Pembentukan Karakter Bangsa Dimulai dari Pendidikan Karakter dalam Keluarga; Ini Dia Nilai-Nilai yang Harus Ditanamkan pada Anak Sejak Dini

Pembentukan Karakter Bangsa Dimulai dari Pendidikan Karakter dalam Keluarga_Pendidikan karakter bangsa diperlukan untuk membentuk pribadi bangsa yang beradab, berilmu, berwawasan dan berkarakter. Jika bangsa kita kehilangan karakter baik maka kerusakanlah yang terjadi, mereka akan mudah terombang-ambing dan tidak memiliki pendirian.
Pembentukan karakter Bangsa Dimulai dari Pendidikan Karakter dalam Keluarga
Salah satu tempat yang berperan sangat penting dalam pembentukan karakter bangsa adalah keluarga. Pendidikan karakter bangsa dimulai dari keluarga dan hendaknya dilakukan sedini mungkin.Usia dini merupakan usia golden age bagi anak. Keberhasilan pendidikan karakter pada masa ini sangat menentukan keberhasilan kualitas anak untuk menjadi generasi penerus bangsa yang sukses dan berkarakter.

Peran Keluarga dalam Upaya Pembentukan Karakter Anak
Memberi pendidikan kepada anak sudah bisa dilakukan sejak ia masih berada dalam kandungan ibunya.

Pada saat di dalam kandungan, anak sudah bisa menangkap dan merespon apa yang dikerjakan oleh orang tuanya, terutama ibunya. Oleh karena itu hendaknya ibu sudah mulai bisa mendidik anaknya dengan memberi teladan yang baik bagi sang anak.

Setelah kelahiran anak, lingkungan keluarga adalah lingkungan terdekat anak. Di sanalah ia tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter jika ia tumbuh di lingkungan keluarga yang berkarakter terpuji.

Jika keluarga sebagai lingkungan terdekat anak telah gagal mendidik anak menjadi berkarakter, maka lingkungan lain akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

Nah sebenarnya nilai apa saja yang harus ditanamkan pada pribadi anak Anda sehingga menjadikan ia sebagai pribadi yang berkarakter?

Nilai-nilai Karakter yang Ditanamkan dalam Sebuah Keluarga

1. Religius
Anak harus di ajarkan untuk memiliki sikap yang religius. Ajarkanlah mereka untuk patuh dalam melaksanakan ajaran agamanya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain serta hidup rukun antar umat beragama.

2. Jujur
Ajarkanlah pada anak Anda sikap yang mencerminkan perilaku jujur dengan dimulai dari pribadi kedua orang tuanya sebagai teladan. Sikap jujur ini akan menjadikan anak sebagai pribadi yang dapat dipercaya dalam segala ucapan, perbuatan, dan pekerjaannya.

3. Disiplin
Ajarkanlah kepada anak Anda untuk disiplin dalam segala aktivitasnya sehingga ia menjadi pribadi yang menghargai waktu dan enggan untuk melakukan hal yang sia-sia.

4. Kerja keras
Ajarkanlah kepada anak Anda untuk bersungguh sungguh terhadap apa yang dikerjakannya sehingga ia menjadi pribadi yang tidak putus asa dalam menghadapi berbagai hambatan yang ada nantinya serta berusaha menyelesaikan apa yang dikerjakannya dengan sebaik-baiknya.

5. Mandiri
Ajarkanlah kepada anak Anda kemandirian sehingga ia tidak menjadi pribadi yang menggantungkan sesuatu kepada orang lain.

6. Demokratis
Ajarkanlah kepada anak Anda sikap demokratis dengan menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain sehingga ia tidak akan melakukan sikap semena-mena kepada orang lain.

7. Rasa Ingin Tahu
Ajarkan anak Anda untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yang mendorongnya untuk berusaha mengetahui sesuatu yang dipelajarinya secara lebih mendalam.

8. Semangat Cinta Tanah Air
Ajarkanlah anak Anda untuk memiliki rasa cinta terhadap tanah air sebagai tanah kelahirannya sehingga ia menjadi pribadi yang setia, peduli, dan peka terhadap segala fenomena yang ada di tanah airnya. Hal itu akan mendorongnya untuk memiliki semangat yang tinggi dan rela berkorban untuk menjadi bangsa yang bermanfaat bagi tanah airnya.

9. Bersahabat
Ajarkanlah anak Anda untuk menjadi pribadi yang bersahabat ketika berinteraksi dengan dunia luar, sehingga ia akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

10. Cinta Damai
Ajarkanlah kepada anak Anda untuk mencintai kedamaian sehingga ia tidak akan mudah menyelesaikan segala permasalahan dengan kekerasan.

11. Gemar Membaca
Anda juga bisa memfasilitasi anak Anda berbagai buku bacaan sehingga menjadikan ia sebagai pribadi yang gemar membaca yang nantinya mendorong ia untuk menjadi  pribadi yang berwawasan luas dan gemar menuntut ilmu dan berguna bagi bangsa.

12. Peduli Lingkungan
Ajarkan anak Anda untuk memiliki sikap yang peduli dengan lingkungan sehingga ia akan selalu melakukan upaya yang mencegah orang lain yang berusaha untuk merusak lingkungan.

13. Tanggung Jawab
Ajarkanlah anak Anda untuk memiliki sikap yang bertanggung jawab baik kepada tuhan YME, dirinya sendiri, masyarakat, maupun lingkungannya.
Artikel terkait: 5 Nilai Utama Karakter pada Penguatan Pendidikan Karakter
Demikian tentang nilai-nilai penting yang seyogyanya ditanamkan pada diri anak sejak dini oleh keluarga. Terapkanlah nilai-nilai tersebut pada diri Anda sebagai orangtua sehingga dapat menjadi orangtua yang berkarakter yang mampu mengajarkan anak-anaknya menjadi pribadi yang berkarakter. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top