Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimanakah Cara Anda Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan yang Baru?

Bagaimanakah Cara Anda Menyesuaikan Diri/Adaptasi dengan Lingkungan yang Baru?_Berada di lingkungan baru, tentunya kita juga harus dituntut untuk beradaptasi dengan orang baru, karakter baru, budaya baru dan tentunya dengan kondisi yang juga baru. Hal ini menyebabkan beberapa orang merasa takut untuk menghadapinya dan merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Nah, oleh karena itu berikut kami bagikan beberapa tips yang ampuh agar proses menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru bisa berjalan mudah.

Cara Adaptasi dengan Lingkungan Baru:

1. Cari info terlebih dahulu dengan lingkungan baru dan jangan sampai asal nebak
Untuk menghilangkan rasa cemas menghadapi lingkungan baru, maka carilah informasi tentang lingkungan yang akan Anda tempati. Anda bisa mencari informasi kepada teman atau kerabat yang tinggal atau pernah menggunjungi tempat tersebut, atau Anda juga bisa melihat reviewnya di internet.

2. Persiapkan Fisik dan Mental
Setelah mengetahui informasi tersebut, tentang lingkungan ataupun karakter dan kebiasaan orang disana, maka Anda bisa menyiapkan fisik Anda untuk menghadapi kondisi lingkungan disana. Misalnya disna tempatnya di dekat pegunungan, maka Anda bisa mempersiapkan jaket atau selimut sebelum berangkat ke tempat baru.

Anda juga harus mempersiapan mental bagaimana cara bersikap dengan orang-orang yang sudah tinggal disana. Misalnya di sana penduduknya sangat memegang teguh adat jawa dan berbahasa menggunakan bahasa jawa, maka setidaknya sebelum kesana Anda harus mulai sedikit belajar bahasa jawa.

3. Bersikap Hangat Bersahabat, Namun Jangan Sok Dekat
Saat Anda sudah berada di lingkungan baru, mulailah bersikap hangat bershabat dengan menyapa tetangga di dekat tempat yang Anda tinggali. Bahkan jika perlu Anda bisa memulai menyapa sekaligus membawa makanan untuk menciptakan kesan baik dan menjalin tali silaturrahim antar tetangga.
Bagaimanakah Cara Anda Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan yang Baru?
4. Tidak Malu Bertanya
Nah, ini adalah point yang cukup penting. Ketika berada di lingkungan baru, tentunya ada banyak hal yang masih harus Anda pelajari, baik lokasi atau tempat-tempat fasilitas umum yang nantinya bakal sering Anda kunjungi. Supaya Anda nantinya tidak tersesat, maka jangan pernah malu untuk bertanya hal yang belum Anda ketahui.

5. Mengenal Lingkungan dengan Berkeliling
Setiap kita berada di tempat baru, ada baiknya kita berkeliling untuk mengetahui situasi lapangan yang akan kita hadapi. Ritual ini nantinya akan mempermudah Anda untuk memahami tempat yang sedang Anda tinggali atau bahkan nantinya Anda bisa menemukan rute jalan pintas yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi lokasi tertentu dalam kurun waktu yang lebih cepat.

6. Ciptakan Mindset Positif terhadap Lingkungan Baru
Ciptakanlah pola pikir yang positif terhadap lingkungan baru yang hendak Anda tinggali. Yakinkan diri Anda bahwa nantinya Anda dapat memperoleh pengalaman baru disini. Semua hal yang dihadapi dengan cara positif dapat membuat kita merasa nyaman dan menimbulkan motivasi baru bagi diri sendiri.

7. Turut Berbaur Dengan Lingkungan Sekitar
Ketika Anda sudah berada di lingkungan baru, mulailah untuk mengenal lingkungan Anda dengan turut berpartisipasi terhadap kegiatan masyarakat di tempat tersebut, seperti bersih desa, patroli, posyandu, sholat berjamaah dan lain-lain.  Mengikuti kegiatan tersebut dapat membantu kecanggungan Anda menghadapi situasi baru dan memungkinkan Anda untuk memperoleh banyak teman disana.

Nah itu tadi di atas, adalah beberapa tips agar Anda dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda untuk merasa betah dan nyaman di tempat yang hendak Anda tinggali. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.