12/01/2016

5 Hal yang Harus Dilakukan Guru agar Siswa Lebih Aktif dalam Belajar

5 Hal yang Harus Dilakukan Guru Agar Peserta Didik/Siswa Lebih Aktif dalam Belajar_Keaktifan siswa sangat diperlukan oleh guru untuk menyukseskan tujuan pendidikan. Pemberlakuan kurikulum 2013 merupakan cara pemerintah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di dalam kelas. Selain pemerintah, pastinya sudah kewajiban para guru juga untuk membuat para siswanya menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah.
5 Hal yang Harus Dilakukan Guru agar Siswa Lebih Aktif dalam Belajar

Nah, berikut adalah 5 hal yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di dalam kelas. Agar mereka lebih giat dalam belajar dan berprestasi.

Yang Harus di Lakukan Guru agar Siswa Lebih Aktif dalam Belajar:

1. Memperbanya praktik
Kegiatang yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas yaitu dengan cara melakukan praktik. Dengan pelaksanaan praktik, peserta didik dituntut untuk selalu aktif bertanya dan aktif menemukan berbagai macam sumber agar praktik yang dilakukannya berhasil. Dengan mengajak peserta didik praktik, secara tidak langsung Bapak/Ibu telah meningkatkan keaktifan mereka. Peserta didik yang pendiam dan pemalu akan tergugah untuk menjadi lebih aktif dari sebelumnya karena praktik sangat membutuhkan keaktifan.

2. Menerapkan model pembelajaran jigsaw
Penggunaan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya dapat Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Salah satu model yang dapat Bapak/Ibu coba yaitu model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran Jigsaw ini adalah model diskusi antar teman dengan membentuk kelompok kecil. Setelah beberapa kelompok kecil itu mendiskusikan materi mereka yang telah dibagi oleh guru, peserta didik diharap untuk membentuk kelompok baru yang berbeda tema bahasan dari kelompok kecil sebelumnya.

Di kelompok kecil yang baru, masing-masing peserta didik diminta menjelaskan kembali materi mereka kepada anggota kelompok di kelompok yang baru secara bergiliran. Setelah itu, peserta didik diminta kembali kepada kelompok kecilnya yang lama dan perwakilan dari kelompok kecil tersebut untuk maju ke depan kelas menjelaskan materi apa saja yang ditentukan oleh guru.

3. Memberikan apresiasi atau penilaian bagus pada siswa yang aktif
Suasana yang tidak menarik di dalam kelas akan menimbulkan kebosananan pada peserta didik. Dengan menerapkan penilaian kepada siswa yang aktif di dalam kelas, akan memicu banyaknya keaktifan yang ditunjukkan oleh peserta didik. Hal ini dapat menjadi stimulus yang akan direspon oleh peserta didik berupa keaktifan yang ditunjukkan peserta didik. Saling berebut kesempatan untuk aktif di dalam kelas akan menciptakan kelas yang aktif dan kritis.

4. Membisakan siswa berdiskusi kelompok
Melakukan diskusi kelompok dapat Bapak/Ibu gunakan untuk memancing keaktifan peserta didik di dalam kelas. Setelah berdiskusi hendaknya Bapak/Ibu membuka sesi  tanya jawab, menambah pendapat atau menyanggah pendapat dari kelompok diskusi lain. Selain keaktifan dari peserta didik itu sendiri, melatih berpikir kritis dapat dilakukan dengan melakukan diskusi kelompok.

5. Melakukan Kegiatan Tanya Jawab
Tanya jawab merupakan hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di dalam kelas. Cobalah untuk selalu membuka sesi tanya jawab setelah satu materi telah diselesaikan.

Pancing peserta didik agar bertanya mengenai kejelasan dari materi yang Bapak/Ibu berikan. Jika tidak ada yang merespon, Bapak/Ibu dapat melakukan pewajiban pembuatan pertanyaan untuk membiasakan mereka aktif dalam tanya jawab di dalam kelas. Setelah hal itu berhasil, buat siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajuka peserta didik yang bertanya, lalu Bapak/Ibu dapat meminta pendapat peserta didik lain untuk menanggapi atau menambah jawaban dari Bapak/Ibu maupun teman mereka.

Itulah kelima cara yang harus Bapak/Ibu lakukan sebagai guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di dalam kelas. Semoga berhasil.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top