Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia

Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia_Evaluasi adalah suatu proses untuk menilai dan mengukur suatu kegiatan yang menyangkut nilai maupun arti agar tujuan-tujuan dapat tercapai. Hasil dari evaluasi sendiri yaitu kualitas sesuatu, baik yang menyangkut nilai maupun arti. Perlunya evaluasi dilakukan untuk mengembangkan, memajukan, serta memperbaiki program yang ada di Indonesia khususnya pendidikan yang telah dijalankan sebelumnya dan sebagai acuan untuk masa yang akan datang. Berikut pentingnya evaluasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia
Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia

1. Sebagai Umpan Balik Bagi Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.

2. Dapat Mengelompokkan Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi, pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai kemampuan mereka.

3. Untuk Mengetahui Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka. Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.

4. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Guru dan orangtua akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu penambahan pengayaan.

5. Sebagai Patokan Keberhasilan
Dengan evaluasi, hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan menjadi lebih baik.

Itulah beberapa peran penting dari evaluasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top