11/01/2016

Cara Mengajari Anak agar Cepat bisa Berjalan

Cara Mengajari Anak agar Cepat bisa Berjalan_Setiap perkembangan dari buah hati selalu menjadi sesuatu yang istimewa yang ditunggu-tunggu oleh orang tuanya. Proses perkembangan anak berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang cepat dan ada pula yang lambat, termasuk aktivitas bayi mulai berjalan. Meskipun demikian tentu ada patokan khusus yang dapat Anda jadikan dasar untuk mulai melatih bayi Anda berjalan. Nah disini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengajari anak Anda agar cepat bisa berjalan.
Cara Mengajari Anak agar Cepat bisa Berjalan

Cara Mengajari Anak agar Cepat bisa Berjalan

1. Jangan sering pakai popok
Penggunaan popok yang terlalu sering tidak baik untuk bayi. Ia dapat menghambat aktivitas bayi sehingga gerakan kaki yang dia gunakan untuk belajar berjalan pun juga melambat.

Hal ini juga sejalan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog di amerika, bahwasanya popok dapat memperlambat kemampuan bayi untuk berjalan. Whitney cole mengatakan bahwa popok  membuat adanya gumpalan di sela kaki bayi yang berpotensi untuk memperburuk posisi dan kesembangan bayi.

Jadi jika Anda ingin mengajari anak Anda berjalan, jangan sering memakaikan bayi popok. Anda bisa memakaikan popok pada situasi tertentu yang memang urgen, misalnya ketika keluar rumah untuk acara tertentu.

2. Jangan sering menggendong bayi
Menggendong bayi terlalu sering pada usia yang seharusnya ia sudah harus dilatih untuk berjalan  membuatnya merasa manja dan malas untuk berjalan. Jadi Anda sebagai orang tua harus mulai mengurangi frekuensi menggendong bayi ini dan mulai melatih anak Anda untuk berjalan.

3. Latihan berdiri tegak
Untuk dapat berjalan, bayi harus sudah mampu untuk berdiri dan tidak terhuyun. Oleh karena itu sebagai langkah awal Anda bisa mulai mengajarinya untuk berdiri tegak. Berdirikan anak Anda, kemudian lepaskan pegangannya, biarkan ia selama 30 detik. Jika bayi terjatuh, motivasilah dia dengan kata-kata penyemangat supaya ia bisa bangkit dan berdiri sendiri. Latihlah hingga ia mampu untuk berdiri tegak tanpa terhuyung.

4. Sediakan sarana untuk bayi merambat
Anda bisa menyediakan suatu benda kokoh yang dapat menjadi pegangan bagi anak untuk melatih keseimbangannya. Benda kokoh tersebut bisa berupa box atau tongkat berporos yang bisa digunakan sebagai sarana untuk merambat agar anak cepat berjalan.

5. Berilah stimulus dengan baby walker
Baby walker adalah alat berupa kereta dorong atau semacamnya yang berfungsi menstimulus keberanian dan langkah bayi untuk bisa berjalan sendiri. Anda bisa membelikan anak Anda alat tersebut atau membuat alat sendiri di rumah dengan konsep mirip baby walker.

Sebagai catatan dalam penggunaan baby walker ini, hendaknya orang tua turut mendampingi dan mengawasi anak bukan menyerahkan sepenuhnya kepada baby walker tanpa Andanya pengawasan.

6. Kecoh dengan mainan
Anda juga bisa memberi rangsangan berupa mainan favorit bayi Anda. Ulurkan tangan Anda seperti hendak memberi mainan tersebut, dan anak akan mencoba berdiri dan meraih mainannya kemudian Anda bisa mundur satu demi satu langkah. Kegiatan tersebut juga dapat digunakan untuk menstimulus bayi agar mau berjalan.

7. Mengajak anak jalan pagi atau jalan sore di luar rumah
Perubahan suasana juga dapat dilakukan untuk memotivasi anak agar bisa berjalan. Ajaklah anak Anda jalan pagi atau jalan sore di luar rumah dengan cara memapahnya pelan-pelan sesuai dengan langkah si kecil.

8. Ajak anak untuk bermain yang melibatkan kemampuan motorik anak.
Kemampuan motorik yang bagus dapat membuat anak cepat berjalan. Jadi Anda sebagai orang tuanya bisa memperkenalkan anak Anda dengan permainan motorik untuk menstimulasi motoriknya, seperti: mengambil bola.

9.Pijat kaki bayi
Pijatlah kaki bayi Anda agar aliran darahnya lancar dan ototnya tidak kaku. Anda bisa melakukan pemijatan ringan pada area paha, lutut ke bawah sampai telapak kaki dengan menggunakan minyak zaitun, atau minyak lain yang biasa digunakan untuk pijat.

Nah itu tadi adalah beberapa tips untuk mengajari anak Anda agar cepat bisa berjalan. Anda bisa mulai mempraktekkannya dengan usaha yang gigih. Lakukan dengan tulus dan istiqomah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan cepat menyerah untuk membantu si kecil berjalan.

Jika pada batas tertentu usaha Anda tidak mengalami hasil, maka Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk pengambilan tindakan tertentu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top