6/02/2016

Jadwal, Kriteria, Alamat Website, Persyaratan, dan Cara Pendaftaran PPDB Online SD Negeri Surabaya 2016

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SDN Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017, Kriteria Calon Peserta Didik/Siswa Baru, Alamat Website Resmi PPDB  Online Sekolah Dasar Negeri Surabaya, Persyaratan, dan Cara Pendaftaran PPDB Online SD Negeri Surabaya 2016_Pendaftaran penerimaan peserta didik atau siswa baru SD Negeri Surabaya akan dibuka mulai tanggal 23 Juni 2016 dan ditutup pada tanggal 28 Juni 2016. Bagi putra/putri yang masuk kriteria dan memenuhi syarat sebagai calon peserta didik baru SDN Surabaya bisa melakukan pendaftaran secara online di website resmi PPDB online SD Negeri Surabaya yakni di http://sd.ppdbsurabaya.net. Adapun jadwal lengkap dan ketentuan PPDB Online Surabaya adalah sebagai berikut:
Jadwal, Kriteria, Alamat Website, Persyaratan, dan Cara Pendaftaran PPDB Online SD Negeri Surabaya 2016
Jadwal, Kriteria, Alamat Website Resmi PPDB, dan Persyaratan Pendaftaran PPDB Online SD Negeri Surabaya Tahun 2016

A. Jadwal PPDB Online SD Negeri Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017
Jadwal PPDB Online SD Negeri Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017

1. Pendaftaran: 23 Juni 2016 pkl. 08.00 WIB s.d pkl. 16.00 WIB s.d. 28 Juni 2016 pkl. 08.00 WIB s.d pkl. 16.00 WIB di internet atau sekolah

2. Pengumuman: 29 Juni 2016 pkl. 16.00 WIB di internet atau sekolah

3. Daftar Ulang: 30 Juni 2016 pkl 08.00 WIB s.d. pkl 16.00 WIB s.d. 01 Juli 2016 pkl 08.00 WIB s.d. pkl 16.00 WIB di sekolah

4. Pengumuman Pemenuhan Pagu
5. Daftar Ulang Pemenuhan Pagu
6. Tahun Ajaran Baru: 18 Juli 2016
7. Pelaksanaan LOS: 18 Juli 2016 s.d. 20 Juli 2016


B. Kriteria Calon Peserta Didik Baru SDN Surabaya 2016

Kriteria calon peserta didik baru dikategorikan sebagai berikut
1. Calon Peserta Didik Kategori Dalam Kota merupakan :
a. calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya dan merupakan warga Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK).

b. calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya dan bukan warga Surabaya yang orang tuanya dipindahtugaskan karena perintah jabatan di Surabaya meliputi Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Pusat, Karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan dilampirkan Surat Keputusan Pindah Tugas atau dokumen lain yang sejenis, serta memiliki surat keterangan domisili di wilayah Kota Surabaya yang dikeluarkan oleh Kecamatan maksimal setelah 6 (enam) bulan penempatannya di Surabaya.

2. Calon Peserta Didik Kategori Mutasi merupakan :
a. calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya dan merupakan warga Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK).

b. calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya yang orang tuanya dipindahtugaskan karena perintah jabatan di Surabaya meliputi Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Pusat, Karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan dilampirkan Surat Keputusan Pindah Tugas atau dokumen lain yang sejenis, serta memiliki surat keterangan domisili di wilayah Kota Surabaya yang dikeluarkan oleh Kecamatan maksimal setelah 6 (enam) bulan penempatannya di Surabaya.

3. Calon Peserta Didik Kategori Rekomendasi Dalam Kota merupakan calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya tetapi bukan warga Surabaya. Pagu yang tersedia adalah 1% dengan pembulatan ke atas baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.

4. Calon Peserta Didik Kategori Luar Kota merupakan calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya dan bukan warga Surabaya. Pagu yang tersedia adalah 1% dengan pembulatan ke atas baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.

5. Kartu Keluarga yang diakui sebagai dasar pendaftaran dan penerimaan calon peserta didik adalah Kartu Keluarga yang diterbitkan paling lambat 1 Januari 2012 apabila calon peserta didik tidak menjadi satu dengan orang tua kandung.

6. Jika calon peserta didik menjadi satu dengan orang tua kandung dalam satu Kartu Keluarga Kota Surabaya maka tidak diberlakukan pembatasan tanggal penerbitan Kartu Keluarga sebagaimana ketentuan ayat 5.

7. Calon Peserta Didik Kategori Khusus merupakan calon peserta didik sebagai berikut :
a. calon Peserta Didik Prestasi Olah Raga;
b. calon Peserta Didik Prestasi Akademis dan Non-Akademis;
c. calon Peserta Didik Inklusif;
d. calon Peserta Didik Mitra Warga;
e. calon Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Lokasi;

8. Pagu Calon Peserta Didik Baru Mitra Warga, sebesar 5% dengan pembulatan ke atas dari pagu masing-masing sekolah.


C. Alamat Website Resmi PPDB Online SDN Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017 
Pastikan pendaftaran online calon peserta didik/siswa baru SDN Surabaya dilakukan pada alamat website resmi PPDB Online SD Negeri Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun alamat websitenya yaitu http://sd.ppdbsurabaya.net 

D. Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru SD Negeri Surabaya Tahun 2016 

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SDN Surabaya adalah :
  • berusia 7 (tujuh) sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib diterima;
  • berusia 6 (enam) tahun dapat diterima, apabila kelas masih belum terpenuhi, anak berusia 5 ½ (lima setengah) tahun dapat diterima dengan mendapatkan rekomendasi tertulis dari psikolog;
  • tidak boleh diadakan tes yang bersifat akademis dan hanya berdasarkan kedekatan lokasi sekolah dan usia calon peserta didik.

