5 Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja_Bisa menghasilkan uang sendiri saat masih berstatus sebagai mahasiswa memang menyenangkan. Tak hanya bisa menambah uang jajan, pengalaman Anda bekerja ini bisa menjadi bekal penting sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya.
Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Lebih dari itu, kemampuan Anda memanajemen diri saat menjalankan dua rutinitas antara kuliah dan kerja dapat meningkatkan softskill Anda. Ingin tahu seperti apa tips sukses kuliah sambil kerja? Ikuti informasi lengkapnya pada uraian kerja paruh waktu dan/atau kuliah paruh waktu di bawah ini.

Sulitkah Menjalani Rutinitas Kuliah Sambil Kerja?
Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu bergantung pada diri masing-masing. Untuk seseorang yang memiliki jiwa pantang menyerah dan gigih, rasanya tidak akan susah menjalani dua aktivitas tersebut. Toh, pekerjaan yang diambil sewaktu kuliah bukanlah pekerjaan dengan tanggung jawab menumpuk layaknya pekerja sesungguhnya. Para mahasiswa ini hanya mengambil pekerjaan tambahan untuk sekedar menambah uang saku, belajar menyelami kehidupan, atau bahkan untuk bertahan hidup di tanah rantau.

Kiat Sukses Kuliah Sambil Kerja

1. Atur Jadwal
Masalah utama dalam menjalani rutinitas kuliah sambil kerja adalah waktu. Anda harus pintar-pintar mengatur jadwal kuliah dan kerja Anda. pada semester-semester awal, jadwal kuliah masih sangat padat. Belum lagi tugas-tugas yang seolah tidak pernah ada habisnya. Kemampuan Anda mengatur jadwal sangat diperhitungkan dalam menjalani dua aktivitas ini. Pahami skala prioritas Anda jika sewaktu-waktu jadwal kuliah dan kerja Anda berbenturan.

2. Skala Prioritas
Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, masalah lain saat harus menjalani dua profesi dalam satu waktu adalah sering kali terjadi benturan prioritas. Di satu sisi, Anda memiliki tugas kuliah yang harus segera diselesaikan. Akan tetapi, di sisi lain, Anda juga telah memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Pada titik ini, pikirkan skala prioritas dalam hidup Anda. Ingat, walau bagaimanapun, pekerjaan Anda jangan sampai menurunkan IPK Anda.

3. Belajarlah untuk Lebih Tangguh
Saat Anda sudah memutuskan untuk kuliah sambil kerja, otomatis Anda akan menanggung beban ganda sebagai mahasiswa sekaligus pekerja. Stress mungkin akan sering melanda Anda. Pada saat berada pada titik paling buruk, motivasi diri Anda. Pikirkan hal-hal yang baik dari dua aktivitas yang sedang Anda jalani. Pikirkan keuntungannya. Jangan biasakan diri untuk terus mengeluh, karena semakin banyak mengeluh, Anda pun akan semakin lemah.

4. Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion Anda
Ada beberapa lowongan part time yang bisa Anda ambil semasa kuliah, mulai dari menjadi pelayan toko, menjadi penulis artikel online, membuka toko online, atau pekerjaan lainnya. Agar tidak terlalu terbebani, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda atau minimal pekerjaan yang tidak terlalu membebani pikiran Anda. Dengan demikian, Anda akan tetap enjoy menjalani aktivitas sebagai mahasiswa sekaligus pekerja.

5. Jangan Pernah Lupa untuk Belajar
Seperti seorang pepatah lama yang sering mengajarkan bahwa kita bisa belajar dari mana pun dan apa pun yang ada di dunia ini, begitu pun ketika Anda harus menjalani kuliah sambil kerja. Akan ada rasa malas, stres, semangat, menyerah, atau hal lainnya. Jangan pernah berhenti belajar karena kesulitas yang Anda hadapi akan mengantarkan Anda pada kesuksesan-kesuksesan lainnya.

Lima hal di atas adalah kiat penting yang harus dipegang teguh oleh seseorang yang memutuskan kuliah sambil bekerja. Informasi ini diharapkan dapat menjadi semacam pemicu Anda untuk sukses dalam dua profesi ini. Nah semoga ulasan diatas bisa bermanfaat.

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top