Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Universitas Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

Universitas yang Memiliki Fakultas Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia_Setelah lulus SMA, kadang ada rasa bimbang untuk memilih antara kerja atau kuliah. Jika Anda memilih untuk kuliah, tentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan pilihlah perguruan tinggi yang berkualitas. Karena masa depan Anda akan ditentukan ditingkat ini. Di perguruan tinggi baik negeri atau swasta, Anda akan menemukan lingkungan yang berbeda, terutama jurusan yang jumlahnya banyak. Jangan sampai Anda salah menentukan jurusan yang tidak sesuai dengan minat.
Fakultas Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

Bagi Anda yang berniat untuk berkuliah di jurusan farmasi, berikut ada daftar perguruan tinggi yang mempunyai  jurusan farmasi terbaik di Indonesia:

1. Universitas Andalas, Padang
Meskipun Unand atau Universitas Andalas ini berada di luar pulau Jawa, namun universitas yang berada di Padang ini punya jurusan farmasi yang sangat baik. Terbukti dari akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT pada tahun 2013.
Menjunjung visi untuk menjadi fakultas farmasi yang terkemuka di tingkat nasional dan internasional, Unand melakukan terobosan dengan melakukan kerjasama akademik dengan pihal luar negri demi mengembangkan kualitas fakultas farmasi.

2. Universitas Indonesia
Farmasi UI didirikan dan mulai menerima mahasiswa baru pada bulan September tahun 1965. Sampai sekarang Fakultas Farmasi Universitas Indonesia telah memperoleh nilai ssempurna yaitu akreditasi A pada tahun 2011.

Farmasi UI mempunyai visi untuk mewujudkan Fakultas Farmasi yang unggul dan mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional mupun global menuju unggulan di Asia Tenggara.

3. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Di UGM, program studi farmasi baru didirikan pada tanggal 21 September 2007. Namun meskipun terbilang baru, jurusan farmasi UGM sudah mendapatkan akreditasi A pada tahun 2014.

Prodi farmasi UGM dibagi menjadi empat minat yaitu farmasi bahan alam, farmasi sains dan teknologi, farmasi industri dan farmasi komunitas dan klinik.

4. Universitas Hasanuddin
Selain Universitas Andalas, ada Universitas Hassanuddin di luar Jawa yang telah mengembangkan jurusan farmasinya menjadi jurusan farmasi terbaik di Indonesia. Universitas yang berada di Makassar ini telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT di tahun 2011.

5. Universitas Airlangga
Unair sebagai salah satu universitas terbaik di Jawa Timur juga mempunyai jurusan farmasi yang tidak kalah dengan UI dan UGM. Kualitas farmasi Unair didukung oleh laboratorium yang canggih dan modern.

Dosen farmasi Unair juga telah memenuhi syarat nasional yaitu S2/S3 > 80%. Selain itu prestasi Unair di bidang akademik yaitu memperoleh akreditasi A pada tahun 2010.

6. Universitas Padjajaran
Jurusan farmasi UNPAD didirikan pada tanggal 19 Februari 1959 dan masih berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun sekarang jurusan farmasi UNPAD telah menjadi fakultas sendiri yaitu Fakultas Farmasi UNPAD.

7. Universitas Sumatera Utara (USU)
USU membuka jurusan farmasi sejak tahun 1969. Pembentukan jurusan ini dilatar belakangi oleh kebutuhan apoteker yang meningkat padahal pada saat itu di Sumatera hanyalah memiliki satu jurusan farmasi di Universitas Andalas. Sama seperti yang lain, USU juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2011.

Baca juga: Daftar Universitas Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia

Demikian tentang Daftar Fakultas Terbaik Jurusan Farmasi pada 7 Universitas di Indonesia. Semoga bermanfaat.