7/17/2016

Cara Mudah Mendapatkan Banyak Teman di Sekolah Baru

Cara agar Mempunyai Banyak Teman Akrab di Kelas/Sekolah Baru_Jika Anda adalah seorang siswa baru kelas 7 SMP, 10 SMA/SMK, mahasiswa baru, siswa pindahan dari sekolah lama ke baru, maupun siswa pindahan karena pertukaran kelas setelah kenaikan kelas, maka Anda tentunya harus adaptasi dengan lingkungan sekolah, termasuk dengan warga sekolah seperti dengan kepala sekolah, guru, wali kelas, karyawan sekolah, dan teman-teman baru. Bagi Anda yang memiliki kecakapan dalam bergaul pasti adanya lingkungan baru tidaklah menjadi kendala, namun bagi seorang siswa yang pemalu, pendiam, minderan, penakut, dan faktor penghambat banyak teman lainnya, maka akan merasa kerepotan dalam berdaptasi pergaulan dengan teman baru di sekolah/kelas. Apalagi jika di sekolah baru tidak memiliki teman yang sudah dikenal sebelumnya, misalnya teman dari kampung dan teman 1 SD/SMP/SMA. Wah bagi Anda yang memiliki teman bawaan dari kampung atau dari sekolah jenjang sebelumnya, maka berarti Anda punya modal kuat untuk dapat lebih cepat mempunyai teman di sekolah baru.
Cara Mudah Mendapatkan Banyak Teman di Sekolah Baru

Cara Mudah Mendapatkan Banyak Teman di Sekolah Baru

A. Cara Mendapatkan Teman Baru bagi Pendiam, Pemalu, dan Penakut

Jika Anda adalah tipe orang yang pendiam, pemalu, dan penakut maka Anda harus mengubah sikap tersebut secara perlahan.

1. Hilangkan kebiasaan menjadi pendiam
Jika Anda bertahan menjadi pendiam, maka teman Anda akan merasa bingung dalam menghadapi Anda. Oleh karena itu mulai detik ini niatlah menjadi orang yang mahir dalam berkomunikasi dengan sesama.

Santai saja, Anda tidak harus banyak bicara karena Anda bisa menunjukkan keramahan Anda dengan cara bersenyum. Ya senyuman merupakan senjata ampuh untuk menarik perhatian teman baru Anda agar mereka mau akrab dengan Anda.

2. Kurangi rasa malu
Malu sih baik-baik saja, namun untuk urusan pergaulan sesama teman di sekolah janganlah terlalu menjadi pemalu, karena akibatnya ruang gerak Anda akan terbatasi oleh rasa malu Anda yang berlebihan.

Coba kenali penyebab Anda menjadi pemalu, biasanya seseorang/anak yang pemalu itu karena merasa memiliki kelemahan/kekurangan baik yang berhubungan dengan kondisi fisik, ekonomi, maupun faktor sosial.

Hmmm, saya rasa Anda sudah paham tentang penyebab rasa minder atau malu Anda dalam bergaul,,,nah mulai sekarang buang saja aneka rasa tersebut. Semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, hanya saja kelemahan dan kelebihan antara Anda dengan teman Anda tentunya relatif berbeda.

Manfaatkan kelebihan Anda untuk membangun rasa percaya diri, janganlah menunggu teman menyapa Anda, jadi sapalah dengan ramah teman baru Anda.

3. Hilangkan rasa takut
Ahaa, dalam bahasan ini yang dimaksud rasa takut lebih cenderung ke perasaan rasa takut salah, takut dikira cari perhatian, dan takut ini itu lainnya.

Nah, mulai sekarang lenyapkan saja perasaan-perasaan itu, dalam artian boleh saja sih merasa takut salah dan ini itu tapi kalau urusan berkenalan dengan teman baru, letakkan dulu aneka rasa itu sehingga di hadapan teman, Anda tidak terlihat kaku atau tegang. Ya ya, pakai gaya yang santai saja biar teman Anda juga merasa nyaman.

B. Cara Mendapatkan Teman Baru bagi Anak yang Ceriwis
Haduh, di lingkungan mana sih yang tidak ada orang yang punya kebiasaan ceriwis???,,he he. Maaf dan maaf nih, bagi Anda yang kebetulan banyak bicara alias ceriwis, maka sebaiknya pada hari pertama Anda masuk sekolah baru, kurangi kata-kata, pilihlah kalimat yang penting-penting saja dulu.

He he, kalau sesama teman yang sudah kenal lama/akrab sih bagus saja memelihara ceriwis karena biasanya jika tidak ada Anda maka suasana jadi ga ramai seru. he he

Namuun, karena ini merupakan waktu awal mengenal teman baru, maka simpan dulu kosa kata Anda, agar Anda tidak terkesan menjadi orang yang banyak bicara. Jadi, lebih baik sementara Anda ngomong seperlunya saja sambil menyesuaikan diri dengan karakter lawan bicara Anda.

Sobat pembaca, pada intinya baik jika Anda pendiam/pemalu/penakut/ceriwis, hal yang wajib diperhatikan dalam berkenalan dengan teman baru adalah menjaga sikap dan pembicaraan. Berusahalah untuk menjadi orang yang ramah,  bertingkah lakulah yang sopan, sapalah teman baru Anda dengan senyuman, dan ucapkan salam saat awal bertemu dan atau saat mau pulang sekolah. Selain itu, pilihlah waktu yang tepat dalam berkenalan dengan teman di sekolah baru, misalnya di waku istirahat. Manfaatkan juga kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang sudah menjadi program sekolah Anda.
Baca 5 Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
Demikian seculi tips untuk memiliki banyak teman di sekolah baru. Semoga Anda bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah baru dan mempunyai banyak teman yang akrab.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top