balasan paling mudah dan tepat yang dapat kita berikan padanya. Adapun beberapa cara menjadi anak berbakti adalah sebagai berikut :
Cara Menjadi Anak yang Berbakti kepada Orang Tua

1. Membantu Pekerjaan Rumah
Sebagai anak yang berbakti pada orangtua, sebaiknya Anda senantiasa meluangkan waktu untuk membantu segala pekerjaan rumah tangga. Akan lebih baik jika Anda memulainya tanpa menunggu perintah.

Sebab, tanpa kita sadari, orangtua rela mengorbankan tenaganya untuk mengerjakan pekerjaan tersebut sebagai rasa tanggungjawab, terutama ibu. Melihat kondisi tersebut, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk sedikit meringankan beban pekerjaan rumah tangga.

2. Sopan dan Santun
Membantu meringankan pekerjaan orangtua tanpa dilandasi dengan sikap sopan santun tentu tidak akan berarti bagi Anda dan orangtua. Misalnya Anda selalu mengucapkan salam ketika pulang dari bepergian atau selalu mencium tangan kedua orangtua tiap kali hendak pergi ke sekolah.

Sikap sopan dan santun harus selalu mengiringi setiap perkataan dan perbuatan Anda pada orangtua sebagai wujud rasa berbakti pada mereka.

3. Hindari Perkataan Kasar
Sebagai wujud sikap berbakti anak pada orangtua, sebaiknya Anda selalu menjaga tutur kata yang baik serta tidak menyakiti perasaannya.

Sebab, orangtua akan sangat kecewa ketika hatinya tersayat oleh perkataan sang anak. Dan jangan sampai rasa kekecewaan yang mereka rasakan akan membuatnya mengucapkan kata doa yang berdampak buruk pada Anda.

4. Merendahkan Diri
Sebagian besar kebahagian dunia dapat membutakan mata seseorang, terutama dengan jasa-jasa orangtua. Sebaiknya Anda selalu bersikap rendah diri di hadapan orangtua dan hargailah semua jasa yang telah mereka berikan.

Tidak peduli jabatan tertinggi yang sedang Anda duduki, tetapi menghormati kedua orangtua, terutama ibu, merupakan kewajiban yang harus selalu diterapkan.

5. Meminta Doa Restu
Ketika hendak melakukan berbagai hal, sebaiknya Anda meminta doa restu dari kedua orangtua. Sebagaimana yang diterangkan dalam hadits di agama Islam bahwa Nabi Muhammad memberikan pernyataan pada umatnya untuk melakukan jihad asal dengan izin dari kedua orangtua.

Restu dan doa terbaik yang diucapkan oleh orangtua merupakan bekal kesuksesan yang paling ampuh bagi kehidupan Anda.


6. Mendahulukan Orangtua dari pada Istri dan Anak
Khusus untuk pria, Anda wajib menuruti permintaan orangtua terlebih dahulu sebelum anak dan istri. Misalnya, dalam waktu yang bersamaan, istri dan orangtua meminta sesuatu hal dan Anda hanya dapat memenuhi permintaan satu di antara mereka saja.

Maka sikap tepat yang harus Anda ambil adalah menuruti permintaan orangtua terlebih dahulu. Namun, hal ini berbeda bagi wanita yang wajib menuruti permintaan suami terlebih dahulu, barulah kedua orangtua. Asalkan masih dalam jalan yang lurus.

7. Merawat Kedua Orangtua
Ketika orangtua sedang sakit atau sudah mulai memasuki usia senja, sebaiknya Anda selalu meluangkan waktu untuk menjaga dan merawat mereka, layaknya yang mereka lakukan ketika Anda masih sangat kecil.

8. Memberikan Hadiah
Apabila Anda sudah mampu menyisihkan sedikit uang hasil jerih payah sendiri, sebaiknya Anda tidak pernah lupa untuk memberikan hadiah pada orangtua. Misalnya Anda memberikan hadiah sarung untuk ayah dan jilbab untuk ibu.

Selain itu, wujud rasa berbakti yang dilakukan oleh seorang anak juga dapat dilakukan dengan memenuhi setiap kebutuhan orangtua, baik dalam hal sandang, pangan, serta papan jika diperlukan.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top