Tips Lulus UTN 2017

Tips Lulus UTN 2017_Peserta PLPG tahun 2016 yang Mengikuti UTN 2016 sebanyak 50.453 (lima puluh ribu empat ratus lima puluh tiga) . Dari jumlah tersebut yang lulus UTN 2016 baru 9.030, sedangkan yang belum lulus sebanyak 41.423 peserta. Bagi peserta PLPG yang belum lulus UTN 2016 wajib mengulang pada UTN 2017 yang akan diselenggarakan pada bulan Maret-April 2017. Untuk menghadapi atau mengerjakan UTN Ulang 2017, di halaman ini Admin sampaikan Tips Sukses Mengerjakan Ujian Tulis Nasional PLPG agar Bisa Lulus UTN 2017. Namun sebelumnya, Admin sampaikan beberapa faktor penyebab tidak lulus UTN.
Tips Lulus UTN 2017/2018

A. Faktor Penyebab Tidak Lulus UTN
Seperti yang sudah maklum, bahwa nilai yang harus didapat oleh peserta UTN adalah minimal 80 (delapan puluh). Untuk mendapat nilai 80 atau lebih memang butuh kerja keras. Saya yakin bahwa semua peserta UTN 2016 kemarin, sudah berusaha dan berdo'a semaksimal mungkin agar bisa lulus ujian.

Walau demikian, prosentase kelulusan UTN 2016 masih rendah. Di mana yang lulus baru 17,897% dan yang belum lulus 82,102%. Adapun penyebab peserta PLPG 2016 belum lulus UTN 2016, tentunya masing-masing peserta lah yang lebih mengetahui, yang jelas nilainya masih di bawah 80.

Mengapa pada UTN 2016 masih ada 41 ribu lebih peserta Ujian yang nilainya di bawah 80?
Nah, pasti jawabannya berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Namun, menurut cerita dari beberapa peserta UTN 2016, jawabannya antara lain sebagai berikut:

1. Soalnya Sulit
Soal UTN 2016 sudah sesuai dengan kisi-kisinya baik yang kompetensi profesional maupun yang pedagogik. Jumlah soal UTN ada 100 dan semuanya berbentuk soal pilihan ganda. Semua soal UTN tidak ada yang sifatnya ingatan (C1). Selain itu, soal UTN juga mayoritas panjang-panjang kalimatnya.

2. Waktunya Sedikit
Alokasi waktu mengerjakan soal UTN 2016 memang cukup sebentar, di mana para peserta UTN hanya punya waktu 120 menit (2 jam) untuk menyelesaikan soal sebanyak seratus.

3. Belum Mahir Mengoperasikan Komputer
Ujian Tulis Nasional pada PLPP 2016 memang online seperti halnya UKG online. Bagi peserta UTN yang belum ahli dalam mengoperasikan komputer tentunya menjadi salah satu kendala tersendiri.

4. Mengajar Kelas Rendah bagi Guru SD
Bagi guru TK, SMP, dan SMA/SMK tentunya tidak ada masalah tentang ini, karena mata pelajaran yang diajarkan adalah tertentu. Namun bagi guru SD yang mengajar kelas rendah (kelas 1,2,3), hal ini bisa menjadi salah satu faktor tidak lulus UTN. Mengapa demikian?, karena materi kompetensi profesional UTN tidak jauh dengan materi kelas tinggi SD (kelas 4,5,6). Singkatnya, guru SD kelas tinggi sudah terbiasa dengan materi tersebut, sedangkan guru SD kelas rendah kadang lupa dengan materi yang sudah lama tidak dipelajari kembali.

B. Tips Sukses UTN 2017

1. Tingkatkan dalam Belajar Materi yang Sesuai dengan Kisi-Kisi UTN PLPG
Semua soal UTN pastinya sudah sesuai dengan kisi-kisi UTN PLPG. Untuk kisi-kisi UTN 2017 juga sama dengan kisi-kisi UTN 2016. Saya percaya kalau Bapak/Ibu sudah rajin belajar saat sebelum UTN 2016, oleh karena itu lebih giatlah dalam belajar untuk persiapan menghadapi UTN 2017.

