8/09/2016

Cara Praktis Menaikkan Peserta Didik dan Membuat Rombel di Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SMA/SMK melalui Tombol Menu Aksi Kenaikan Kelas

Cara Praktis Menaikkan Siswa/Peserta Didik (PD) dan Membuat Rombel di Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SLB/SMA/SMK melalui Menu Rombongan Belajar serta Aksi/Action Menu Kenaikan Kelas_Fungsi tombol Menu Aksi Kenaikan Kelas pada aplikasi dapodik V.2016 sangat membantu para Operator Sekolah dalam mempercepat pekerjaan menaikkan peserta didik dan pembuatan Rombel per kelasnya. Sebelum membuat rombel baru, sebaiknya Anda sudah meluluskan siswa kelas 6 SD/kelas 9 SMP/kelas 12 SMA-SMK . Baca Cara Mudah dan Cepat Meluluskan Siswa SD/SMP/SMA/SMK di Aplikasi Dapodik Versi 2016.

Jika Anda sudah selesai meluluskan peserta didik, langkah selanjutnya yaitu menaikkan peserta didik pada tingkat yang tertinggi dulu. Untuk di jenjang SD, silakan naikkan siswa kelas 5 ke 6, 4 ke 5, 3 ke 4, 2 ke 3, dan barulah menambahkan peserta didik baru kelas 1 Sekolah Dasar.

Di jenjang SMP, silakan Anda menaikkan siswa kelas 8 ke 9 dan 7 ke 8, selanjutnya masukkan peserta didik baru kelas 7 SMP.

Pada jenjang SMA/SMK, silakan naikkan peserta didik dari kelas 11 ke 12 dan 10 ke 11, selanjutnya masukkan peserta didik baru kelas 10.

A. Cara Mudah Menaikkan Peserta Didik SD/SMP/SMA/SMK di Aplikasi Dapodik Versi 2016
Cara Praktis Menaikkan Peserta Didik dan Membuat Rombel di Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SMA/SMK melalui Tombol Menu Aksi Kenaikan Kelas

Setelah Anda melakukan login di dapodik V.2016, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Klik menu "Rombongan Belajar"
2. Klik "Menu Aksi"
3. Klik "Kenaikan Kelas"
4. Pilih rombel kelas yang akan dinaikkan 
Pilih Rombel yang akan Naik Kelas

  • klik simbol segitiga untuk menampilkan rombel yang akan dinaikkan
  • klik "tingkat kelas" yang akan dinaikkan ke tingkat di atasnya
5. Simpan dan tutup
Simpan data kenaikkan kelas

6. Tunggu proses penyimpanan rombel yang telah dinaikkan sampai berhasil
Tunggu proses penyimpanan rombel yang telah dinaikkan sampai berhasil

B. Cara Praktis Membuat Rombel untuk Peserta Didik SD/SMP/SMA/SMK di Aplikasi Dapodik Versi 2016

Cara Praktis Membuat Rombel untuk Peserta Didik SD/SMP/SMA/SMK di Aplikasi Dapodik Versi 2016

Jika proses menaikkan kelas dari tahun pelajaran 2015/2016 ke tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil atau satu sudah selesai dan berhasil, maka secara otomatis di halaman dapodik sudah jadi rombelnya. Jika ada perubahan, Anda hanya perlu mengubah data tertentu misalnya: wali kelas/guru, prasarana, nama rombel, dan/atau kurikulum yang digunakan.

Demikian tentang Cara Praktis Menaikkan Peserta Didik dan Membuat Rombel di Dapodik Versi 2016 SD/SMP/SMA/SMK melalui Tombol Menu Aksi/Action Menu Kenaikan Kelas. Jika pada suatu rombel yang telah dinaikkan ke tingkat di atasnya, ternyata ada satu atau beberapa siswa yang tidak naik kelas, maka Anda bisa mengeluarkan peserta didik yang tinggal kelas tersebut melalui menu "Anggota Rombel", silakan pilih siswa yang tidak naik kelas, kemudian klik tombol "Keluarkan Anggota Rombel". 
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top