Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Universitas Terbaik Akreditasi A di Indonesia

Daftar Universitas Terbaik Akreditasi A di Indonesia_Bagi Anda yang bingung memilih perguruan tinggi yang baik, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri seperti ke University of Harvard, University Leiden hingga Oxford University. Memang universitas tersebut merupakan universitas top dunia. Namun sekarang, di Indonesia sendiri telah ada universitas yang kualitasnya tak kalah dengan universitas di luar negeri. Di Indonesia, tolak ukur kualitas sebuah universitas adalah akreditasi nasional. Universitas yang akreditasi baik atau A merupakan universitas yang kualitasnya juga baik.
10+ Universitas Terbaik Akreditasi A di Indonesia
Berikut daftar universitas terbaik di Indonesia:
1. Institut Teknologi Bandung
Yang pertama adalah ITB. Perguruan tinggi ini sudah terakreditasi A dengan SK BAN-PT no 066/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.

Tak salah jika ITB memiliki akreditasi A. Karena selain manajemen dan pengelolaan yang baik, ITB telah membuktikan kepada Indonesia dengan memberikan kontribusi yang baik melalui penelitian dan pengembangan di dunia teknologi.

2. Universitas Gadjah Mada 
Universitas yang terletak di Yogyakarta ini merupakan universitas tertua di Indonesia dan masih eksis sampai sekarang. Melalui SK BAN-PT no 068/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, UGM menjadi salah satu universitas yang memiliki akreditasi A pada tahun 2013.

3. Universitas Diponegoro
UNDIP atau Universitas Diponegoro adalah universitas terbaik di wilayah Jawa Tengah yang sudah berganti status sebagai perguruan tinggi berbadan hukum sejak 2015. Selain itu, UNDIP telah menjadi universitas dengan akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT.

4. Universitas Islam Indonesia
Meskipun perguruan tinggi ini swasta, namun UII telah meraih predikat universitas swasta terbaik dengan akreditasi A pada tahun 2013 melalui SK BAN-PT no 065/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.

5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Universitas yang bernuansa Islami ini berlokasi di Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah tampil sebagai universitas negri Islam yang memiliki pengelolaan yang baik. Sehingga universitas ini mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2013.

6. Universitas Airlangga 
Universitas Airlangga atau UNAIR adalah salah satu universitas negeri terbaik di Jawa Timur tepatnya di Surabaya. Melalui SK BAN-PT no 024/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014, UNAIR mendapat nilai A yang berarti UNAIR menjadi universitas yang berkualitas.

7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini menjadi politeknik pertama di Indonesia yang terakreditasi A. Politeknik yang menyediakan jurusan elektonik ini mendapat nilai A dari BAN-PT pada tahun 2015.

8. Universitas Hasanuddin
UNHAS ini menjadi universitas terbaik di Makassar dan menjadi universitas luar pulau Jawa selain Unand Padang yang sudah memiliki akreditasi A melalui SK BAN-PT no 079/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.

9. Universitas Gunadarma (UG)
Meskipun statusnya sebagai universitas swasta, namun universitas sudah bisa digolongkan sebagai universitas terbaik di Indonesia. Universitas Gunadarma telah terakreditasi An oleh BAN-PT pada tahun 2014.

10. Institut Pertanian Bogor
Institut yang fokus dalam pengembangan pertanian di Indonesia ini telah memperoleh nilai A melalui SK BAN-PT no 067/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.

11. Universitas Indonesia
Universitas yang terkenal dengan kampus kuning ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. UI sejak dahulu hingga sekarang terus mengembangkan pendidikannya. Sehingga pada tahun 2013, UI sudah berakreditas A oleh BAN-PT.

Itulah daftar perguruan tinggi yang bisa menjadi rujukan bagi Anda untuk melanjutkan studi di Indonesia.