E. Ketentuan Umum dan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar (SDN) Surabaya 2016

Ketentuan Umum

Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Sekolah Dasar Negeri dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Calon peserta didik baru SDN dibantu oleh orang tua/calon wali murid datang langsung ke sekolah yang dituju atau datang ke kelurahan terdekat untuk mendaftar tanpa mengisi formulir pendaftaran
  • Diwajibkan kepada para orang tua/calon wali murid membawa foto copy akte kelahiran calon peserta didik, foto copy Kartu Keluarga dan foto copy ijasah TK (bila ada) masing-masing 1 lembar dan diserahkan kepada panitia penerimaan di SDN yang dituju/petugas kelurahan terdekat, kemudian panitia sekolah/petugas kelurahan akan mengentrykan data pendaftar. Pendaftar akan menerima bukti pendaftaran berupa formulir pendaftaran atas nama calon peserta didik masing-masing setelah data dientrykan petugas pendaftaran
  • Sistem OnLine PPDBSD akan menyimpan, memproses dan menyusun daftar calon peserta didik yang telah mendaftar sehingga dapat diketahui kekurangan atau kelebihan jumlah pendaftar dibandingkan dengan Pagu penerimaan siswa baru masing-masing SDN.
  • Urutan calon peserta didik baru yang mendaftar disusun berdasarkan poin atas variabel : Usia calon peserta didik baru_Kedekatan alamat calon peserta didik baru dengan lokasi SDN yang menjadi pilihan
  • Apabila terjadi kesamaan jumlah total skor dari beberapa calon peserta didik, maka prioritas diberikan kepada calon peserta didik: Berdekatan dengan sekolah_Waktu pendaftaran
  • Orang tua/ calon wali murid dapat memantau posisi dan status pendaftar dari manapun (rumah,kantor, warnet dll) melalui alamat situs http://sd.ppdbsurabaya.net/
  • Bagi siswa yang tidak diterima (diluar pagu sekolah) bisa melakukan pendaftaran kembali pada SDN lainnya yang dipilih dan dalam kondisi yang masih kurang pendaftarnya (belum memenuhi pagu sekolah).
  • Pendaftaran calon peserta didik baru SDN se Kota Surabaya di laksanakan tanggal 23 Juni 2016 sampai dengan 28 Juni 2016 pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB 
Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar (SDN) Surabaya 2016
1. Pendaftaran calon peserta didik baru untuk jenjang SDN dilakukan secara online melalui masing-masing sekolah pada tanggal 23 Juni 2016 s.d. 28 Juni 2016 pukul 08.00 WIB s.d. pukul 16.00 WIB.

2. Guna menunjang kelancaran pelaksanaan pendaftaran secara online sebagaimana dimaksud pada ayat 1, sekolah-sekolah yang membantu pelayanan PPDB wajib menyediakan fasilitas internet.

3. Penggunaan fasilitas internet sebagaimana dimaksud pada ayat 2 dilakukan pada jam kerja.

4. Pendaftaran calon peserta didik baru sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dan ayat 2, dilaksanakan dengan memperhatikan jadwal yang telah ditentukan, melalui tahapan sebagai berikut :
  • sosialisasi kepada masyarakat;
  • pendaftaran peserta didik baru;
  • pengumuman peserta didik yang diterima;
  • daftar ulang; dan
  • pemenuhan pagu.
5. Pendaftaran calon peserta didik baru dilakukan dengan menyampaikan copy dokumen sebagai berikut :
  • Kartu Keluarga dimana calon peserta didik tercantum
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah TK atau sederajat bila ada.
6. Calon Peserta Didik Baru SDN mendaftar dan memilih 1 (satu) sekolah melalui sistem online di sekolah yang dituju.

7. Calon peserta didik yang mendaftar disusun berdasarkan total penjumlahan skor usia dengan skor Alamat Tempat Tinggal dan selanjutnya jumlah calon peserta didik yang diterima maksimal sama dengan jumlah pagu kelas 1 (satu) SDN yang bersangkutan dengan ketentuan sebagai berikut :
skor usia ppdb online sdn surabaya 2016

skor alamat tempat tinggal ppdb online sdn surabaya 2016
8. Apabila terjadi kesamaan jumlah total skor dari beberapa calon peserta didik, maka prioritas diberikan kepada calon peserta didik:
  • berdekatan dengan sekolah sesuai ketentuan nomor 7
  • waktu pendaftaran.
9. Pada saat daftar ulang harus membawa dokumen asli kartu keluarga dan akta kelahiran untuk dilakukan verifikasi atas foto copy dokumen dan isian online yang ada di sistem.

10. Pendaftaran dan daftar ulang di SDN yang dituju tidak dipungut biaya apapun.

Baca juga:
Demikian tentang Jadwal, Kriteria, Alamat Website, Persyaratan, dan Cara Pendaftaran PPDB Online SD Negeri Surabaya 2016. Semoga putra/putri Anda diterima di SDN Surabaya sesuai yang Anda tuju.
Artikel Pilihan

1 komentar:

Ribet banget ya masuk sd sekarang,,lebih baik jaman dulu,,tinggal daftar,bayar dftar ulang, udah beres

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top