Download POS USBN SMP/SMA/SMK/SILN 2017

POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP/SMA/SMK/SILN 2017 Tahun Pelajaran 2016/2017_Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. Adapun pelaksanaan USBN 2017 diatur dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor: 08/D/HK/2017 Tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah Berstandar Nasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Selengkapnya tentang POS USBN 2017, Anda bisa mengunduhnya pada link di bawah ini.
Download POS USBN SD/SMP/SMA/SMK/SILN 2017
Silakan Download POS USBN SMP/SMA/SMK/SILN Tahun 2017 (Format PDF)

Adapun daftar isi POS USBN 2017 sebagai berikut.

DAFTAR ISI
I. KETENTUAN UMUM
Dalam Peraturan Direktur Jenderal ini yang dimaksud dengan:
1. Sekolah adalah sekolah dasar dan menengah yang meliputi Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah lndonesia di Luar Negeri (SILN).

2. Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

3. Ujian Sekolah selanjutnya disebut US adalah kegiatan pengukuran dan penllaian capaian kompetensi siswa terhadap standar kompetensi lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam USBN dilakukan oleh sekolah.

4. Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut POS USBN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN.

5. Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah yang selanjutnya disebut POS US adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan US.

6. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

7. Kisi-kisi USBN adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

8. Paket naskah soal USBN adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi USBN.

9. Bahan USBN adalah bahan yang digunakan dalam penyelenggaraan USBN yangmencakup naskah soal, lembar jawaban USBN, berita acara, daftar hadir, amplop, tata tertib, dan pakta Integritas pengawas.

10. Dokumen pendukung USBN adalah seluruh bahan USBN yang tidak bersifat rahasla, terdiri atas blanko daftar hadir, blanko lembar jawaban, blanko berita acara, tata tertib, pakta integritas, amplop naskah dan amplop lembar jawaban.

11. Lembar Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut LJUSBN adalah lembaran kertas yang digunakan peserta untuk menjawab soal USBN.

12. Kementerian adalah Kementerian Pendidlkan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

13. Musyawarah Kerja Kepala Sekotah yang selanjutnya disebut MKKS adalah kelompok kepala sekolah sejenis pada jenjang SMP, SMA, dan SMK.

14. Musyawarah Curu Mata Pelajaran yang selanjutnya disebut MGMP adalah kelompok guru mata pelajaran sejenis pada jenjang SMP, SMA, dan SMK. 

II. PESERTA USBN
A. Persyaratan Peserta USBN
B. Hak Peserta USBN

II. PENYELENGGARAAN USBN
A. Penyelenggara USBN
B. Mekanisme Penyusunan Soal USBN
C. Peran Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
D. Peran Kementerian
E. Peran Kementerian Agama
F. Peran Dinas Pendidlkan
G. Peran Kantor Wilayah Kementerian Agama
H. Peran Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)
I. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
J. Peran Sekolah
K. Rencana Jadwal Penyusunan Soal USI3N

IV. BAHAN USBN
A. Kisi - kisi USBN
B. Naskah USBN

V. PELAKSANAAN USBN
A. Jadwal USBN Utama
B. Jadwal USBN Susulan
C. Pelaksanaan USBN Berbasis Komputer
D. Pengatu ran Ruang atau Tempat USBN
E. Pengawas USBN
F. Tata Tertib Pengawas USBN
G. Tata Tertib Peserta USBN

VI. PEMERIKSAAN DAN PENGOLAHAN IIASIL USBN
A. Soal Bentuk Pilihan Ganda
B. Soal Bentuk Uraian
C. Pengolahan Hasil USBN

VII. KELULUSAN
VIII. PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN
IX. BIAYA PELAKSANAAN USBN
X. KEJADIAN LUAR BIASA

Cek juga:
Demikian tentang POS USBN SMP/SMA/SMK/SILN Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top