11/02/2016

Cara Mengatasi Anak yang Tidak mau Ditinggal di Sekolah

Cara Mengatasi Anak yang Tidak mau Ditinggal di Sekolah_Memasuki ajaran baru maupun bagi nak yang pemalu dan penakut, sekolah merupakan hal yang sangat menakutkan buat kebanyakan anak. Sebab jika sebelumnya telah terbiasa nyaman  bersama dengan ayah dan ibundanya, dan sekarang ia diharuskan untuk mengenal orang-orang yang baru di sekolahnya. Hal tersebut biasanya memunculkan ketakutan bagi anak dan menyebabkan ia tidak mau ditinggal di sekolah. Menghadapi kondisi tersebut bunda tidak perlu khawatir. Berikut ini, kami akan bagikan beberapa tips cara mengatasi anak yang tidak mau ditinggal di sekolah.
Cara Mengatasi Anak yang Tidak mau Ditinggal di Sekolah

Cara Mengatasi Anak yang Tidak mau ditinggal di Sekolah

1. Tidak memaksa anak untuk langsung berinteraksi dengan orang lain
Interaksi dengan orang lain dengan paksaan dapat mempengaruhi kondisi psikis anak dan bisa membuatnya trauma. Oleh karena itu Anda dapat melakukannya dengan perlahan-lahan secara alamiah dengan melalui pendampingan hingga mereka terbiasa dan bisa melakukannya sendiri.

2. Dampingi anak saat berada di lingkungan baru
Anak  tidak mau di tinggal di hari pertamanya sekolah merupakan hal yang wajar. Lingkungan yang baru tentu menuntut anak untuk beradaptasi. Oleh karena itu dianjurkan pada orang tua saat menghadapi kondisi tersebut untuk mendampingi anaknya. Lamanya proses pendampingan tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi sang buah hati.

3. Komunikasikan dengan jujur
Jika dirasa proses pendampingan kepada anak sudah cukup, Anda bisa mulai mengkomunikasikan alasan Anda dengan jujur.

Misalnya: Sayang, hari ini bunda harus pergi ke kantor untuk bekerja, sekarang waktunya dinda untuk bermain bersama dengan ibu guru dan teman-teman dinda ya.. Nanti bunda akan jemput dinda pulang sekolah.

4. Konsistensi dan tepati janji
Jika Anda membuat sebuah janji dengan buah hati Anda, maka Anda harus menepatinya. Jangan berbohong karena anak-anak cenderung akan menagih dan menunggu apa yang Anda janjikan. Berbohong kepada buah hati Anda dapat menyakiti hatinya dan menghilangkan kepercayaannya kepada Anda.

5. Lakukanlah ritual perpisahan yang menyenangkan
Ketika Anda berpamitan dengan anak untuk meninggalkannya, Anda bisa melakukan ritual perpisahan yang menyenangkan. Anda bisa memeluk, mencium keningnya, mengatakan bahwa Anda sayang kepada anak Anda, serta alasan kenapa Anda meninggalkannya hari ini.

Berpamitan dengan anak Anda dengan cara baik-baik dapat menyenangkan hatinya. Mungkin di awal ia akan sedih dan mulai menangis, tapi lama-kelamaan ia akan mulai terbiasa. Sekali lagi ingatlah jangan pernah berbohong mengatakan alasan Anda.

6. Dekatkan anak pada salah satu figur di sekolah entah itu guru atau teman
Sebelum Anda memutuskan untuk mulai bisa meninggalkan anak Anda, pastikan anak Anda sudah memiliki figur di sekolah yang dekan dengan anak Anda, entah itu teman atau gurunya. Dengan memastikan hal tersebut, Anda bisa tenang untuk menjalani aktivitas Anda karena sudah mempercayakan anak Anda dengan orang yang disayanginya.

7. Bersikap terbuka dan berkonsultasi dengan pihak sekolah
Untuk mempercepat proses adaptasi anak Anda, tidak ada salahnya bagi Anda untuk bersikap terbuka dan berkonsultasi dengan pihak sekolah. Apalagi jika anak Anda tergolong anak yang susah untuk berpisah dengan Anda.

Dengan mengkomunikasikannya dengan pihak sekolah, mereka bisa melakukan tindakan untuk membantu anak Anda beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Biasanya tiap sekolah memiliki kebijakan sendiri mengenai batasan lamanya orang tua bisa mendampingi anaknya.

8. Berilah sugesti positif bagi diri sendiri dan anak Anda
Sugesti positif sangat penting dilakukan baik untuk diri Anda sendiri maupun anak Anda. Anda bisa bilang kepada anak Anda bahwa dia adalah anak yang hebat dan dia pasti bisa mandiri. Selain itu Anda juga memotivasi diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya. Iringan doa dapat Anda panjatkan untuk mengatasi kegelisahan hati Anda meninggalkan buah hati Anda.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips cara mengatasi anak yang tidak mau ditinggal di sekolah. Jika bunda mengalami kondisi tersebut, bunda bisa mempraktekkkan beberapa tips tersebut. Ajarkan buah hati Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di sekolahnya. Tetap semangat demi sang buah hati ya bunda dan semoga berhasil.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top