Apa Benar Blangko KTP Elektronik Habis?, Ini Penjelasan dari Mendagri Tjahjo Kumolo

Benarkah Blangko KTP Elektronik Habis?, Ini Penjelasan dari Mendagri Tjahjo Kumolo_Sebagian daerah mengaku dan mengeluh karena blangko KTP El-nya habis. Keluhan Dukcapil sebagian daerah muncul karena dari banyaknya WNI yang merasa kurang puas dengan layanan perekaman e-KTP yang tidak langsung jadi. Adanya permasalahan di lapangan, Mendagri pun segera memberi pencerahan. Adapun keterangan dari Mendagri tentang masalah Balngko KTP El, seperti informasi yang saya langsir dari website resmi kemendagri seperti di bawah ini.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjawab pertanyaan publik terkait ketersediaan blanko KTP Elektronik (KTP El). Sejauh ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memiliki stok blanko KTP El dengan jumlah yang cukup.

Namun, untuk daerah mengaku kehabisan blanko KTP El, Tjahjo mempersilahkan mereka mendatangi kantor Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Jakarta untuk mengambil blanko tersebut, namun kebutuhannya disesuaikan.

“Memang prosedur pengambilan blangko KTP harus disesuaikan dengan jumlah warga yang sudah rekam E-KTP. Bukan kebutuhan warga secara keseluruhan,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Semarang kemarin, Senin (12/9).

Alasan mengapa Kemendagri menyesuaikan jumlah blanko KTP El dengan kebutuhan daerah karena banyak yang menumpuk blanko. Makanya, Ditjen Dukcapil Kemendagri memberikan blanko ke daerah tak selalu sesuai dengan jumlah yang mereka minta.

Sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan, hingga saat ini warga banyak mengeluhkan tentang proses pembuatan KTP El yang tidak langsung jadi dan membutuhkan waktu lama. Ia akan bergerak berkordinasi dengan pusat terkait blanko.

“Dalam waktu dekat akan bergerak aktif meminta blangko KTP elektronik di pemerintah pusat,” ujar dia. Di kota Semarang, dari 1,2 juta penduduk yang wajib rekam E-KTP, masih tersisa sekitar 69 ribu penduduk. Sumber: www.kemendagri.go.id 

Demikian Jawaban Mendagri tentang permasalahan Blangko KTP Elektronik Habis. Semoga proses pembuatan KTP El dapat berjalan dengan sukses.
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top