Yang perlu diperhatikan dalam belajar materi UTN PLPG adalah:

a. Jangan Belajar Materi UTN secara Borongan
Lakukan belajar sejak dini, jangan belajar pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam).

b. Perdalam Penguasaan Materi Kompetensi Pedagogik dan Profesional
Soal UTN yang mengandung kompetensi profesional maupun pedagogik cukup membingungkan sehingga Anda harus lebih cermat dalam memilih jawaban yang paling tepat. Ya ketika semua item jawaban A, B, C, D semuanya benar/tepat, maka untuk memilih jawaban yang paling benar/tepat tentunya Anda sudah punya bekal pengetahuan yang mendalam tentang itu.

2. Belajar Komputer
Bagi yang belum mahir komputer, teruslah berlatih komputer. Anda bisa belajar komputer bersama teman/keluarga. Pastikan Anda ahli mengoperasikan komputer sebelum mengerjakan UTN, sehingga Anda tidak dipusingkan dengan urusan salah klik, bingung login, bingung mau kembali ke soal sebelumnya, tidak mengetahui soal yang sudah/belum dijawab, dan masalah lainnya.

3. Jangan Demam Ruang Ujian
Percaya diri adalah salah satu modal untuk bisa lulus UTN. Ketika Anda sudah berada di ruang ujian, usahakan langsung menuju meja komputer sesuai nomor ujian Anda. Hilangkan rasa grogi/tidak PD. Ketika sudah saatnya mengerjakan UTN, usahakan fokus ke monitor komputer, jadi janganlah Anda tengok kanan/kiri.

4. Kerjakan Soal yang Mudah Dulu dan Atur Waktu Sebaik Mungkin
Ketika Anda menemukan soal yang dianggap sulit, sebaiknya jangan dikerjakan dulu, jadi dahulukan mengerjakan soal yang mudah-mudah. Waktu mengerjakan soal UTN dalah 120 menit untuk 100 soal, jadi ada waktu 1,2 menit per soal. Untuk soal mudah, Anda butuh waktu kurang 1 menit, sehingga yang 0,2 menit bisa Anda manfaatkan untuk mengerjakan soal UTN yang tingkat sedang dan sukar.

Cara Mengerjakan Soal UTN:
Jumlah soal ada 100. Karena nilai minimal 80, sebelum mengerjakan soal, Anda harus punya target jumlah jawaban benar minimal 80. Anda bisa membagi 100 soal ke dalam 3 kategori (kategori mudah, sedang, sulit), misalkan 80 soal mudah, 10 soal sedang, dan 10 soal sulit. Usahakan berdo'a dulu (dalam hati) setiap kali akan mengeklik.

a. Kerjakan 80 soal yang mudah ( yang Anda yakin benar)
Jika Anda menemukan soal UTN dan dianggap mudah, silakan baca dan pahami (jika soal sedang/sulit tinggalkan dulu), kemudian yakinlah untuk mengeklik jawaban yang benar. Ingat, waktu mengerjakan soal UTN hanya ada waktu 1,2 menit per soal. Jadi 80 soal mudah, nanti tidak perlu dicek karena dengan waktu 120 menit untuk 100 soal kemungkinan  untuk mengecek kembali 100 soal yang sudah dikerjakan itu tidak mungkin terjadi. Jika Anda merasa 80 soal mudah, maka Anda berpotensi mendapat nilai 80 dan lulus UTN.
Ini hanya contoh, syukur bagi Anda merasa 100 soal UTN semuanya mudah, sehingga Anda tidak perlu melangkah ke poin b dan c.
b. Kerjakan 10 soal yang sedang
10 soal tingkat sedang ini kerjakan dengan cermat. Gunakan sisa waktu sebaik mungkin. Sok pasti saat mengerjakan 80 soal mudah di atas, Anda punya waktu lebih sebentar.

c. Kerjakan 10 soal yang sulit
Kerjakan 10 soal yang Anda anggap sukar dengan super teliti.

5. Do'a
Berdo'alah sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Dalam hal ini berdo'alah sebelum belajar dan mengerjakan soal. Selain berdoa sendiri, mintalah do'a restu kepada orang tua, keluarga (suami/istri, anak, saudara), dan teman-teman.

Demikian tentang beberapa cara menghadapi/mengerjakan soal UTN 2017 agar lulus. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top