Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia

Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia_Kebutuhan akan tenaga pendidik atau guru di Indonesia masih terbilang banyak. Jumlah guru yang ada masih belum mampu menjangkau seluruh sekolah di Indonesia. Sehingga peluang bagi lulusan mahasiswa jurusan guru menjadi lebih besar.
Di Indonesia, banyak universitas pencetak guru yang berkualitas. Universitas tersebut memiliki jurusan pendidikan yang didik untuk menjadi guru yang bermutu.
Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia

Berikut daftar universitas dengan jurusan pendidikan terbaik di Indonesia:
1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Bagi Anda yang ingin menjadi guru, UNNES bisa menjadi pilihan. Di universitas ini Anda akan dibekali cara untuk mengajar, belajar psikologi pendidikan dan mengenal sifat-sifat murid. UNNES menjadi universitas favorit untuk mencetak guru mumpuni.

Sehingga tak khayal, jumlah peminat jurusan PGSD di Universitas Negeri Semarang merupakan jumlah terbanyak sampai-sampai membuka cabang di Tegal.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas yang dahulunya bernama IKIP Yogyakarta ini adalah universitas yang menyediakan jurusan pendidikan di berbagai bidang seperti pendidikan seni, olahraga, teknik, ekonomi, biologi, geografi dan masih banyak lagi.

Seperti UNNES, Universitas Negeri Yogyakarta juga menjadi pemasok dan pencetak guru yang berkualitas di Indonesia.

3. Universitas Pendidikan Indonesia
UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia ini beralamat di Bandung Jawa Barat. Universitas yang berjuluk sebagai Kampus Bumi Siliwangi ini dahulunya adalah IKIP Bandung yang telah berganti nama menjadi Universitas Pendidikan Indonesia.

Sesuai namanya, UPI adalah universitas yang menyediakan jurusan pendidikan dan melahirkan tenaga pendidik hebat di Indonesia. Di UPi ada delapan fakultas pendidikan sarjana dan sekolah pasca sarjana.

4. Universitas Negeri Makassar
Universitas yang berada di Makassar ini telah berdiri pada tahun 1961 dan fokus pada pengembangan dan pengajaran bidang pendidikan hingga sekarang.

5. Universitas PGRI Adi Buana
Sebagai universitas swasta di Surabaya, UPGRI Adi Buana merupakan universitas yang didirikan atas organisasi PGRI. Sehingga dalam pembelajarannya, universitas ini benar-benar ingin mengahasilkan tenaga pendidik yang berkualitas.

6. Universitas Negeri Jakarta
Seperti universitas pendidikan lainnya, UNJ atau Universitas Negeri Jakarta juga mempunyai jurusan pencetak guru atau pendidikan terbaik di Indonesia. Lulusan dari UNJ yang terkenal yaitu grub lawak cagur yang mempunyai kepanjangan calon guru.

7. Universitas Negeri Surabaya
UNESA atau Universitas Negeri Surabaya dahulunya bernama IKIP Surabaya. Berdasarkan Keppres RI No. 93 Tahun 1999, IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya. UNESA mempunyai enam fakultas sarjana.

8. Universitas Negeri Gorontalo
UNG adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo yang  berdiri pada 1 September 1963. Pada awalnya UNG diberi nama Junior College dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG.

Itulah universitas dengan jurusan pendidikan atau guru yang terbaik di Indonesia. Urutan diatas merupakan urutan acak dan tidak menunjukkan urutan kualitas universitas. Semoga bermanfaat.